5 Fakta Kekuatan Militer Tiongkok Ini Harus Diwaspadai Indonesia

oleh Rizal
11:23 AM on Jun 21, 2016

Hubungan Indonesia dan Tiongkok kembali memanas. Setelah beberapa waktu lalu keduanya sempat tegang soal insiden di Laut China Selatan, kini kejadian yang hampir sama kembali terulang. Tiongkok marah karena TNI AL menembaki satu kapal nelayan mereka yang mengakibatkan satu orang terluka. Alasan TNI melakukan ini karena kapal Tiongkok itu jelas melanggar perbatasan dan bahkan mencuri ikan. Sebelumnya sudah diperingatkan tapi tak digubris.

Kemarahan Tiongkok mungkin bisa dibilang konyol karena faktanya yang salah adalah mereka. Tapi, kita juga salah kalau meremehkan mereka. Ya, seperti yang kita ketahui bersama, negara tirai bambu ini militernya sangat gila. Di dunia mereka peringkat 3, tepat di bawah Amerika dan Rusia. Sedangkan kita jauh di belakang mereka dengan berada di peringkat 14. Menantang Tiongkok mungkin bisa jadi blunder terbesar kita.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Indonesia jelas mewanti-wanti hal ini. Sebisa mungkin kita tak memicu konflik terlepas dari kedaulatan yang harus tetap dipertahankan. Soal militer Tiongkok, berikut adalah fakta-fakta lebih detail tentang kekuatan negeri tirai bambu tersebut.

1. Jumlah Tentara Tiongkok Berlipat-Lipat dari Indonesia

Tiongkok adalah salah satu negara dengan kepadatan penduduk terbesar di dunia. Maka tak heran kalau stok tentara mereka sangatlah melimpah. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Global Fire Power, per hari ini jumlah tentara aktif Tiongkok berjumlah 2,3 jutaan orang. Jumlah ini adalah yang terbanyak di dunia. Bahkan Amerika saja hanya memiliki 1,4 juta tentara aktif.

Tentara Tiongkok [Image Source]
Tentara Tiongkok [Image Source]
Bagaimana dengan Indonesia? Kita terpaut sangat jauh dari mereka dengan jumlah personel aktif hanya sekitar 476 ribu orang saja. Tapi, meskipun jumlahnya jauh lebih sedikit, tentara kita jauh lebih berkualitas. Dari jumlah itu kita punya banyak personel elit yang bahkan sangat ditakuti dunia.

2. Pesawat Tempur Kita Dilibas Jumlahnya

Soal alutsista perang, Tiongkok memang negara yang gila. Tak hanya punya deretan perlengkapan militer mutakhir, mereka juga memiliki itu dengan jumlah yang sangat banyak. Misalnya saja pesawat tempur, mereka memiliki sekitar 1.230an buah. Indonesia sangat jauh tertinggal dengan jumlah 35 buah saja. Pesawat tempur ini beda dengan pesawat penyerang. Memang untuk jenis ini Indonesia hanya punya tak lebih dari 35 saja.

Pesawat tempur Tiongkok [Image Source]
Pesawat tempur Tiongkok [Image Source]
Dari jumlah saja sangat jauh berbeda. Jadi, seumpama terjadi perang, kita sepertinya akan dilumat habis-habisan. Mungkin Tiongkok lebih banyak jumlah pesawatnya, tapi rata-rata adalah buatan negeri sendiri yang kualitasnya tak sebagus buatan Rusia dan AS. Kita mungkin sedikit, tapi punya alutsista udara berkualitas. Bahkan, Indonesia berencana akan terus menambah pesawat-pesawat tempurnya dengan varian yang lebih oke dan canggih.

3. Jumlah Tank Tiongkok Benar-Benar Gila

Dalam sebuah pertempuran Tank adalah faktor yang sangat penting. Sebagai garda depan, mereka bertugas sebagai penggedor pertahanan musuh. Makanya, tank masuk sebagai aspek tolok ukur kekuatan militer sebuah negara. Dan soal tank, Tiongkok memiliki benda ini dengan jumlah yang sangat gila. Sulit dipercaya tapi mereka sekarang ini menyimpan sekitar 9.150 buah tank.

Tank tempur Tiongkok [Image Source]
Tank tempur Tiongkok [Image Source]
Bagaimana dengan Indonesia? Lagi-lagi kita kalah telak dengan jumlah tank yang hanya 468 buah. Jangankan melawan Tiongkok, soal jumlah tank kita pun kalah dibandingkan dengan Kamboja dan Myanmar. Jumlah tank Tiongkok sendiri adalah yang terbanyak kedua di dunia setelah Rusia.

4. Tiongkok Punya Banyak Sekali Kapal Selam

Rata-rata negara di dunia memiliki jumlah kapal selam yang sedikit. Tak sampai ratusan. Hal ini masuk akal mengingat biaya pengadaan dan operasionalnya yang sangat besar. Tapi, meskipun jumlahnya hanya sedikit, kapal selam mampu memberikan dampak kerusakan yang luar biasa. Bicara soal kapal selam, Tiongkok sendiri memiliki sekitar 68 buah.

Tiongkok punya banyak kapal selam [Image Source]
Tiongkok punya banyak kapal selam [Image Source]
Jumlah ini bisa dibilang luar biasa banyak bahkan menjadi yang terbanyak ketiga di dunia. Jika dibandingkan dengan Indonesia tentu sangat jauh. Memang sulit untuk dipercaya, tapi kita sekarang ini hanya memiliki dua buah kapal selam yang aktif, yakni Kelas Cakra dan Kelas Changbogo.

5. Satu Lagi, Tiongkok Punya Kapal Induk

Dari banyak negara di dunia, hanya segelintir saja yang punya kapal induk. Hal ini masuk akal karena biayanya yang sungguh besar. Tapi, kapal induk ini mampu memberikan dukungan militer yang besar. Tiongkok sendiri hanya memiliki satu buah kapal Induk.

Kapal induk Tiongkok [Image Source]
Kapal induk Tiongkok [Image Source]
Indonesia sendiri tak pernah memiliki kapal induk, walaupun sebenarnya kita lebih membutuhkannya mengingat negeri ini adalah maritim. Tapi, entah 10 atau 20 tahun lagi, mungkin saja Indonesia pada akhirnya akan memiliki satu buah kapal super besar ini. Tapi, kemungkinan adalah bekas pakai negara lain, karena kapal induk baru pasti bikin APBN kita ludes seketika.

Konflik antara kita dan Tiongkok mudah cepat selesai dengan baik dan jangan berlarut-larut. Tak terbayangkan jika sampai terjadi konflik militer di mana kita tahu sekarang bagaimana kekuatan Tiongkok yang sesungguhnya. Meskipun harus demikian pada akhirnya, Indonesia tetap punya kans menang yang besar. Alasannya, kita pernah punya riwayat menang melawan negara-negara besar di dunia. Kita pasti bisa mengulanginya jika harus melawan Tiongkok.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA