5 Fakta Gurkha, Pasukan Bayaran Paling Sangar yang Kiprahnya Mendunia

oleh Rizal
16:00 PM on Apr 16, 2016

Pada awalnya hanya sekumpulan orang-orang dusun yang gila perang, namun pada akhirnya mampu membuat dunia terhenyak. Ya, ini adakah kisah tentang Gurkha, tentara bayaran paling berani, sangar, dan juga loyal yang pernah ada. Negara mana pun yang memakai jasa mereka, seakan sudah jaminan menang. Saking berprestasinya pasukan asal Nepal ini.

Baca Juga: 5 Kemampuan Ajaib yang Harus Dimiliki Pasukan Khusus ini Tak Mungkin Kamu Tiru

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

Awal munculnya Gurkha sendiri adalah sebagai buntut dari konfrontasi mereka dengan Inggris di tahun 1814. Ketika itu Britania mendeklarasikan perang terhadap Nepal lantaran sebuah sebab. Perang memang benar terjadi, namun tidak ada pemenang dalam konfrontasi itu. Inggris yang terkesan kemudian malah mengajak pasukan sangar ini untuk masuk ke dalam kesatuan mereka. Inilah awal mula lahirnya pasukan Gurkha yang terkenal itu.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang tentara gila ini, berikut adalah fakta-fakta unik dan sangar tentang mereka yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Fisik Pasukan Gurkha yang Kecil Mungil Tapi Mematikan

Secara fisik sebenarnya pasukan Gurkha itu tidak jauh beda dari kita orang Indonesia. Posturnya cukup kecil dan tidak terlalu tinggi. Meskipun begitu, namun fisik yang kecil malah menjadi semacam keuntungan tersendiri buat mereka. Ya, kecepatan dan taktisnya mereka sangat unggul kalau dibandingkan orang-orang barat.

Pasukan Gurkha di masa lalu [Image Source]
Pasukan Gurkha di masa lalu [Image Source]
Fisik mungkin kecil, tapi mereka terlatih tanpa sadar. Tinggal di Nepal yang arealnya bergunung-gunung dan sangat ekstrem, memaksa mereka untuk beradaptasi. Hal tersebut akhirnya terbawa menjadi kebiasaan dan pada akhirnya malah memberikan keuntungan tersendiri.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA