5 Fakta Enaknya Hidup di Australia ini Pasti Bikin Iri Orang Indonesia

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 6, 2016

Dibanding Australia, jika harus memilih, orang-orang Indonesia akan lebih suka ke Malaysia atau Singapura. Alasannya sih katanya di sana lebih nyaman, apalagi untuk bekerja dan kuliah. Pendapat ini tidak salah tapi juga tak sepenuhnya benar. Meskipun kurang difavoritkan orang Indonesia, faktanya, Australia sendiri bisa dibilang merupakan salah satu tempat terbaik di dunia untuk menjalani hidup.

Tak cuma tentang lingkungan eksotis yang jadi ikon Aussy di dunia, dengan tinggal di negeri kangguru kita akan mendapatkan hal yang diinginkan. Kerja tetap, standar gaji melejit, sampai fasilitas super oke dan mudah. Perlu diketahui pula jika Australia adalah salah satu negara yang dikatakan paling bahagia di dunia.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Lalu, apa saja alasan kuat yang membuktikan jika tinggal di Australia itu enak? Simak fakta-faktanya berikut.

1. Kerja Dengan Bayaran Melimpah

Dari banyaknya orang asing yang tinggal di Australia, sebagian besar adalah untuk bekerja. Alasan mereka memilih bekerja di negeri kangguru sendiri adalah karena faktor salary atau bayarannya yang dikatakan sangat tinggi. Percaya atau tidak, kita sangat mungkin jadi jutawan hanya dengan setahun bekerja di sini. Bagaimana tidak, rata-rata standar gaji di sini bisa mencapai $4.000 per bulannya atau sekitar Rp 52 jutaan.

Dolar Australia [Image Source]
Dolar Australia [Image Source]
Satu hal lagi fakta menyenangkan tentang bekerja di Australia adalah kebanyakan perusahaan takkan menggubris ijazah kita. Pekerja di sana selalu dilihat dari skill, yakni tentang apa yang bisa dilakukan dan sebagus apa mereka melakukannya. Jadi, tak perlu risau belum bisa kuliah dan dapat titel, karena ketika skill-nya tinggi kita akan dibayar seperti gajinya pekerja profesional.

2. Biaya Hidup Mahal Tapi Selalu Bisa Diakali

Ya, biaya hidup di Australia itu sangat tinggi, bahkan mungkin lebih tinggi dari standar Jakarta atau Batam. Meskipun demikian, kita takkan langsung jadi gelandangan karena ini. Alasannya sendiri tentu saja standar gaji yang tinggi tadi. Gaji yang didapatkan dalam sebulan akan sangat lebih dari cukup untuk biaya hidup selama 30 hari.

Pasar murah di Australia [Image Source]
Pasar murah di Australia [Image Source]
Mengakali pengeluaran juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan cara membeli barang-barang bekas berkualitas yang harganya sangat-sangat murah. Percayalah, hidup bisa sangat mudah di sini jika kita tahu dan mau menyisihkan sedikit malu.

3. Masyarakat Australia Tidak Rasis dan Suka Berteman

Tak hanya soal duit, faktor yang membuat sebuah tempat itu nyaman adalah orang-orang di dalamnya. Kabar baiknya, di Australia kita akan selalu bisa diterima dengan baik. Ya, di sana orang-orangnya sangat ramah dan tidak rasis.

Orang-orang Australia Ramah [Image Source]
Orang-orang Australia Ramah [Image Source]
Memang tentu saja ada orang-orang yang menutup diri, tapi sebagian besar sangat welcome terhadap orang asing. Justru mereka yang akan heran kalau kita pendiam dan tidak bersosialisasi dengan baik. Nah, dengan alasan yang sama, kita bisa disimpulkan juga kalau cari jodoh di negeri kangguru itu mudah. Satu lagi, soal menjalankan kegiatan ibadah, di sana juga sangat bebas.

4. Fasilitasnya Bikin Kita Lega dan Nyaman Menjalani Hidup

Tak cuma soal uang dan lingkungan sosial yang enak, di Australia kita juga akan dimudahkan dengan berbagai fasilitas, mulai perawatan kesehatan sampai pendidikan. Soal fasilitas kesehatan, di sini peralatan medisnya sangat mutakhir serta para dokternya juga sangar dan punya pengalaman level internasional. Yang lebih melegakan, sangat mudah untuk klaim layanan. Tak perlu pakai kartu-kartu yang ribet.

Dokter di Australia [Image Source]
Dokter di Australia [Image Source]
Pendidikan di Australia adalah salah satu yang terbaik dan juga jadi favorit orang-orang kaya di Indonesia. Jadi, kita tak perlu lagi ragu soal kualitas. Belum lagi di sana juga tersebar banyak beasiswa yang bisa bikin seseorang kuliah atau sekolah dengan free of charge alias gratis-tis. Kalau dibandingkan dengan Indonesia, bisa dibilang cukup jauh dari berbagai aspek.

5. Tinggal di Australia Tidak Melulu Terkepung Kota

Mindset moyoritas orang tentang tinggal di kota-kota besar pasti sama. Mulai dari sumpek dengan kemacetan, sampai lalu lalang orang-orang dan hiruk pikuknya. Di Australia juga sama, tapi bedanya kita bisa selalu bisa untuk melarikan diri sejenak dari bisingnya kehidupan kota. Ya, di sana kita akan selalu bisa menjumpai taman-taman hijau dengan padang rumput manis plus pepohonan untuk berteduh. Sangat nyaman dan yang seperti ini jarang didapatkan.

Pantai di Australia [Image Source]
Pantai di Australia [Image Source]
Bosan dengan taman-taman hijau, kita bisa pilih alternatif yang lain. Ya, apalagi kalau bukan hiburan alam Australia yang edan itu. Negeri kangguru adalah salah satu negara dengan alam yang sangar dan beragam. Kita bisa menemui padang pasir sampai pantai-pantai ala kepulauan tropis di sini. Indonesia alamnya memang jemawa, tapi Australia juga tidak jelek pula.

Jujur saja, di banyak hal Australia menang telak dari Indonesia. Terutama soal standar salary yang tinggi atau soal mudahnya mendapatkan fasilitas. Maka kesimpulannya, memang benar jika tinggal di sana bisa lebih menyenangkan. Tapi, hidup adalah pilihan, semuanya dikembalikan lagi kepada tiap-tiap orang.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA