5 Fakta Hebat Navy SEAL, Tentara Elit Amerika yang Super Duper Gahar

oleh Rizal
14:00 PM on Feb 25, 2016

Seburuk apa pun Amerika di mata dunia, sejelek apa pun kata-kata yang terlontar untuknya, hal tersebut takkan pernah bisa menghapus fakta kalau AS adalah negara hebat. Ya, berkaca dari perjalanan sejarahnya, Amerika mungkin negaranya orang-orang Imigran, namun perlahan mereka mampu bangkit dari negara yang terpuruk menjadi bangsa yang hebat. Kini, Amerika hampir merajai semua sektor. Termasuk salah satunya adalah militer.

Ya, hingga hari ini Amerika adalah pemilik kekuatan militer nomor 1 di dunia. Mereka punya alutsista paling canggih dalam jumlah besar di darat, air dan udara. AS juga punya banyak sekali tentara aktif yang siap tempur, serta hal yang tak kalah penting adalah eksistensi pasukan elitnya yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Navy SEAL, adalah salah satunya.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Pasukan ini adalah yang terbaik di dunia, kiprahnya sendiri juga sudah tak diragukan lagi. Bahkan Teroris nomor 1 macam Osama bin Laden pun takluk dengan pasukan ini. Dan berikut adalah fakta-fakta hebat tentang pasukan elit paling oke milik AS ini.

1. Jumlah Member Navy SEAL Sangatlah Sedikit

Namanya saja juga pasukan elit, mereka adalah best of the best alias terbaik dari yang terbaik. Makanya, biasanya jumlah anggota pasukan elit pun sangat sedikit. Namun kalau dikomparasikan dengan tentara biasa, satu orang elit mungkin setara 10-20 orang. Jika mayoritas pasukan elit jumlahnya terbatas, maka aturan yang sama juga berlaku bagi Navy SEAL.

Navy SEAL [Image Source]
Navy SEAL [Image Source]
Menurut usmilitary.com, jumlah anggota Navy SEAL kurang dari satu persen dari jumlah satuan-satuan yang ada di sana. Termasuk sangat sedikit jika dibandingkan negara-negara lain. Tapi, bukan tanpa sebab kenapa Navy SEAL hanya dihuni sedikit orang. Seleksi yang ketat menjurus ke hal-hal tidak manusiawi membuat banyak kandidat menyerah dan gagal menyandang baret Navy SEAL yang membanggakan.

2. Navy SEAL Bukan Hanya Tentang Menjaga Kedaulatan Laut

Navy jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah angkatan laut. Gara-gara nama ini banyak orang berasumsi kalau Navy SEAL adalah pasukan elit angkatan laut yang secara tidak langsung merujuk kepada kualifikasi mereka. Ya, mereka dianggap hanya cakap di ranah kelautan saja. Padahal kenyataannya tentu tidak.

Latihan Navy SEAL [Image Source]
Latihan Navy SEAL [Image Source]
Navy SEAL diketahui sangat handal di tiga tempat atau kalau merujuk istilah TNI adalah Tri Yuda Sakti, yakni darat, laut, dan udara. Hal ini juga tersirat dalam nama SEAL yang artinya Sea, Air, Land. Tak hanya ini, secara spesifik Navy SEAL juga handal di tempat-tempat khusus mulai dari hutan belantara sampai padang pasir.

3. Syarat Menjadi Anggota Navy SEAL Seakan Mustahil Dipenuhi

Selalu, ketika seseorang ingin menjadi yang terbaik, mereka harus lebih dulu melewati ujian berat. Hal yang sama juga harus dilakukan ketika ingin menjadi seorang SEAL. Kandidat Navy SEAL akan diuji dengan tes-tes fisik super gila yang sudah tidak rasional lagi penderitaannya.

Seleksi Navy SEAL [Image Source]
Seleksi Navy SEAL [Image Source]
Latihan seleksi akan terbagi menjadi banyak tahap. Mulai dari basic sampai advance. Jenis latihannya sendiri ada bermacam-macam. Mulai dari sit up dan push up dengan jumlah yang tak kira-kira setiap waktunya, sampai aksi menyelam ekstrem yang bikin banyak kandidat menyerah.  Gilanya lagi, meskipun pada akhirnya sudah melewati banyak ujian, belum tentu serta merta lolos dan menjadi seorang Navy SEAL. Ya, hanya yang terbaik dari orang-orang paling hebat yang bisa menjadi anggota pasukan istimewa ini.

4. Chris Kyle Adalah Seorang Navy Seal

Meskipun tidak menang Oscar sebagai best movie of the year, tapi kamu pasti sepakat kalau film Hollywood berjudul American Sniper adalah karya yang sangat keren. Film ini bercerita kisah nyata seorang sniper yang sangat gila prestasinya dan bisa dibilang salah satu penembak jitu paling sangar di dunia. Faktanya, Kyle adalah seorang anggota Navy SEAL.

Chris Kyle [Image Source]
Chris Kyle [Image Source]
Kyle adalah sniper paling jumawa di era kekinian. Tercatat, jumlah korban resminya berjumlah sekitar 160 orang. Soal penghargaan, Kyle menerima banyak sekali hal-hal tersebut. Mulai dari medali-medali sampai penghargaan pribadi lainnya. Sayangnya, sang sniper andalan Navy SEAL ini mati ditembak oleh seorang pria bernama Eddie Ray Routh.

5. Navy SEAL Berhasil Membunuh Teroris Paling Dicari di Dunia

Semua orang tahu siapa Osama Bin Laden, pria ini dianggap sebagai sosok yang bertanggung jawab atas banyaknya kejadian menghebohkan di dunia. Termasuk salah satunya adalah tragedi gedung WTC 15 tahun lalu. Atas semua yang dilakukannya, praktis membuat Osama menjadi orang paling dicari.

Osama bin Laden [Image Source]
Osama bin Laden [Image Source]
Namun, seperti yang mungkin pernah kamu baca atau dengar, Osama adalah orang yang sangat-sangat susah untuk dilacak. Ia bisa bersembunyi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, akhirnya di tahun 2011 lalu ia berhasil ditemukan kemudian langsung ditembak. Nah, pasukan yang berhasil melakukan tugas super susah ini adalah Navy SEAL.

Inilah kehebatan Navy SEALS, pasukan elit yang bisa dibilang paling sangar sedunia. Mereka mematikan, taktis, dan luar biasa. Nah, kabarnya, salah satu pasukan elit Indonesia konon bisa menyamai Navy SEAL soal kualitas. Ya, mereka adalah Denjaka yang juga terkenal dengan keahlian yang mematikan itu. Kabarnya Denjaka sering mendapatkan undangan untuk berlatih bersama Navy SEAL.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA