8 Fakta Soal Jackie Chan Ini Bakal Bikin Kamu Makin Nge-Fans!

oleh Tetalogi
14:33 PM on Feb 25, 2016

Siapa yang nggak tahu dengan nama aktor laga hebat seperti Jackie Chan. Filmnya banyak diminati oleh masyarakat banyak bukan cuma karena aksi beladirinya saja, tapi juga karena jalan cerita menarik dan humor yang selalu diselipkan dalam filmnya.

Ia juga terkenal selalu melakukan sendiri aksi-aksi stunt berbahaya dalam film yang ia perankan. Hal inilah yang membuat banyak orang semakin kagum dengan dengan pemain film laga yang satu ini. Buat kamu penggemar setianya, ini lho beberapa fakta keren soal Jackie Chan yang bikin kamu makin kagum dengannya.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

1. Orang Tua yang Meninggalkannya Sejak Kecil

Ayah Jackie, Charles, adalah mata-mata pemerintah Nasionalis China sementara ibunya, Lee-Lee, adalah seniman panggung yang bekerja sampingan dengan jualan opium. Charles kemudian menangkap Lee-Lee sebelum akhirnya menikahinya di kemudian hari. Masing-masing sebenarnya sudah punya 2 anak dari pernikahan sebelumnya, tapi mereka meninggalkan keempat anaknya dan kabur ke Hong-Kong ketika Komunis menguasai China.

Jackie Chan kecil [Image Source]
Jackie Chan kecil [Image Source]
Jackie Chan lahir 5 tahun kemudian dan sempat akan dijual kepada seorang dokter yang membantu proses kelahirannya seharga 26 dollar. Jackie akhirnya ditinggalkan di sekolah asrama sementara kedua orang tuanya pergi ke Australia untuk mencari pekerjaan. Hidup di sekolah tersebut sangat berat karena pelajaran dimulai sejak pukul 5 pagi dan baru selesai tengah malam. Ia mendapatkan pelajaran drama, akrobatik, bela diri, dan musik, tapi nggak mendapatkan pelajaran membaca dan menulis. Sekolah tersebut sangat ketat sampai-sampai salah sedikit saja ia dipukuli.

2. Seorang Perfeksionis

Sutradara menginginkan film yang sesempurna mungkin itu hal yang lumrah. Bahkan beberapa orang sutradara sampai disebut perfeksionis gara-gara mengulang adegan yang sama berkali-kali. Meski begitu, nggak ada yang mengalahkan ke-perfeksionis-an Jackie Chan dalam menjadi sutradara karena ia tercatat pernah mengulang satu adegan berdurasi 10 menit hingga 2.900 kali!

Jackie Chan [Image Source]
Jackie Chan [Image Source]
Dalam adegan pembuka film Dragon Lord (1982), digambarkan adegan sekelompok orang bermain jianzi, semacam sepakbola tapi menggunakan bola bulu tangkis. Adegan ini sampai diambil hingga ribuan kali agar bisa mengambil gambar dengan timing dan sudut gambar yang pas. Guinness World Records bahkan mencatat Jackie sebagai  orang yang melakukan retake terbanyak dalam satu adegan.

3. Pernah Hampir Tewas

Jackie Chan dikenal selalu melakukan adegan-adegan berbahaya sendiri tanpa menggunakan stuntman. Adegan paling mengerikan seperti lompat dari gedung tinggi pun ia lakukan Tapi, salah satu aksi stunt yang bisa dibilang lebih sederhana dari yang pernah ia lakukan sebelumnya malah membuatnya hampir tewas. Dalam salah satu adegan film Armor of God tahun 1986, ia harus melompat dari dinding ke cabang pohon dengan tepat.

Jackie Chan melompat ke pohon [Image Source]
Jackie Chan melompat ke pohon [Image Source]
Dengan masih dalam kondisi jet lag, ia melakukan adegan tersebut dan berhasil dengan baik. Tapi ia kurang suka dan memutuskan untuk mengulangi adegan itu lagi. Akhirnya ia malah gagal berpegangan pada cabang pohon, langsung jatuh ke tanah, dan kepalanya menghantam batu. Tengkorak kepalanya retak dan tulangnya menusuk jaringan otak sehingga darah keluar dari telinganya. Insiden ini membuatnya kehilangan pendengaran sebagian di telinga kanannya dan ada sebuah plat plastik yang menutupi lubang di kepalanya.

4. Bertarung Sungguhan dalam Film

Pertarungan antara Jackie Chan dan Benny ‘The Jet’ Urquidez bisa dibilang sebagai adegan pertarungan film terbaik. Tapi siapa sangka, dalam adegan tersebut ternyata Jackie sempat marah dan bertarung sungguhan dengan Bennie. Jackie Chan nggak terlalu mengenal kickboxing, jadi gerakan-gerakan Bennie sulit ia baca. Sementara itu, Bennie adalah seorang juara kickboxing yang belum terkalahkan dan juga orang Amerika pertama yang menang kejuaraan Karate di Jepang melawan orang Jepang sendiri.

Saat melakukan adegan pertarungan dalam film ‘Wheels on Meals’ tahun 1984, Benny nggak bisa menahan pukulannya pada Jackie. Jackie Chan yang marah kemudian membalas dengan memberikan beberapa pukulan kemudian menantang Benny untuk bertarung sungguhan. Tapi Benny mengingatkan bahwa ia adalah seorang profesional dan bisa-bisa Jackie terluka kalau dilakukan pertarungan. Kru dan aktor yang lain malah kemudian pasang taruhan siapa yang akan menang. Tapi keduanya kemudian berbaikan dan duel tersebut nggak pernah terlaksana. Keduanya bahkan menjadi teman baik.

5. Di Tubuhnya Terdapat Banyak Sekali Bekas Luka

Selama bertahun-tahun bermain film laga dan selalu melakukan aksi-aksi berbahaya, nggak heran kalau tubuhnya penuh bekas luka. Berbagai cedera ringan hingga berat sudah pernah ia rasakan semua. Hidungnya sudah 3 kali patah, lututnya sudah terlalu sering cedera sampai ia nggak bisa lari dengan baik. Ia sudah pernah mengalami dislokasi di bahu, panggul, dan tulang dada.

Pahanya pernah patah karena terjepit dua mobil, serta juga pernah patah kaki. Dalam film “Project A”, Jackie Chan bergelantungan 18 meter berpegangan pada jarum jam dan cuma ada 2 lembar kain yang memperlambat jatuhnya ke tanah. Sebenarnya Jackie Chan agak waswas harus jatuh dari tempat setinggi itu. Jadi ia berpegangan sampai tangannya lelah dan jatuh. Ketika melihat hasilnya, Jackie nggak puas dan mengulangi adegan tersebut. Hasilnya memang lebih baik, tapi hidungnya patah dan lehernya terluka.

6. Jackie Chan Ternyata Jago Nyanyi

Jackie Chan sudah terlatih untuk menyanyi sejak masih di sekolah asrama. Kemudian sejak tahun 1984, sudah ada lebih dari 20 album yang memuat lagu-lagunya. Bahkan sejak tahun 1980, ia sudah mengisi lagu tema untuk semua filmnya yang diproduksi di China yang tampil di bagian penutup film.

Saat Disney akhirnya berhasil meyakinkan China untuk merilis film Mulan di negara tersebut, Jackie Chan menyanyikan lagu “I’ll Make a Man Out of You” untuk versi Mandarin, Kanton, dan China. Dalam interview, ia mengungkapkan bahwa lagu-lagunya ditulis berdasarkan kehidupannya di masa muda.

7. Rekor Guiness World

Jackie Chan nggak cuma memegang rekor sebagai retake terbanyak dalam satu adegan. Ia juga mendapatkan penghargaan Guiness World lainya. Dalam film Chinese Zodiac, ia memegang rekor sebagai film kredit terbanyak dalam satu film. Gimana nggak, dalam film tersebut ia menjabat sebagai penulis, sutradara, pemeran utama, produser, eksekutif produses, cinematografer, penata gambar, manajer produksi, koordinator stunt, properti, bagian listrik, stuntman, komposer, vokalis lagu tema, dan bahkan koordinator katering.

Jackie Chan dan penghargaan Guiness [Image Source]
Jackie Chan dan penghargaan Guiness [Image Source]
Ia juga memegang rekor sebagai aksi stunt terbanyak yang pernah dilakukan seorang stuntman. Dengan lebih dari 100 film yang ia bintangi dan 1 film bisa sampai puluhan stunt, maka aksinya memang bisa mencapai lebih dari seribu kali. Ya itulah, Jackie Chan.

8. Aksi Stunt yang Bikin Ia Ketakutan

Kalau melihat aksi-aksinya, mungkin kita kepikiran bahwa Jackie Chan itu nggak punya rasa takut. Ternyata salah besar! Dalam wawancara, ia menyebutkan bahwa setiap stunt yang dilakukannya itu bikin ketakutan. Tapi, ada satu yang paling bikin dia gemetaran dan butuh waktu 2 minggu sampai ia akhirnya berani melakukannya.

Aksi stunt yang dimaksud adalah meluncur dari atas gedung di film “Who Am I?” Jackie meluncur melewati 21 lantai. Nggak puas cuma dengan meluncur di punggungnya, ia bahkan berdiri dan berjalan sebelum kemudian jatuh lagi dan meluncur dengan kepala terlebih dulu. Bisa dibilang adegan ini adalah aksi paling gila sekaligus paling hebat yang pernah dibuat.

Nah, itulah beberapa fakta seputar bintang film laga Jackie Chan yang legendaris. Kehebatannya dalam membuat film dan keseriusannya dalam profesi yang dia lakukan patut dicontoh nih. Kalau mau jadi orang sukses seperti Jackie Chan, memang harus terus berusaha keras dan jangan gampang puas. Memang sih bakal banyak resiko yang dialami (dalam hal Jackie Chan resikonya ya cedera), tapi pada akhirnya akan menghasilkan karya yang bagus dan selalu dikenang. 
Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA