5 Fakta Mengagumkan Madagaskar, Wilayah Nusantara Lain di Seberang Lautan

oleh Adi Nugroho
13:30 PM on May 2, 2016

Begitu mendengar kata Madagaskar pikiran kita pasti tertuju pada film Madagascar yang sangat terkenal itu. Terlepas dari kelucuan film yang berseting di hutan Madagaskar, negara itu sebenarnya punya keterkaitan dengan Indonesia. Bisa dibilang, Madagaskar adalah salah bagian wilayah Nusantara yang letaknya sangat jauh berseberang lautan.

Barangkali Anda akan bertanya: kok, bisa Madagaskar yang jauh di seberang lautan, bahkan di dekat Afrika bisa memiliki kemiripan? Lantas apa yang menyebabkan kemiripan itu bisa bertahan bahkan hingga sekarang? Yuk, mari kita bahas bersama-sama fakta dari Madagaskar yang bisa membuat Anda semakin penasaran dan ingin mengunjunginya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Nenek Moyang Orang Madagaskar dari Nusantara

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, ada dugaan bahwa nenek moyang orang Madagaskar berasal dari Nusantara. Para leluhur yang berasal dari Indonesia ini datang sekitar abad ke-8 dan ke-9 saat melakukan ekspedisi pelayaran dan juga perdagangan. Akhirnya karena beberapa masalah atau memang ingin tinggal di sana, kebudayaan asli Nusantara berkembang di sana.

bangunan di Antananarivo [image source]
bangunan di Antananarivo [image source]
Budaya itu akhirnya berkembang dengan pesat hingga membentuk komunitas yang sangat besar. Saat ini beberapa hal yang “Nusantara banget” banyak ditemukan di Madagaskar. Sebut saja arsitek bangunan seperti kuburan Rova di Antananarivo yang mirip sekali dengan arsitek bangunan di keraton-keraton di Yogyakarta.

2. Bahasa Punya Kemiripan dengan Bahasa Nusantara

Bahasa nasional yang ada di Madagaskar adalah Malagasy dan juga Prancis. Namun, bahasa yang kerap digunakan oleh penduduk lokal adalah Malagasy. Secara susunan kata dan tata bahasa. Bahasa Malagasy mirip sekali dengan bahasa yang ada di kawasan Kalimantan. Akar dari Bahasa Malagasy adalah bahasa di Barito Timur yang banyak dipakai oleh suku Dayak.

orang Malagasy [image source]
orang Malagasy [image source]
Setelah mengalami perubahan karena lokasi, kebudayaan lokal, dan mungkin adanya kolonialisasi Prancis. Bahasa yang mirip sekali itu bertransformasi menjadi bahasa baru. Oh ya, beberapa kata dari Bahasa Malagasy sangat mirip dengan yang ada di Nusantara atau Indonesia di era modern. Misal untuk menyebut angkat tiga mereka menggunakan kata telo Atau angkat tujuh dengan pito.

3. Kisah Pelaut Sriwijaya dan Pelaut Medang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pada abad ke-8 hingga ke-9 banyak sekali pelaut dari Nusantara yang datang ke sana. Di masa itu, Nusantara hanya memiliki dua kerajaan besar yang hebat dalam hal kemaritiman. Kerajaan ini adalah Sriwijaya yang ada di daerah Sumatra dan yang kedua adalah Kerajaan Medang yang ada di Pulau Jawa.

ilustrasi Kapal Sriwijaya [image source]
ilustrasi Kapal Sriwijaya [image source]
Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Medang melakukan perdagangan hingga sampai daratan Afrika. Setelah melakukan perdagangan di sana, ada beberapa orang yang akhirnya tinggal dan menetap di Madagaskar hingga akhirnya beranak-pinak menjadi banyak. Saat Nusantara mulai didatangi oleh orang dari Eropa, tradisi berlayar ke Afrika ini lambat laun menurun hingga habis sama sekali.

4. Pulau Kecil dengan Keanekaragaman Hayati Tinggi

Setelah membahas Madagaskar dari sisi yang berhubungan dengan Nusantara. Mari berpindah ke hal hebat lain dari Madagaskar.  Hal hebat itu adalah masalah flora dan fauna di Madagaskar yang sangat kaya. Bahkan sampai menginspirasi beberapa film untuk menjadikan Madagaskar menjadi setingnya.

lemur Madagaskar [image source]
lemur Madagaskar [image source]
Flora unggulan dari Madagaskar adalah jenis Baobab, pohon yang sangat besar dan konon bisa berumur hingga ribuan tahun. Selanjutnya ada jenis-jenis tanaman hutan hujan yang sangat beragam dan endemik hingga tak bisa ditemukan di daerah lainnya. Untuk hewan ada lemur yang memiliki ekor panjang dan juga jenis-jenis landak. Hewan-hewan seperti dalam film Madagascar ada semua di sana.

5. Tambang Berharga yang Tersebar di Mana-Mana

Untuk ukuran negara, Madagaskar mungkin belum sehebat negara Afrika lain seperti Mesir atau Afrika Selatan. Meski demikian, untuk urusan tambang, negara ini termasuk yang menyimpan kekayaan alam tak terbatas. Tambang-tambang paling besar di Madagaskar meliputi emas, perak, besi, dan nikel.

Tambang batu mulia [image source]
Tambang batu mulia [image source]
Selain tambang untuk industri, negara itu juga menghasilkan banyak batu-batu berharga seperti rubi, safir, berlian, topas, hingga amethys. Terakhir, Madagaskar juga menghasilkan banyak sekali uranium yang sangat mahal di pasaran dunia karena berfungsi sebagai salah satu bahan untuk nuklir.

Inilah lima fakta hebat mengagumkan dari Madagaskar. Negara kecil yang berada di dekat benua Afrika ini ternyata memiliki sejarah panjang akhirnya berkembang sampai sekarang. Meski terletak jauh di seberang lautan, Madagaskar tetaplah Nusantara jauh yang lama terputus dari asalnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA