5 Fakta Tentang Pablo Escobar, Raja Kokain Paling Gila di Dunia Tahun 90an

oleh Rizal
15:09 PM on Oct 15, 2015

Merasa beruntung lahir di era 90an memang tidak salah. Mengingat di masa seperti itu segala sesuatunya memang tak rumit seperti sekarang. Dimana hidup tidak lagi tentang menonton kartun Minggu atau bercanda dengan teman sepermainan. Tahun 90an mungkin bisa dianggap zaman keemasan, tapi juga masa paling berjayanya para kriminal. Khususnya para kartel dan gangster.

Pablo Escobar, mungkin nama ini tidak diingat lantaran dulu pikiran bocah kita terlalu sibuk untuk bersenang-senang. Sosok ini dijuluki King of Kokain pada masa itu dengan sukses menjadi orang paling berpengaruh di Kolombia bahkan dunia. Kisah hidupnya tertuang dalam banyak buku dan film, meskipun akhirnya riwayatnya begitu tragis.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

Meskipun peredaran narkoba di era kekinian masih ramai, namun zaman sekarang bisa dikatakan cukup beruntung jika dibandingkan dulu. Setidaknya, tidak ada Escobar junior yang melakukan kegilaan seperti yang telah terjadi. Namun meskipun hidupnya kelam dan sesat, ada beberapa fakta menarik yang mungkin bisa sedikit mengubah pandangan kita terhadap sosok fenomenal ini.

1. Escobar Pernah Menawarkan Uangnya Untuk Bayar Utang Negara

Sebagai pimpinan kartel paling terkenal kala itu, sudah barang pasti uang bagi Escobar adalah sesuatu yang sepele berapa pun jumlahnya. Ia bahkan pernah sesumbar ingin memberikan sebagian uangnya untuk membantu melunasi utang negara.

Escobar pernah dengan sombongnya pernah ingin membayarkan hutang negara [Image Source]
Escobar pernah dengan sombongnya pernah ingin membayarkan hutang negara [Image Source]
Daerah penyebaran kokain terbesar pria ini adalah Amerika. Sekitar 80 persen kokain yang ada di negara itu adalah tanggung jawab Escobar. Hal ini pula yang membuat kantongnya tak muat uang. Namun di satu sisi kebijakan luar negeri yang berlaku akan membuatnya dengan mudah kena hukum. Menyiasati hal itu, pria yang lahir tahun 1949 ini kemudian bernegosiasi dengan otoritas setempat untuk membantunya.

Tentu saja Escobar tidak datang dengan tangan kosong, ia membawa setidaknya $ 10 miliar. Mungkin karena gengsi karena dibantu oleh kartel narkoba, pemerintah Kolombia dengan sopan menolaknya.

2. Escobar Bak Robin Hood Bagi Orang-Orang Miskin

Menyebarkan kokain ke seluruh dunia, tentu saja Escobar bertanggung jawab atas rusaknya moral banyak orang. Dosa Escobar juga makin tak terhingga kala ia membunuhi banyak orang untuk melancarkan bisnisnya. Meskipun demikian, sosoknya yang bengis ini ternyata dihormati dan dipuja bak Robin Hood oleh sebagian orang. Ironis.

Sangat sadis tapi Escobar dianggap Robin Hood oleh beberapa orang Kolombia [Image Source]
Sangat sadis tapi Escobar dianggap Robin Hood oleh beberapa orang Kolombia [Image Source]
Kejam luar biasa, ternyata Escobar masih punya sifat manusia dalam dirinya. Dalam berbagai sumber disebutkan jika pria keturunan Spanyol tersebut seringkali membantu orang-orang miskin di Kolombia. Mulai membangun fasilitas sampai memberikan tunjangan kepada orang sekitar. Karena perut butuh diisi, orang-orang miskin tentu tidak melihat fakta mirisnya. Siapa pun yang membantu pasti dianggap pahlawan. Terlepas uang yang diberikan haram dan si donaturnya adalah salah satu orang paling bejat di muka Bumi.

3. Miliaran Dollar Dimakan Tikus, Escobar Cekikikan

Bisnis narkoba seperti ini, apalagi jumlahnya sudah gila serta area pemasarannya mendunia, maka jangan pernah menghitung uang yang akan didapatkan. Sangat banyak dan akan menghabiskan seumur hidup untuk menghitungnya. Escobar ada di masa seperti ini satu dekade lebih.

Kehilangan beberapa miliar dolar bukan sesuatu yang besar untuk Escobar [Image Source]
Kehilangan beberapa miliar dolar bukan sesuatu yang besar untuk Escobar [Image Source]
Menjadi bos kartel besar, Escobar bukanlah tipe orang yang mondar mandir ke bank untuk mengambil uangnya dan membeli sesuatu. Ia suka menyimpan semua penghasilannya di rumah. Escobar punya ruangan sendiri yang ukurannya lumayan besar untuk menaruh semua uangnya yang rata-rata berbentuk kertas itu. Mungkin karena begitu lama ditimbun, uang-uang ini pun dimakan tikus.

Pria yang mati muda ini mengatakan jika sekitar 10 persen uangnya tinggal serpihan saja gara-gara dimakan binatang pengerat. Alih-alih merasa susah, Escobar malah tertawa sombong sambil mengatakan jika jumlah itu setara dengan $ 1-2 miliar.

4. Kira-kira Berapa Jumlah Uang yang Dipunyai Escobar?

Sesumbar mau membayarkan hutang negara dan juga membangun banyak sekali fasilitas umum, kira-kira berapa jumlah pasti yang yang dimiliki Escobar? Setiap harinya, ia berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaan sejumlah $ 60 jutaan. Jadi, tinggal kalikan berapa pendapatan bulanan Escobar.

Pendapatan Escobar bisa mencapai jutaan dollar dalam sehari saja [Image Source]
Pendapatan Escobar bisa mencapai jutaan dollar dalam sehari saja [Image Source]
Mempunyai sejumlah uang yang bahkan tidak muat diangkut 10 gerbong kereta api, Escobar pun bersaing ketat dengan Warren Buffet dan lainnya di daftar orang paling kaya se-jagad. Forbes menaksirnya pada tahun 1989 lalu, kekayaan Escobar mencapai $ 25 miliar. Jumlah ini pun makin bertambah, hingga di akhir hidupnya uang pria satu anak tersebut mencapai $ 30 juta. Jumlah uang ini tak terkira banyaknya apalgi dulu nilai dari uang tidak serendah saat ini.

5. Escobar Membunuh Setidaknya 4000an Orang Selama Hidupnya

Membicarakan bisnis narkoba maka tidak akan pernah lepas dengan yang namanya pembunuhan. Dua hal ini ibarat seperti bola bilyar dan sodokannya. Bola bilyar bisa masuk jika sodokannya pas, dengan sebelumnya memikirkan teknik serta targetnya. Kira-kira begitulah analoginya?

Mulai dari jaksa, polisi, penduduk sipil, bahkan intelijen pernah jadi korban Escobar [Image Source]
Mulai dari jaksa, polisi, penduduk sipil, bahkan intelijen pernah jadi korban Escobar [Image Source]
Selama karirnya di dunia hitam, anak petani miskin ambisius itu sudah membunuh setidaknya 4000 orang dari berbagai kalangan. Mulai musuh sesama kartel, masyarakat sipil, jaksa, jurnalis, dan yang tak boleh ketinggalan adalah puluhan anggota DAS atau FBI-nya Kolombia.  Kekejamannya ini begitu melegenda dan menempatkan namanya di nomor wahid untuk daftar gangster paling kejam sepanjang sejarah.

Kematian Escobar sendiri juga sama dramatis seperti kisah hidupnya. Diceritakan jika pria ini mati diberondong peluru DEA dan FBI. Salah satunya mengenai belakang telinga dan kepalanya. Escobar raib ternyata bukan jaminan jika narkoba pun terpotong dari akarnya. Nyatanya hingga saat ini peredarannya masih saja mendunia. Bahkan dampaknya juga sampai ke nusantara.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA