5 Fakta Hidup di China yang Tak Se-Indah Dugaanmu

oleh Rizal
07:00 AM on Jan 3, 2016

Banyak yang memprediksikan China akan jadi bangsa besar di masa depan. Mereka digadang akan mampu mengalahkan Uni Eropa atau bahkan Amerika serikat dalam hal apapun, mulai dari ekonomi sampai dengan militer. China juga negerinya ilmu, bahkan dikatakan dalam pepatah lama, “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China.” Pasti ada alasannya kenapa bisa muncul ungkapan seperti ini. Hal tersebut tak lain karena di masa depan nanti China sepertinya akan menggila.

Baca Juga : 5 Fakta Hidup di Singapura yang Ternyata Tidak Lebih Enak Dibandingkan Indonesia

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Hal ini pun membuat orang-orang mulai melirik China sebagai negeri yang pas, baik untuk mengembangkan usaha atau menempuh pendidikan tinggi. Termasuk orang-orang Indonesia yang tiap tahunnya lumayan banyak yang berangkat ke negeri tirai bambu untuk urusan-urusan itu. Mereka pun banyak yang tinggal di sana dan menjadi bagian dari China. Namun, tinggal di sana ternyata jauh dari apa yang kita bayangkan.

Tidak enak, begitu kata orang-orang Indonesia yang sempat mencicipi hidup di negeri panda. Kenapa bisa sampai seperti itu padahal image mereka begitu mentereng? Ulasan berikut akan menjelaskannya untukmu.

1. Orang China Kurang Disiplin Soal Kebersihan

Begitu tiba di China mampirlah ke toilet umum terdekat, maka kamu akan merasakan kesan pertama tentang negeri ini. Ya, yang jelas kamu harus tutup hidung rapat-rapat karena bau air seninya begitu kuat dan menusuk. Buruknya lagi, nuansa seperti ini akan kamu dapatkan di mayoritas toilet di sana. Termasuk juga kota-kota besar seperti Nanjing atau Beijing.

Bau plus minin air, masih ditambah ruang sekat-sekat seperti ini [Image Source]
Bau plus minin air, masih ditambah ruang sekat-sekat seperti ini [Image Source]
Ada banyak cerita orang-orang Indonesia yang menemui hal-hal buruk di toilet orang China. Terutama di toilet buang air besarnya. Ya,kadang kalau beruntung kamu akan menemukan sesuatu yang sepertinya lebih baik tak usah diceritakan. Satu lagi, air sangat langka di toilet mana pun di China. Yang ada hanyalah tissue. Bagi kita orang Indonesia yang biasanya buang-buang air setelah buang hajat, ini akan sangat merepotkan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA