5 Fakta Hebat Tentang Persia, Bangsa Kuno Paling Jumawa di Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 16, 2016

Ketika membahas tentang bangsa-bangsa kuno paling berjaya, nama Persia jarang disinggung. Padahal, kalau dilihat dari kiprahnya, Persia adalah bangsa besar dengan wilayah kekuasaan yang tidak kecil. Pada masa kejayaannya, bangsa ini mampu menaklukkan sebagian besar Asia bahkan sampai Afrika.

Tak hanya tentang luasnya kekuasaan, di masa keemasan Persia banyak hal hebat yang diciptakan dan beberapa menjadi yang pertama di dunia. Sayangnya, semua kemajuan dan kejayaan tersebut pada akhirnya pelan-pelan berhasil diruntuhkan oleh banyak bangsa. Mulai dari invasi Aleksander Agung sampai ditaklukkan oleh kekaisaran Islam.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Meskipun kiprahnya mendunia tidak lama, namun banyak hal yang ditinggalkan oleh Persia bagi kita. Berikut adalah kehebatan Persia yang akan membuatmu kagum.

1. Persia Adalah Bangsa Pertama Pengagas HAM

Bangsa kuno biasanya dikenal dengan sistem kemasyarakatannya yang masih primitif. Perbudakan, sikap penguasa yang mutlak, sampai eksistensi strata yang membedakan kasta-kasta manusia. Membicarakan HAM di masa lalu terkesan seperti bualan yang tidak mungkin terjadi. Meskipun mayoritas bangsa kuno seperti itu, namun sudah lama Persia mengenal HAM.

Cyrus Cylinder [Image Source]
Cyrus Cylinder [Image Source]
Sistem yang mengatur hak asasi ini tertuang pada sebuah benda peninggalan mereka bernama Cyrus Cylinder. Di dalamnya terdapat aturan tentang persamaan bagi semua ras, kebebasan soal menganut agama dan menggunakan bahasa, serta memberi kesempatan kepada budak dan orang asing untuk kembali ke kampung halaman mereka. Sebuah hal yang sangat keren tentu saja. Boleh jadi pula kalau inilah asal muasal HAM di masa depan.

2. Bangsa Pertama Penemu Kincir Angin

Dari banyaknya penemuan yang sudah diciptakan,  kincir angin adalah temuan yang bisa dibilang sangat fundamental. Alasannya, sudah tentu karena fungsinya yang sangat beragam. Bahkan sekarang, energi listrik tak terbatas bisa diciptakan dari alat ini. Faktanya, kincir angin pertama kali ditemukan oleh bangsa Persia.

Kincir angin Persia [Image Source]
Kincir angin Persia [Image Source]
Orang-orang Persia dianggap yang pertama kali mendesain bentuk kincir angin vertikal seperti sekarang. Lalu entah bagaimana ceritanya hingga desain ini akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Sama seperti orang kebanyakan, penduduk Persia menggunakan kincir angin mereka untuk menggiling hasil pertanian sampai memompa air.

3. Persia Jadi Bangsa Pertama yang Membangun Jalan Terpanjang

Persia dikatakan dalam banyak literatur adalah bangsa pertama yang membangun jalan raya terpanjang. Tercatat, jalan ini dibangun mulai dari Sardis yang ada di Turki, sampai ke Susa di Iran. Jaraknya sendiri mencapai sekitar 2699 kilometer. Penggagasnya adalah Darius I, raja Persia yang membawa bangsa ini menuju puncak kejayaannya.

Peta jalan raya panjang Persia [Image Source]
Peta jalan raya panjang Persia [Image Source]
Pembangunan jalan ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk pamer dan menunjukkan kedigjayaan, melainkan agar raja mudah mengontrol wilayahnya yang sedemikian luas itu. Dalam praktiknya, jalan ini digunakan pula oleh para pedagang sehingga eksistensinya makin membuat Persia makmur secara ekonomi.

4. Persia Mengawali Era Mata-Mata

Salah satu hal hebat yang dilakukan Persia dan kemudian ditiru oleh bangsa-bangsa dunia hingga sekarang adalah menciptakan agen mata-mata. Ya, sejak dulu Persia ternyata sudah menggunakan mata-mata untuk menjaga stabilitas negara. Mereka tidak punya sebutan, namun sering disebut Mata dan Telinga Raja.

Mata-mata raja [Image Source]
Mata-mata raja [Image Source]
Persia memiliki daerah yang begitu luas, kemudian raja membaginya menjadi 20 bagian yang masing-masing dikepalai oleh seorang gubernur. Tugas gubernur ini salah satunya adalah membayar upeti kepada raja. Nah, di sinilah para agen mata-mata tersebut dipekerjakan. Mereka diam-diam mengawasi perputaran uang di tangan gubernur, lalu menyelidiki apakah pajak yang diberikan sudah sesuai atau dikurang-kurangi.

5. Persia Memengaruhi  Perkembangan Bahasa Inggris

Percaya atau tidak hampir sebagian besar kosa kata bahasa Inggris yang kita lafalkan asalnya adalah dari Persia. Misalnya, Dokhtar dalam bahasa Persia yang kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi Daughter, Hashasheen menjadi Assassin, Balakhana menjadi Balcony, bahkan Shah Mat diserap menjadi Checkmate.

Bahasa Persia [Image Source]
Bahasa Persia [Image Source]
Ada banyak sekali kata-kata Persia yang diserap ke English, jumlahnya sendiri diperkirakan ada ratusan lebih. Hal ini jadi bukti kalau bangsa ini memang jadi salah satu yang paling maju di masanya. Bahkan jika ditelusuri lebih detail, banyak bahasa di dunia yang induknya adalah bahasa Persia ini.

Inilah Persia, bangsa besar yang pengaruhnya mendunia. Bahkan apa yang sudah mereka ciptakan berguna sampai sekarang. Sayangnya, cerita kehebatan mereka terhenti ketika bangsa-bangsa di dunia bergantian menginvasi Persia yang pernah jumawa ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA