4 Fakta Penyalahgunaan Obat Batuk Untuk Mabuk yang Bisa Bikin Gila Hingga Nyawa Melayang

Percuma keren kalau endingnya jeruji besi atau malah nyawa taruhannya

oleh Arief Dian
15:00 PM on Aug 9, 2017

Beragam cara digunakan oleh anak muda jaman sekarang agar terlihat tidak ketinggalan zaman. Salah satunya adalah mengikuti tren, entah itu fashion, makanan ataupun gaya hidup. Asalkan gengsi tidak kalah dengan yang lain, apapun akan dipertaruhkan.

Namun sayangnya tidak semua tren yang berlaku di masyarakat itu selalu bernilai positif. Misalnya saja kebiasaan mabuk dengan obat batuk yang mulai tenar di kawula muda. Alih-alih jadi bergaya, mabuk obat batuk malah bisa mengancam nyawa. Mari, mengenal tentang betapa berbahayanya tren mabuk baru ala anak muda ini biar orang tua lebih waspada.

Baca Juga
Mulai dari Tsunami Hingga Kiamat, Inilah 4 Prediksi Mengerikan Tahun 2018 yang Sempat Bikin Heboh
Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’

Tren mabuk obat batuk mulai berkembang di kalangan ABG

Setelah muncul sebuah tren mabuk dengan menggunakan lem kayu dan pembalut, kini muncul lagi kebiasaan serupa dengan media yang berbeda. Ya, sepertinya mabuk dengan obat batuk rupanya mulai menjalar di kalangan pemuda Indonesia, terutama pelajar.

Ditangkan karena mabuk obat batuk [image source]
Nah rupanya para pelajar ini menggunakan obat batuk dengan dosis yang tidak wajar. Bayangkan, 2 sachet saja sudah membuat orang mual dan pusing bukan kepayang, apalagi meminum 30. Rupanya seperti itulah cara pemabuk mabuk model baru ini, biar dapat sensasi terbang melayang serasa di dunia lain.

Lalu apa yang bisa mengakibatkan mabuk dari obat yang satu ini?

Nampaknya obat batuk jenis sirup ini bisa berbahaya karena kandungan yang ada di dalamnya. Ya, pasalnya di dalamnya terkandung dextrometorphan atau biasa disebut dextro. Fungsi utama dari Dextro ini sendiri adalah untuk meredakan gejala batuk, namun sayang kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan pusing hingga halusinasi berkepanjangan.

Halusinasi [image source]
Hal itu dikarenakan produksi hormon dopamin berlebihan oleh efek obat, dan pemblokiran reseptor yang disebut dengan NMDA. Bahkan kemungkinan terburuknya jika obat yang mengandung dextro ini dikonsumsi berlebihan adalah bisa meningkatkan kemungkinan terkena Skizofernia.

Dampak nyata buat kesehatan yang mengerikan

Seperti dijelaskan  sebelumnya kalau penggunaan obat ini secara berlebihan bisa mengakibatkan Skizofernia. Selain itu, rupanya masih ada efek negatif lain dalam penyalahgunaan obat batuk sachetan ini. Salah satunya gagalnya fungsi ginjal karena tidak tahan menahan dosis berlebih pada obat. Belum lagi gangguan kulit seperti luka bakar bisa menyerang kapan saja.

Seperti luka bakar [image source]
Gangguan kulit tersebut akan semakin parah karena adanya kemungkinan gatal sehingga penderitanya tidak tahan untuk menggaruknya. Dan kemungkinan paling buruknya adalah kematian akibat gagal ginjal dan jantung. Mirisnya para anak muda pengguna obat batuk untuk mabuk itu rupanya tidak pernah sadar akan bahaya yang bisa menimpa mereka.

Nasib miris para pemabuk obat batuk

Sepertinya meskipun sangat rawan dengan kematian atau tindak kejahatan, sama sekali tidak membuat para penyalah guna obat batuk ini jera. Buktinya, beberapa tahun yang lalu dua pelajar SMP ditemukan tewas karena mengalami overdosis saat ngefly dengan cara ini.

Meninggal karena “ngomix” [image source]
Atau kasus lain yang menyebutkan bahwa seorang remaja wanita yang kehilangan keperawanannya ketika diajak mabuk bersama teman-temannya. Dari beberapa kasus tersebut kita bisa tahu kalau mabuk obat batuk ini tidak bisa dianggap remeh. Selain keselamatan diri bisa terancam, penyalahgunaan obat juga bisa dimasukkan dalam tindak pidana.

Kebiasaan yang macam begini mesti jadi perhatian khusus orang tua. Pasalnya harga obat yang murah, bisa saja disalahgunakan kapan saja. Apalagi mengingat efeknya sama dengan psikotropika dan meregang nyawa. Kita mesti lebih awas pada calon penerus bangsa itu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA