7 Fakta Menyeramkan Hasil Kerja Kokain Dalam Tubuh Manusia

oleh Norman Duarte
10:00 AM on Sep 23, 2015

Dalam dunia penyalahgunaan obat, kokain adalah salah satu drugs yang sangat powerful dan yang paling sering digunakan. Awalnya kokain dibuat sebagai obat bius atau penghilang rasa sakit. Tetapi karena sangat powerful, akhirnya disalahgunakan sebagai ‘recreational drugs’ alias ‘obat rekreasi’, yaitu memang dipakai untuk mabuk dan bersenang-senang.

Meskipun sangat populer dan merupakan obat urutan 2 yang paling banyak digunakan orang (setelah cannabis/ganja), kokain ini sangat berbahaya. Berbeda dengan cannabis/ganja yang efeknya bagi kesehatan masih diperdebatkan. Sudah tak terhitung lagi banyak jiwa melayang, hubungan berantakan, keluarga tak karuan gara-gara obat-obatan. Redaksi Boombastis merasa perlu untuk sedikit mengulas tentang kokain ini agar para pembaca menjauhkan diri darinya.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Asal Muasal

Kokain sering disebut dengan Magic dust (debu sihir), karena bentuknya yang seperti tepung berwarna putih.

Asal muasal Kokain
Asal muasal Kokain [imagesource]
Dibuat dari bahan dasar daun Koka yang biasanya tumbuh di daerah Amerika selatan. Dalam dunia medis digunakan untuk anastesi (bius) dan penghilang sakit.

2. Candu

Alasan mengapa orang menggunakan kokain adalah karena obat ini memberikan rasa bahagia dan euphoria di dalam otak. Para pengkonsumsinya akan merasakan euphoria, seksualitas dan energi yang tidak pernah dirasakan manusia normal.

Kokain memberikan rasa bahagia dan euphoria di dalam otak
Kokain memberikan rasa bahagia dan euphoria di dalam otak [imagesource]
Zat pada kokain akan beraksi seperti zat serotonin di dalam otak, dan membuat sensasi yang berkali-kali lebih hebat dari serotonin. Seperti yang kita tahu, serotonin adalah zat ‘bahagia dan tenang’ yang dihasilkan secara natural dari dalam tubuh. Kokain bekerja seperi ini tetapi dengan efek yang berlipat ganda. Karena itulah banyak orang dengan gampang menjadi pecandu, karena efeknya sangat dahsyat.

Video di atas adalah sebuah video dokumenter tentang John Frsuciante, gitaris Red Hot Chili Peppers yang sempat bergulat dengan narkoba dan menghancurkan hidupnya. Untunglah ia berhasil selamat.

3. Menghancurkan Otak

Zat ini amat sangat berbahaya jika dikonsumsi tanpa perhitungan medis, apalagi dikonsumsi untuk bersenang-senang.

Kokain dapat menghancurkan otak
Kokain dapat menghancurkan otak [imagesource]
Scan otak memperlihatkan bahwa untuk sekali pemakaian, fungsi neuron di otak langsung mati. Dalam 10 hari fungsi otak belum pulih, bahkan dalam 100 hari pun tidak pulih. Seumur hidup pun tidak akan pulih seperti semula.

Bagian hitam yang memperlihatkan otak mengalami pendarahan
Bagian hitam yang memperlihatkan otak mengalami pendarahan [imagesource]
Kokain pun tidak hanya merusak neuron, tetapi juga membuat otak jadi membusuk. Bagian hitam pada gambar otak di atas memperlihatkan pendarahan otak yang dihasilkan oleh kokain.

4. Menghancurkan Bagian Luar Tubuh

Tidak hanya otak dan pikiran, kokain juga menghancurkan tubuh jika sering bersentuhan dengannya.

Kulit serta daging bagian hidung bagi orang yang sering menghirup kokain
Kulit serta daging bagian hidung bagi orang yang sering menghirup kokain [imagesource]
Foto di atas tersebut cukup seram karena memperlihatkan kulit serta daging bagian hidung bagi orang yang sering menghirup kokain.

Efek Kokain yang sering dihirup, parahnya sampai ke dalam organ [imagesource]
Efek Kokain yang sering dihirup, parahnya sampai ke dalam organ [imagesource]
Tapi itu belum apa-apa, pada pecandu yang parah, kokain bahkan menghancurkan bagian dalam hidungnya. Itu baru bagian luar saja. Bagaimana jika seluruh bagian dalam tubuhnya pun hancur?

5. Penuaan Dini

Hanya dalam beberapa tahun, seorang pecandu kokain akan mengalami penuaan dini berlipat-lipat.

Kokain dapat mengakibatkan penuaan dini lebih cepat
Kokain dapat mengakibatkan penuaan dini lebih cepat [imagesource]
Ini karena kokain membuat kulit mengering, menghilangkan berat badan, serta menurunkan fungsi seluruh organ tubuh.

6. Menghancurkan Fungsi Organ dalam Tubuh

Kokain akan langsung merusak paru-paru saat dihirup. Ia juga merusak fungsi jantung serta hati dan ginjal. Bayangkan jika seluruh organ penting dalam tubuh kita rusak, akan jadi manusia seperti apakah kita?

Kokain dapat menghancurkan fungsi organ dalam tubuh
Kokain dapat menghancurkan fungsi organ dalam tubuh [imagesource]
Oleh sebab itu, mereka yang hanya mencoba kokain sekali saja, di kemudian hari akan mengidap penyakit yang sangat berbahaya, entah itu serangan jantung, gagal ginjal, kanker paru-paru, stroke, dll. Apalagi bagi para pecandu. Amat sangat sedikit orang yang selamat dan berhasil bersih dari obat ini. Itu pun dengan perawatan medis yang sangat intensif dan biaya yang amat sangat mahal.

7. Kematian

Sudah pasti inilah efek paling dahsyat yang disebabkan kokain. Orang akan selalu berada di dalam bayang-bayang kematian mendadak jika mereka sekali saja mengkonsumsi kokain, apalagi jika menjadi pecandu.

Whitney Houston mengkonsumsi kokain dan akhirnya meninggal
Whitney Houston mengkonsumsi kokain dan akhirnya meninggal [imagesource]
Selain itu, efek euphoria dan bahagia yang dihasilkan kokain tidak berlangsung lama dan hanya sebentar. Jadi ruginya dobel-dobel ketika mengkonsumsi kokain: mabuknya sebentar, sakitnya selamanya.

Banyak sekali orang terkenal yang meninggal karena Kokain, antara lain: Whitney Houston, River Phoenix, Layne Staley, Hillel Slovak, dll.

Satu kesimpulan dari artikel ini adalah: JANGAN PERNAH MENCOBA!!!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA