5 Fakta Militer Korsel ini Harusnya Bikin Korut Berhenti Berlagak Sok Jagoan

oleh Rizal
07:04 AM on Apr 1, 2016

Mindset kebanyakan orang tentang komparasi kekuatan dua Korea, selalu Korut yang diunggulkan. Selama ini memang Korsel tidak benar-benar memberikan reaksi ketika negaranya Kim Jong Un itu berpongah. Misalnya uji coba rudal beberapa waktu lalu. Korsel hanya diam sehingga menimbulkan kesan kalau negaranya K-Pop ini cupu.

Sangat salah kalau menganggap Korsel adalah negara yang ecek-ecek militernya. Pasalnya, dilihat dari statistik kekuatan, negara satu ini punya peringkat yang mentereng. Berdasarkan data yang dirilis Global Fire Power, militer Korsel ternyata peringkat 7 dunia. Sangat jauh kalau dibandingkan dengan Korut yang ada di peringkat 36.

Baca Juga
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun

Korut harusnya sadar perbedaan kekuatan ini. Seumpama Korsel serius, mereka sebenarnya bisa melumat negaranya Kim Jong Un itu dengan sangat mudah. Sebagai bukti, berikut adalah komparasi kekuatan militer keduanya yang dilansir dari data Global Fire Power.

1. Korsel Hanya Kalah Sedikit Soal Jumlah Personel

Tidak menampik kalau dilihat dari jumlah personel, Korut lebih jemawa daripada Korsel. Setidaknya, mereka memiliki sekitar 700 ribuan tentara aktif. Jumlah ini sendiri bisa dibilang sangat banyak, Indonesia saja hanya punya sekitar 476 ribu tentara siap perang.

Tentara Korea Selatan [Image Source]
Tentara Korea Selatan [Image Source]
Jumlah tentara Korsel sendiri sebenarnya juga cukup banyak. Total personel aktif mereka mencapai 625 ribuan orang. Meskipun selisihnya lumayan, tapi militer Korsel didukung dengan alutsista yang melimpah dan kekinian. Alhasil, dengan jumlah ini, kemungkinan Korsel menang jika berseteru dengan Korut masih cukup besar.

2. Korsel Punya Kekuatan Darat yang Tidak Boleh Diremehkan

Alutsista darat Korut bisa dibilang adalah yang terbaik di dunia. Jika dirinci mereka memiliki sekitar 4.200 tank, 4.100 kendaraan taktis lapis baja, sampai 2.400 kendaraan pelontar misil. Korsel sendiri tentu saja juga memiliki banyak alutsista darat, tapi jumlahnya tidak sebanyak Korut.

Tank angkatan darat Korsel [Image Source]
Tank angkatan darat Korsel [Image Source]
Korsel hanya memiliki 2.381 tank, 2.660 kendaraan taktis lapis baja dan juga 214 kendaraan pelontar misil. Korea Selatan memang kalah soal jumlah, tapi deretan alutsista mereka adalah salah satu yang paling mutakhir di dunia. Sebaliknya, deretan alutsista Korut dikabarkan sudah banyak yang usang.

3. Kekuatan Laut Korut Mungkin yang Terbaik, Tapi Korsel Tetap Hebat

Dengan berat hati sepertinya Korsel memang jangan mencoba menghadapi Korut di laut. Pasalnya, siapa sangka jika militer laut Korut adalah yang paling oke di dunia. Mereka punya kekuatan yang lebih mengerikan daripada Tiongkok, bahkan Amerika sekalipun.

Kekuatan laut Korsel [Image Source]
Kekuatan laut Korsel [Image Source]
Korut tercatat memiliki 70 buah kapal selam, 211 kapal penjaga perbatasan, 3 kapal frigate dan juga 2 corvette. Jika dibandingkan Korsel, Korut mungkin menang telak. Terutama soal jumlah kapal selam dan kapal penjaga. Namun, Korsel punya lebih banyak frigate dengan jumlah 11 buah serta kapal corvette yang totalnya 18 buah. Ditambah lagi, Korsel juga punya kapal jenis destroyer berjumlah 12 buah.

4. Soal Kekuatan Udara Korsel Menang Telak

Di ranah kelautan Korut mungkin unggul, tapi soal kekuatan udara Korsel lebih sangar. Dilihat dari total pesawat tempurnya, Korut unggul jumlah di angka 458 buah, sedangkan Korsel 406 buah. Namun, di beberapa jenis alutsista udara yang lain, Korsel unggul telak. Misalnya pesawat transport, mereka punya 348 buah sedangkan Korut hanya 100 buah saja.

Kekuatan udara Korsel [Image Source]
Kekuatan udara Korsel [Image Source]
Lanjut ke jumlah helikopter, Korsel tetap unggul jumlah dengan total 679 sedangkan Korut hanya 202 saja. Dan terakhir yang tak boleh dilewatkan, Korsel juga unggul di jumlah helikopter tempur dengan total 77 buah, sedangkan Korut hanya 20 buah saja.

5. Kekuatan Terbesar Korsel, Kemampuan Finansial

Korut mungkin unggul di beberapa sektor misalnya jumlah alutsista darat dan laut. Namun, mereka nampaknya takkan pernah mengalahkan Korsel untuk urusan keuangan. Ya, Korut hanya punya anggaran militer yang sangat kecil yakni $7,5 miliar saja. Angka ini sangat jauh jika dibandingkan Korsel yang punya budget perang sebesar $33,2 miliar.

Uang Won Korsel [Image Source]
Uang Won Korsel [Image Source]
Tak hanya budget militer, Korea Selatan juga unggul soal cadangan devisa dengan jumlah $374 miliar, sedangkan Korut hanya punya $6 miliar saja. Seumpama terjadi total war antara Korut dan Korsel, maka yang jelas menang adalah Korsel karena secara finansial mereka lebih oke.

Jadi, inilah faktanya. Korea Selatan nyatanya lebih unggul daripada Korut. Kediaman mereka terhadap Korut selama ini bukan karena lemah, mungkin mereka bersikap seperti itu agar tidak sampai terjadi konflik seperti yang pernah terjadi dulu. Kalau Korsel mau, sebenarnya mereka bisa menunjukkan kejemawaannya dan melumat Kim Jong Un selamanya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA