5 Fakta Menjijikkan Soal Pusar yang Benar-benar Ada di Dunia

oleh Centralismo
14:31 PM on Jul 27, 2015

Pusar, barangkali adalah bagian tubuh yang paling sering kita lupakan. Jika kita selalu merawat kebersihan kaki dan tangan, memelihara kelembutan wajah dan rambut, jarang ada yang memberikan perhatian khusus pada pusar. Bahkan, banyak orang yang tidak tahu fungsi dari pusar.

Berikut ini Boombastis akan merangkum beberapa fakta tentang pusar. Siap-siap untuk menahan muntah, karena ternyata pusar punya banyak sisi menjijikkan yang tidak Anda tahu. Meskipun begitu, Anda wajib tahu karena pusar adalah bagian tubuh yang sebenarnya juga harus Anda rawat.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Ada Orang yang Mengoleksi Kotoran Pusarnya

Pada tahun 2000, seorang pria bernama Graham Barker mendaftarkan dirinya sebagai orang dengan koleksi kotoran pusar terbanyak. Barker mengumpulkan kotoran pusarnya, yang merupakan bulatan-bulatan seperti kotoran hidung dan sedikit berbulu, di dalam tiga toples. Tidak lupa, dia juga menaruh label periode tahun sejak memulai pengumpulan benda menjijikkan tersebut.

Ada Orang yang Mengumpulkan Kotoran Pusarnya
Ada Orang yang Mengumpulkan Kotoran Pusarnya [ImageSource]
Di luar dugaan, ternyata Graham Baker justru memecahkan rekor. Oleh Guiness Book of World Records dia dinyatakan sebagai orang dengan koleksi kotoran pusar terbanyak. Ternyata, Barker telah mengumpulkan benda-benda tersebut sejak tahun 1984. Ada yang mau coba menyentuh koleksi Barker? Atau bahkan mencoba mematahkan rekornya?

2. Bakteri dalam Pusar Bisa Digunakan untuk Membuat Keju

Kita tentu tahu untuk membuat keju berkualitas, dibutuhkan susu segar dan bakteri yang akan membuat susu menggumpal menjadi keju. Namun, siapa sangka bahwa ternyata di dunia ini ada orang yang cukup “jenius” untuk membuat keju dari bakteri yang ada di pusar. Itulah yang dilakukan oleh seorang ahli biologi Christina Agapakis dalam proyeknya “Selfmade”.

Bakteri di Dalam Pusar Bisa Digunakan Sebagai Pembuat Keju
Bakteri di Dalam Pusar Bisa Digunakan Sebagai Pembuat Keju [ImageSource]
Dalam proyek itu, Christina dan rekannya Sissel Tolaas, berusahan membuat 11 jenis keju dari 11 bakteri yang ditemukan dari bagian tubuh manusia seperti ketiak, mulut, jempol kaki dan pusar. Dan Christina berhasil membuat sekerat keju dari bakteri yang ada di pusar Michael Pollan, seorang penulis. Ada yang mau coba keju buatan mereka?

3. Bumi Juga Punya Pusar

Menurut situs Smithsonian.com, di jantung Utah’s Grand Staircase-Escalante National Monument terdapat sebuah lubang raksasa. Para ilmuwan pun menamakan lubang tersebut sebagai “pusar bumi”. Bentuk dari kawah tersebut memang mirip sekali dengan pusar manusia.

Bumi Juga Punya Pusar
Bumi Juga Punya Pusar [ImageSource]
Kawah tersebut memiliki luas 200 kaki. Lengkap dengan warna yang mirip sekali dengan warna kulit manusia. Para ahli Geologi mengatakan bahwa kawah ini telah berusia 216.000 tahun.

4. Pusar Adalah Luka Pertama yang Dialami Setiap Manusia

Bagi Anda yang belum tahu apakah fungsi pusar, baiknya Anda menyimak penjelasan berikut. Setelah manusia keluar dari rahim ibu, pusar kita sama sekali tidak memiliki fungsi apapun. Namun, saat kita berada dalam kandungan, pusar adalah jalan masuknya nutrisi ke dalam tubuh kita. Nutrisi tersebut didapat dari makanan yang dimakan ibu kita serta dialirkan melalui tali pusar atau plasenta.

Luka Pertama Manusia
Luka Pertama Manusia [ImageSource]
Jadi, secara sederhana, pusar sebenarnya adalah luka yang kita peroleh sejak hari kita lahir. Dan luka itu permanen selama kita hidup. Namun, dalam beberapa kasus langka, terdapat bayi yang sama sekali tidak memiliki pusar.

5. Piercing pada Pusar Bisa Mengakibatkan Infeksi Serius

Piercing atau tindik memang menjadi trend yang tidak ada habisnya. Belakangan piercing tidak hanya diletakkan di telinga atau di hidung seperti wanita India. Banyak orang yang bereksplorasi dengan menaruh tindik di lidah dan pusarnya. Meski terlihat stylish, ternyata tindik di pusar cukup berbahaya lho.

Infeksi Serius Pada Pusar
Infeksi Serius Pada Pusar [ImageSource]
Gambar di atas adalah gambar pusar yang terinfeksi karena tindikan. Jika Anda ingin menindik pusar Anda, maka Anda harus bersiap untuk masa penyembuhan selama 6 bulan. Selama itu pula, Anda harus menjaga pusar tetap kering dan bersih agar tidak terjadi infeksi. Infeksi pada pusar bisa menyebabkan daerah pusar terasa panas, memerah dan bernanah.

Seberapapun menjijikkannya fakta di atas, kita harus bersyukur karena memiliki pusar. Itu artinya, kebutuhan nutrisi kita ketika di dalam kandungan telah tersalurkan. Sekarang, Anda sudah memiliki beberapa pengetahuan penting tentang pusar.

Jangan lupa menjaga kebersihan pusar Anda. Meski kelihatannya sepele, namun ternyata pusar menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan kuman. Hati-hati juga dalam membersihkan pusar agar tidak menimbulkan infeksi. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA