5 Fakta Tentang Orang Indonesia Timur yang Harus Kamu Ketahui

oleh Rizal
12:00 PM on Oct 10, 2015

Membicarakan keunikan daerah timur Indonesia sebenarnya tidak melulu tentang keindahan alam serta kebudayaannya saja, tapi justru orang-orangnya sendiri. Yup, sama seperti penduduk Jawa atau Sumatera, orang-orang timur juga punya ciri khasnya sendiri. Keras dan tegas, begitu identitas yang sering dialamatkan kepada mereka. Walaupun tak semua orang timur sebenarnya seperti itu.

Sebenarnya jujur saja mindset kebanyakan masyarakat kita terhadap orang timur seringkali adalah tentang hal-hal negatif. Mulai dari sering mengumbar kebiasaan buruk, nilai sosial kemasyarakatan yang kurang, hingga anggapan jika mereka kurang pandai dalam hal akademik. Padahal kenyataannya tidaklah seperti itu.

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

Nah, agar mindset buruk kita bisa hilang sama sekali terhadap saudara sebangsa ini, berikut adalah deretan fakta tentang orang timur yang wajib untuk diketahui. Awas, kamu mungkin akan kagum-kagum dengan mereka setelah membacanya.

1. Watak Keras dan Suara Lantang

Sama seperti putri Solo yang identik dengan kekalemannya, orang timur juga punya ciri khas yakni watak yang keras. Hampir semua orang timur seperti ini, terlihat dari ketika mereka bersikap dan berbicara. Orang timur kadang spartan dan tak kenal kompromi jika ada sesuatu yang tak sesuai dengan nurani mereka. Kita tidak bisa menyalahkan hal tersebut, karena tempat asal mereka memang mengajarkan tegas terhadap apa pun.

Keras dan tegas, ciri khas orang timur yang takkan pernah hilang [Image Source]
Keras dan tegas, ciri khas orang timur yang takkan pernah hilang [Image Source]
Selain watak keras, orang timur juga punya suara yang lantang. Yang pernah se-kosan dengan mereka pasti sudah hafal dengan tabiat satu ini. Entah kenapa mereka suka sekali berbicara dengan lantang, padahal lawan bicaranya hanya seorang saja. Uniknya, kebiasaan ini berangsur menghilang ketika pertemanan mereka semakin luas. Sama seperti watak yang mereka miliki, logat bicara yang lantang ini juga sesuatu yang dibawa dari tanah asal mereka.

2. Sangat Setia Kawan

Hal yang harus kita contoh dari orang timur adalah sifat setia kawannya yang luar biasa. Orang timur memang dikenal sangat loyal, lebih-lebih kepada sesamanya. Ya, hal ini bisa kamu lihat dari kebiasaan mereka yang suka bergerombol ke mana-mana selalu bersama. Tak hanya kepada sesama orang timur sih, kamu yang bersahabat baik dengan mereka pun akan merasakan hal yang sama. Entah kenapa berteman dengan orang timur kita merasa lebih dihargai bahkan aman secara psikologi.

Solidaritas dan loyalitas orang-orang timur tidak perlu dipertanyakan lagi [Image Source]
Solidaritas dan loyalitas orang-orang timur tidak perlu dipertanyakan lagi [Image Source]
Soal setia kawan kadang mereka juga agak ngawur sih. Terutama ketika menghadapi perselisihan. Ya, jangan coba cari masalah dengan mereka kalau tidak mau berhadapan dengan sekelompok orang timur. Kerennya, orang timur akan dengan senang hati bahu-membahu menolong saudaranya. Meskipun duduk persoalannya masih belum diketahui dengan pasti.

3. Jago Bikin Orang Ketawa

“Sumber air sudekat” kalimat ini selalu meluncur begitu saja begitu kita ada di kelas baru dan mendapatkan teman timur sedang memperkenalkan dirinya. Uniknya lagi, kadang mereka malah ikut tertawa padahal aslinya sedang di-bully. Orang timur memang keras, namun percayalah jika mereka bisa membuatmu tak bisa berhenti tertawa.

Jika kamu tidak tertawa mendengar celotehan orang ini, maka selera humormu sepertinya sangat buruk [Image Source]
Jika kamu tidak tertawa mendengar celotehan orang ini, maka selera humormu sepertinya sangat buruk [Image Source]
Bercandaan orang timur jadi sesuatu yang sangat menyegarkan. Apalagi mereka menyampaikannya dengan logat ketimuran yang khas itu. Bukti lain jika orang timur memang jagonya bikin ketawa adalah deretan stand up comedian yang sudah terkenal di Indonesia. Sebut saja Abdur atau Arie Keriting. Nah, berhubungan dengan ini, sekarang juga sudah makin banyak sekali stand up comedian yang berasal dari timur.

4. Soal Wanita? Tentu Saja Mereka Juga Aduhai

Boombastis sempat menyinggung tempat-tempat yang dihuni oleh deretan wanita cantik, dan daerah timur masuk dalam salah satunya. Percayalah, wanita timur itu cantiknya tidak kalah dari mereka yang ada di Bandung, Jakarta, bahkan Minang yang katanya surganya wanita cantik itu.

Masih tidak percaya gadis timur cantik luar biasa? [Image Source]
Masih tidak percaya gadis timur cantik luar biasa? [Image Source]
Ya, wanita timur punya ciri khasnya sendiri yang mungkin hanya satu-satunya di dunia. Para wanita timur asli umumnya berkulit agak gelap, raut muka khas, rambut yang ikal, serta matanya yang hitam kecokelatan. Kombinasi yang sangat eksotis dan sukses menjerat banyak hati. Tak hanya cantik, wanita timur juga punya suara yang luar biasa enak didengar. Apalagi ketika mereka bersenandung, rasanya benar-benar mendamaikan. Kalau yang satu ini, para prianya juga sama alias punya suara yang mantap.

5. Orang Timur Pintarnya Bisa Mengalahkan Orang Jawa dan Lainnya

Anggapan tentang orang timur yang tidak kompeten secara akademis sebenarnya adalah hal yang salah. Pasalnya, dari sisi apa pun mereka menang banyak dari kita. Terkecuali fasilitas sih yang mana hal tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah.

Septinus George Saa, orang timur ini pernah memenangkan kompetisi fisika level dunia! [Image Source]
Septinus George Saa, orang timur ini pernah memenangkan kompetisi fisika level dunia! [Image Source]
Ada begitu banyak alasan kenapa mereka bisa lebih pintar. Pertama adalah konsumsi sehari-hari. Orang-orang timur kebiasaannya adalah makan makanan laut yang notabene bergizi bagi otak dan tubuh. Berbeda dengan kita yang makan makanan olahan termasuk junk food. Lantaran banyak makan makanan alami, otak orang timur cerdas luar biasa. Mereka bisa sangat pintar walaupun dalam segala keterbatasan.

Bukti paling nyata adalah Septinus George Saa. Pria ini pernah memenangi kontes fisika level dunia yang bertajuk “First Step to Nobel Prize in Physics”. Anak papua dan fisika mungkin menurut kita adalah dua hal yang tidak mungkin disandingkan. Namun nyatanya tidak demikian. Tak cuma George Saa, banyak anak-anak timur lain yang pintarnya tidak umum.

Jangan pernah ada lagi pandangan meremehkan kepada saudara timur kita itu. Walaupun sebenarnya jika dibandingkan dengan mereka kita tidak ada apa-apanya, kecuali hanya menang fasilitas saja. Setelah ini juga jangan ragu untuk berteman dengan orang timur sebanyak-banyaknya. Mereka sangat asyik untuk diajak berkarib. Kamu akan merasakan bagaimana loyalnya mereka dalam hubungan pertemanan yang dibentuk. Bonusnya, kadang mereka juga bisa bikin kamu ketawa lepas tanpa bisa berhenti.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA