5 Fakta Mengejutkan Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Antartika

oleh Alfry
07:30 AM on Oct 28, 2014

Benua Antartika atau di masyarakat lebih populer dengan nama Kutub Selatan merupakan benua terluas kelima di dunia yang berada di ujung selatan bumi. Sebagai perbandingan, Antartika memiliki luas hampr dua kali luas benua Australia. Sekitar 98 persen wilayahnya ditutupi lapisan es tebal sepanjang tahun sehingga membuat wilayah ini menjadi tempat terdingin di dunia.

Baca Juga: Makanan Favorit Warga China, Telur Direbus Dengan Air Kencing

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Masa Muda Kim Jong Un yang Ternyata Sangat Jauh Dari Kata “Diktator”
Mulai Hadiah Emas Hingga Hukuman, Inilah Cara Unik 4 Negara Agar Warga dan Aparaturnya Jadi Kurus

Berbeda halnya dengan “saudaranya” yang berada di belahan utara bumi yakni Arktik atau kutub utara yang memiliki penduduk asli seperti suku Eskimo. Di kutub Selatan ini hanya ada para peneliti dari beberapa negara yang menghuni benua ini dalam kurun waktu tertentu dengan tujuan penelitian saja. Namun seberapa tahukah Anda dengan wilayah paling selatan bumi tersebut? Berikut fakta-fakta mengejutkan tentang Antartika.

1. Antartika Adalah Gurun Terluas di Dunia

Benua Antartika memiliki luas sekitar 14 juta meter persegi dan 13,7 juta meter persegi diantaranya tertutup oleh lapisan es abadi. Antartika memiliki kelembaban dan suhu rata-rata terendah diantara semua benua di bumi. Gurun Antartika ditutupi oleh es yang sangat dingin sehingga suhunya mencapai -85 dan -90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas.

Gurun Es Antartika
Gurun Es Antartika

Karena keadaan alamnya yang sangat ekstrim tersebut, benua ini menjadi daratan yang sangat tandus, berangin kencang, dan bahkan hanya tundra satu-satunya vegetasi yang dapat bertahan di sana. Dari fakta-fakta itulah kemudian Antartika dianggap sebagai gurun.

Selanjutnya :  2. WOW! Antartika Memiliki Air Terjun Berdarah!

Next

Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA