in

Fakta Miris Militer Mongol, Dulu Ditakuti Kini Bukan Siapa-Siapa

Berbicara soal sejarah militer terhebat tanpa menyinggung Mongol adalah omong kosong. Pasalnya, bagaimana kita bisa melewatkan bangsa satu ini dengan segala kehebatan mereka di masa lalu. Ya, memang tak bisa dipungkiri kalau negara satu itu dulunya bisa dibilang merupakan penguasa dunia. Serius, bahkan kalau invasinya tak tersendat, mungkin jejak Mongol bakal ada di Eropa bahkan Amerika.

Mongol memang luar biasa di masa lalu, tapi lain dulu lain sekarang. Mongol hari ini bisa dibilang bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Global Fire Power menyebutkan bahkan negara satu ini ada di peringkat 87 dari 126 bangsa bermiliter. Sangat ecek-ecek dan bahkan kalah dengan negara-negara dengan militer kelas dua seperti Zimbabwe, Sri Lanka, ataupun Bangladesh.

Agak miris ya kalau melihat fakta di atas. Pasalnya, dulu Mongol ini benar-benar penguasa bumi, namun hari ini namanya bahkan tak pernah disebut lagi. Lebih jauh tentang militer Mongol, berikut adalah beberapa fakta tentang kekuatan lemah mereka.

Tentara Mongolia Sedikit dan Tidak Jemawa

Pasti sudah tahu kan tentang pasukan bar-bar-nya Mongol? Ya, mereka ini adalah salah satu infanteri paling hebat di dunia pada masanya. Dulu katanya cukup 5 orang dari tentara Mongol saja untuk bisa membinasakan satu kompi musuh. Tapi, sayangnya, pamor itu lenyap hari ini. Serdadu Mongol sudah tak sekuat dulu.

Tentara Mongol [Image Source]
Soal kualitas, tentara Mongol yang sekarang biasa-biasa saja tak ada yang spesial. Mungkin agak gereget sih untuk level pasukan spesial. Tapi, kalau dirata-rata ya bisa dibilang standar. Untuk jumlah, total tentara aktif mereka saat ini adalah 10.850 orang. Termasuk sedikit jika dibandingkan negara-negara lain.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Digi, Kampung Tersembunyi Temuan TNI di Papua yang Belum Masuk dalam Peta Indonesia

Menguak Fakta Tentang Azhdarchid, Burung Purba Raksasa Menakutkan yang Jarang Diketahui