Inilah Fakta Di Balik Banyaknya Nama ‘Nguyen’ yang Melekat Pada Pemain Timnas Vietnam

Bisa dibilang kalau nama ini ibara Ahmad di Indonesia atau John di Amerika

oleh Arief Dian
16:00 PM on Aug 24, 2017

Jika melihat pertandingan SEA Games beberapa waktu yang lalu, pastinya kita sadar bahwa banyak sekali nama Nguyen pada timnas Vietnam. Nguyen inilah, Nguyen itulah, sampai-sampai bingung membedakan kalau tidak melihat langsung wajahnya. Jadi wajar kalau siapa pun dari tim Vietnam yang mencetak gol, orang Indonesia langsung menyimpulkan bahwa itu adalah Nguyen, karena saking banyak pemilik nama itu.

Ternyata, di balik banyaknya “Nguyen” di Vietnam, ada sejarah panjang bagaimana nama tersebut bisa populer hingga sekarang. Bukan hanya di Vietnam, ternyata di luar negeri pun banyak yang menggunakan nama serupa. Lalu bagaimana bisa terjadi? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Mengenai Kesurupan Massal yang Tidak Selamanya Lekat dengan Hal Mistis
Mulai dari Sisi Agama Hingga Kejawen, Inilah 4 Fakta Malam Satu Suro yang Banyak Dibilang Sakral

Nama Nguyen ternyata ada sejarahnya

Tidak sembarangan seseorang menggunakan nama Nguyen di Vietnam, pasalnya ada doa dan makna khusus di dalamnya. Ya, nama yang satu ini memang sempat membingungkan bagi orang asing yang melihatnya, misalnya saja pada saat pertandingan bola Indonesia dan Vietnam beberapa waktu lalu, sebagian besar pemainnya menggunakan nama Nguyen.

Peninggalan dinasti Nguyen [image source]
Ternyata, nama Nguyen sendiri berasal dari salah satu pemimpin Vietnam zaman tahun 1803. Ya, dinasti Nguyen ini ternyata memang memiliki rekor kejayaan yang luar biasa, namun di balik itu, sayangnya pemerintahannya sering melakukan eksekusi pada warganya. Oleh sebab itu, banyak orang yang berbondong-bondong berganti nama menjadi Nguyen karena ingin mendapatkan perlakuan khusus bagi pemilik sebutan tersebut dan mereka pun selamat dari eksekusi.

Akhirnya nama yang satu ini jadi mendunia

Tidak hanya di Vietnam saja, rupanya popularitas nama Nguyen ini sudah mencapai mancanegara. Tepatnya sejak perang Vietnam berkecamuk, untuk menyelamatkan diri dari bahaya yang mengancam, banyak orang di sana yang memilih untuk mengungsikan dirinya ke berbagai negara. Dan bisa ditebak, sebagian besar dari pengungsi tersebut memiliki nama Nguyen.

dustin nguyen [image source]
Alhasil, nama asli Vietnam ini pun jadi menyebar di mana-mana. Ya biasanya pemilik nama Nguyen di luar negeri adalah mereka yang masih memiliki darah Vietnam. Bahkan tak jarang pemilik nama Nguyen ini juga jadi orang terkenal di luar negeri, semisal Dustin Nguyen, pemain film Hollywood.

Memiliki nama Nguyen bukan berarti ada hubungan keluarga

Umumnya mereka yang memiliki nama belakang yang serupa adalah berasal dari silsilah keluarga yang sama pula. Semisal beberapa nama marga yang ada di suku Batak, hingga nama belakang orang-orang Jepang. Meskipun mungkin, harus diurutkan secara jauh baru jika ingin melihat hubungannya.

Sangat banyak [image source]
Namun, di Vietnam, ada dua kemungkinan, bisa saja memang pemilik nama Nguyen adalah kerabat atau sebaliknya, tidak ada hubungannya sama sekali. Ya, jika ditengok kembali para warga yang mengubah nama saat dinasti Nguyen memimpin, maka akan sulit memilah keturunan aslinya atau hanya orang-orang baru yang mengubah namanya.

Hampir empat puluh persen orang Vietnam adalah Nguyen

Tidak dapat dipungkiri kalau pengguna nama Nguyen di Vietnam ini jumlahnya memang luar biasa banyak. Bayangkan, hampir 40 persen dari penduduk Vietnam, semua memiliki nama Nguyen. Selain itu, ternyata Nguyen sendiri memiliki sub nama yang luar biasa banyaknya. Mulai dari Nguyen Dihn hingga Nguyen Xuan, total ada 13 sub nama.

pemain bernama Nguyen [image source]
Pastinya bagi kita orang Indonesia akan sangat sulit membedakan mereka kalau hanya memanggil orang dengan nama Nguyen. Yang ada malah semua orang menengok pada kita. Beruntungnya, orang Vietnam menyebut orang lain dengan nama depannya, sehingga tidak akan pernah terjadi kebingungan antara pemilik nama Nguyen satu dan lainnya.

Memang sih terkesan sangat membingungkan, namun justru itulah cara orang Vietnam melestarikan tradisi mereka. Kita harus mengaca dari hal itu, sebagai warga Indonesia, seharusnya kita tidak malu menggunakan nama khas yang dimiliki. Entah itu Budi, Sapono atau siapa pun, mestinya kita tetap bangga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA