in

6 Fakta Keren Banyuwangi yang Bikin Kamu Nyesel Kalau Nggak Mampir

Banyuwangi [Image Source]

Buat yang sering pergi ke Pulau Bali lewat jalur darat, pasti sudah akrab dengan kabupaten Banyuwangi. Pasalnya, di daerah inilah letak pelabuhan Ketapang, tempat para wisatawan menyeberang untuk bisa mencapai pelabuhan Gilimanuk, pulau Bali.

BACA JUGA: 12 Destinasi Wisata Air Ini Turut Membuat Banyuwangi Raih Penghargaan Internasional

Sayang sekali jika kamu hanya mengenal Banyuwangi sebagai tempat menyeberang jika ingin pergi ke Bali. Padahal Banyuwangi menyimpan segala keunikan yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

1. Banyuwangi Adalah Kabupaten Terluas di Jawa

Dengan luas 5.782,50 kilometer persegi, Banyuwangi adalah wilayah kabupaten terluas di pulau Jawa, Dengan wilayah yang begitu luas, kabupaten ini memiliki dataran yang sangat beragam mulai dari laut, dataran rendah, hingga pegunungan.

Banyuwangi [Image Source]
Banyuwangi [Image Source]
Di daerah yang berbatasan dengan Bondowoso terdapat rangkaian Dataran Tinggi Ijen dengan Gunung Raung dan Gunung Merapi sebagai puncaknya serta ada Gunung Ijen yang terletak di balik Gunung Merapi. Di bagian Selatan terdapat perkebunan, dan beberapa cagar alam seperti Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Alam Purwo. Selain itu ada juga beberapa kawasan laut terkenal seperti Pantai Sukamade, Plengkung, dan banyak lagi.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Matrilineal, Budaya Tak Biasa Dari Ranah Minangkabau

5 Alasan Kenapa TV Series Amerika Jauh Lebih Greget Dari Sinetron Indonesia