7 Fakta Kehebatan Padang yang Bikin Kota ini Paling Keren di Indonesia

oleh Rizal
13:45 PM on Nov 17, 2015

Padang, tempat satu ini mungkin jarang terpikirkan banyak orang sebagai destinasi wisata. Padahal, apa yang akan ditemukan di sini adalah hal-hal unik yang susah untuk didapatkan di tempat lain. Tak hanya tentang tempat saja, tapi juga masyarakat, budaya serta sederet kehebatan lainnya yang akan membuat kita takkan pernah bisa melupakan kota satu ini.

Padang sendiri semakin berkembang tiap tahunnya, dan makin menunjukkan kota ini siap menyaingi Medan sebagai metropolisnya Sumatera. Namun demikian, Padang tetap menyimpan kearifan lokal yang membuatnya tetap bersahaja dalam segala modernitas yang mulai tumbuh di sana. Banyak orang yang bilang beruntung sekali jadi orang Padang karena diberkahi banyak keistimewaan.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Nah, berikut adalah hal-hal unik yang membuktikan jika Padang takkan pernah kalah oleh tempat lainnya di Indonesia.

1. Di Padang Naik Angkot Bikin Ogah Turun

Ada banyak hal yang membuat kita malas naik kendaraan umum seperti angkot. Biasanya karena fasilitasnya yang tidak terawat baik. Entah bangkunya yang kotor dan sempit, lantai angkot yang tak bersih sampai semua nuansa tidak menyenangkan yang ada di dalamnya. Di Padang, kita takkan pernah menjumpai keluhan semacam ini, lantaran angkot di sana levelnya sangat berbeda dengan kebanyakan kota di Indonesia.

Angkot Padang bikin penumpang serasa naik Mobil Limousin [Image Source]
Angkot Padang bikin penumpang serasa naik modifikasi mahal [Image Source]
Alih-alih ala kadarnya, angkot di Padang benar-benar maksimal dalam menyenangkan penumpangnya. Percaya atau tidak, banyak supir angkot di sana memodifikasi mobilnya gila-gilaan. Mulai pasang body kit, air brush, hingga bagian interior gila seperti jok dari kulit, sistem pendingin sampai sound system yang menggelegar. Uniknya, angkot semacam ini tak cuma ada satu tapi puluhan.

2. Masakan Padang yang Legendaris

Mungkin kita bisa bilang kalau mereka yang tak suka masakan Padang sepertinya lidahnya tidak beres. Ya, semua orang menyukai masakan Padang karena rasanya yang kaya. Bahkan orang luar negeri pun mengakui salah satu kuliner mereka yang bernama Rendang menjadi salah satu sajian paling lezat di dunia.

Masih belum ada yang benar-benar mengalahkan Padang soal kuliner [Image Source]
Masih belum ada yang benar-benar mengalahkan Padang soal kuliner [Image Source]
Karena terbukti maknyus, makanya banyak sekali warung-warung Padang di kota-kota di seluruh Indonesia. Masakan padang bahkan pernah dibikinkan film lantaran kekayaan bumbu serta filosofinya yang dalam. Nah, fakta unik dari masakan Padang ini adalah ketika kita memesan untuk dibawa pulang selalu saja porsinya lebih banyak. Ada yang tahu kenapa?

3. Wanita Padang yang Tak Diragukan Kecantikannya

Padang dan wanita cantik adalah dua hal yang bisa kita gabungkan. Alasannya apalagi kalau bukan karena tempat ini memang gudangnya wanita cantik. Bahkan dikatakan jika mereka sama sekali tak kalah jika dibandingkan dengan Sunda yang pamornya sudah level nasional.

Kehebatan Padang juga tentang wanita cantiknya [Image Source]
Kehebatan Padang juga tentang wanita cantiknya [Image Source]
Ciri-ciri wanita Padang mereka berkulit sawo matang dengan karakteristik wajah yang khas. Selain deretan artis cantik ibukota, bukti kalau wanita Padang memang cantik luar biasa bisa kita lihat lewat Uni-Uni cantik yang ada di warung Padang. Ada satu juta warga Padang saat ini dan separuhnya adalah wanita cantik. Jadi, masih terbuka bagi siapa saja yang ingin meminang salah satu dari mereka.

4. Pria Padang Pun Tak Kalah Menariknya

Wanita Padang bolehlah cantik luar biasa, tapi bagaimana dengan para prianya? Kabar baik bagi para wanita single karena para Uda ini juga terkenal akan ketampanannya. Memang ada sih yang biasa-biasa saja tapi pesona mereka juga tak kalah. Buktinya adalah pria Padang bernama Bayu yang bikin para single naik percaya dirinya.

Pria Padang biasa seperti Bayu Kumbara bahkan bisa menarik hati seorang bule cantik [Image Source]
Pria Padang biasa seperti Bayu Kumbara bahkan bisa menarik hati seorang bule cantik [Image Source]
Bagaimana tidak, Bayu ini baru saja menikah dengan seorang wanita Inggris yang cantiknya mirip Taylor Swift bernama Jennifer Brocklehurst. Nah, jika pria Padang yang biasa-biasa saja bisa bikin bule deg-degan, apalagi yang dari lahir memang tampan? Maka tak heran jika Padang juga disebut gudangnya pria ganteng.

5. Padang Surganya Wisata Keren

Padang bukan hanya angkot atau wanita cantiknya, tapi juga deretan wisata yang sudah dikenal akan keindahannya. Ya, ada begitu banyak pilihan wisata yang bisa diambil di sini. Mau menyusuri kota-kotanya, bermain di garis pantainya yang menawan, atau mungkin main paralayang di bukit-bukit mereka yang fenomenal itu.

Bukit Nobita yang sangat mirip dengan versi animasinya [Image Source]
Bukit Nobita yang sangat mirip dengan versi animasinya [Image Source]
Nah, di antara deretan wisata itu, mungkin Bukit Nobita bisa dijadikan alternatif pula. Disebut Bukit Nobita sendiri karena tempat ini benar-benar mirip dengan yang kita lihat di serial Doraemon yakni bukit belakang sekolah. Waktu yang pas untuk mengunjungi tempat ini adalah malam hari karena pemandangan di bawah akan sangat menakjubkan.

6. Padang Punya Sekolah Negeri Paling Mewah di Indonesia

Gempa Padang beberapa waktu yang lalu memang menyisakan luka. Meskipun demikian, dampak gempa ini bisa dibilang membawa berkah karena banyak infrastruktur baru yang dibangun dan makin megah. Salah satunya adalah SMA Negeri 1 Padang yang konon biaya pembuatannya mencapai Rp 38 miliar!

Bukti jika pemerintah Padang sangat perhatian soal pendidikan [Image Source]
Bukti jika pemerintah Padang sangat perhatian soal pendidikan [Image Source]
Sekolah mahal ini pun memang begitu menakjubkan dilihat dari banyak aspek. Mulai bangunannya yang megah, fasilitasnya yang lengkap dan luasnya yang tak karuan. Sekolah ini mungkin bisa dibilang yang paling keren se Indonesia karena sama sekali tak kalah jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan untuk level internasional SMA 1 Padang bisa bersaing.

7. Padang, Kota Religius yang Berprestasi

Setelah semua kehebatan ini, masih ada satu lagi keunggulan Padang yang makin jadi penyempurna. Ya, kota ini juga dikenal sangat religius. Salah satu bukti adalah banyaknya dai atau ulama di sini serta masjid-masjid yang berdiri kokoh dengan megahnya.

Padang sudah jadi langganan juara kompetisi murotal tingkat nasional [Image Source]
Padang sudah jadi langganan juara kompetisi murotal tingkat nasional [Image Source]
Bahkan kota ini makin terpandang setelah beberapa waktu lalu mengirimkan perwakilannya dan berhasil menyabet juara MTQ tingkat nasional. Bukan hanya sekali atau dua kali saja, tapi sudah sebanyak 23 kalinya. Ini jadi bukti jika pemerintah Padang memang sangat perhatian kepada hal-hal yang bersifat agama seperti itu.

Padang, kota satu ini memang luar biasa. Tak hanya indah tempat dan orangnya, tapi segala aspek yang ada juga membuat kota ini makin jumawa dan jadi yang paling hebat di Indonesia. Makanya, sempatkan mampir di kota ini setidaknya sekali saja. Pasti akan langsung terbuai dengan semua keindahannya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA