5 Fakta Ngeri Tentang Triad, Mafia Paling Berpengaruh di Daratan Tiongkok

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 4, 2016

Triad mungkin tidak seterkenal Yakuza yang pamornya mendunia, namun soal pengaruh, gangster Jepang itu kalah jauh. Ya, tidak seperti Yakuza yang hanya terkonsentrasi di Jepang saja, jaringan yang sudah dibangun Triad sudah mendunia. Tak hanya ada di Tiongkok, Taiwan, Hongkong, atau Malaysia saja, Triad juga konon beroperasi di Amerika seperti New York atau Las Vegas. Bahkan baru-baru ini mereka juga diendus ada di Italia.

Dilihat dari sejarahnya Triad juga bukanlah organisasi mafia kemarin sore, melainkan sudah terbentuk ratusan tahun lalu. Atau tepatnya di masa dinasti Qing. Seiring berjalannya waktu mereka tidak punah malah terus lestari bahkan sampai bisa berkembang mendunia seperti sekarang ini.

Baca Juga
Potret Menteri Imam Hibur Para Atlet yang Dicurangi di SEA Games 2017 Malaysia Bikin Netizen Terharu dan Bangga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia

Soal mempertahankan eksistensi mungkin mereka hebat, namun, jangan lupa kalau Triad adalah mafia. Mereka berbuat kejahatan untuk memuluskan tujuan. Harta, wanita, obat-obatan, dan pembunuhan adalah hal lumrah bagi mereka. Berikut adalah fakta-fakta Triad yang harus kamu tahu.

1. Triad Sudah Ada Sejak Dahulu Kala

Triad terbentuk sejak tahun 1760an. Organisasi ini awalnya bernama Tian Di Hui yang fokus pergerakannya adalah untuk melakukan kudeta kekaisaran Manchu era Dinasti Qing. Organisasi ini awalnya bersifat patriotis, namun lama-kelamaan bergeser dari tujuan utamanya.

Triad [Image Source]
Triad [Image Source]
Tian Di Hui akhirnya menjadi organisasi pemberontak yang gila. Alasannya sendiri karena mereka merasa tidak dilibatkan dalam hal-hal penting setelah Dinasti Qing tumbang. Mereka pun mempertahankan sikap yang buruk ini hingga berabad-abad. Hingga akhirnya terbentuk Triad yang kita kenal sekarang.

2. Triad Terpecah Menjadi Golongan yang Bergerak Independen

Sama seperti sebuah hirarki yang terpecah, Triad adalah induk yang memiliki cabang-cabang. Setidaknya ada empat cabang Triad paling mematikan di dunia. Mereka adalah Wo Hop To, Wo Shing Wo, Sun Yee On, 14K, dan Luen. Hampir semua anakan Triad ini berbasis di Hongkong. Meskipun begitu, aksi kriminal mereka sudah mendunia.

Anggota Triad [Image Source]
Anggota Triad [Image Source]
Masing-masing Triad ini punya member atau anggota sendiri-sendiri. Yang paling banyak adalah Sun Yee On dengan jumlah anggota sampai 55 ribuan orang. Anakan Triad ini sebenarnya juga adalah induk, pasalnya, di bawah mereka masih ada lagi sub grup yang lain. Soal aksi kriminal, pemerasan, trafficking, obat-obatan terlarang, prostitusi, judi, adalah hal-hal yang biasa mereka lakukan.

3. Menjadi Anggota Triad Bukan Perkara Mudah

Meskipun ini adalah organisasi kriminal, namun niat jahat saja tidak cukup untuk bisa menjadi anggota. Ya, ada banyak sekali persyaratan bagi seseorang untuk menjadi anggota Triad. Beberapa di antaranya adalah kesiapan untuk mati kapan pun, serta mengucapkan janji-janji setia yang kalau dilanggar konsekuensinya juga adalah kematian.

Menjadi anggota Triad [Image Source]
Menjadi anggota Triad [Image Source]
Tentang janji setia, setidaknya ada 36 butir pasal yang harus mereka lakukan dengan benar. Misalnya, memperlakukan keluarga sesama anggota seperti keluarga sendiri, tidak berkonspirasi untuk menipu sesama anggota, atau membantu sesama anggota apabila tertangkap kepolisian.

4. Triad Pernah Bersekongkol dengan Korea Utara

Tak hanya melakukan kriminal terorganisir, Triad ternyata juga pernah melakukan kerja sama dengan beberapa negara, namun dalam hal kejahatan pula. Salah satu yang pernah tercatat adalah kerja sama mereka dengan negara paling dibenci di dunia, Korea Utara.

Kim Jong Un [Image Source]
Kim Jong Un [Image Source]
Dilansir dari New York Times, Triad pernah membantu Korut membantu memalsukan dan menyebarkan uang palsu dolar pecahan $100 dengan nilai yang tak terbatas ke seluruh dunia. Gara-gara ini AS pun harus mendesain lagi uang pecahan $100 agar aksi tersebut bisa segera dihentikan.

5. Triad Sangat Nyata, Tapi Polisi Bagai Tak Punya Daya

Hal yang mengherankan tentu saja tentang sikap kepolisian-kepolisian daratan Tiongkok yang seolah adem ayem, padahal Triad adalah ancaman nyata. Ada dua alasan yang melatarbelakangi hal itu. Pertama, Triad berkomplot dengan oknum polisi, dan kedua adalah tidak beraninya kepolisian karena Triad sangat besar dan susah untuk dihancurkan.

Polisi vs anggota Triad [Image Source]
Polisi vs anggota Triad [Image Source]
Meskipun terkesan diam, tapi sebenarnya kepolisian di wilayah konsentrasi Triad telah melakukan banyak usaha. Bahkan di Hongkong ada satuan khusus yang bertugas melakukan investigasi kepada Triad ini. Sayangnya, hampir semua usaha kepolisian ini tidak benar-benar terasa dampaknya.

Inilah fakta Triad, organisasi kriminal yang mungkin bisa dibilang paling gila di dunia karena mereka menyebar banyak sekali di negara-negara besar. Sangat mengerikan melihat apa yang mereka lakukan, sayangnya, meskipun sangat nyata eksistensinya, hampir-hampir tak ada yang mampu meringkus geng besar ini. Hal tersebut adalah bukti jika kekuatan Triad memang gila.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA