5 Fakta Hebat Tentang Thomas Alfa Edison, Si Penemu Ulung Paling Berjasa di Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 12, 2016

“Kegagalan kadang tak selalu berakhir dengan depresi dan putus asa. Ketika bisa memaknai kegagalan dengan sikap yang berbeda, satu persatu kegagalan yang dilalui pasti memberikan sesuatu. Nah, dari sini kemudian dimulailah proses pertumbuhan keberhasilan.” Entah kenapa begitu membaca kalimat motivasi tadi, rasanya teringat sosok hebat. Ya, kisah tentang memaknai kegagalan ini sangat dikenal sebagai bagian dari kisah hidup seorang Thomas Alfa Edison.

Edison mungkin seorang penemu paling hebat sepanjang sejarah. Namun, ia bukan menciptakannya dengan tanpa melakukan sesuatu yang gila. Bahkan untuk menemukan bohlam saja ia butuh puluhan kegagalan. Edison adalah bukti nyata jika usaha keras takkan pernah membohongi hasilnya.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Tak hanya tentang perjuangan dan kegagalan, banyak hal penting yang bisa kita ambil dari sosok satu ini. Berikut, adalah fakta-fakta tentang Edison yang mungkin bisa kita ambil sebagai pelajaran hidup.

1. Masa Kecil Edison Suram

Kebanyakan orang hebat selalu punya masa kecil yang suram. Ternyata Edison pun mengalami hal yang sama. Di umurnya yang baru 7 tahun, ia sudah sakit-sakitan dan keluarganya juga harus berpindah-pindah tempat tinggal. Alhasil, pendidikan Edison kecil agak terlantar. Lalu ketika sudah masuk bangku sekolah, Edison juga mengalami perlakuan yang buruk. Terutama dari sang guru yang menganggapnya murid bodoh dan juga bengal.

Edison muda [Image Source]
Edison muda [Image Source]
Edison pun ditarik keluar dari sekolah oleh sang ibu dan kemudian belajar dengan cara home schooling. Keputusan sang ibu rupanya tepat. Kebengalan Edison yang sebenarnya adalah perwujudan dari rasa penasarannya itu, disambut antusias oleh guru home schooling-nya. Hasilnya, di umur 10 tahun ia sudah punya lab percobaan sendiri dan mulai melakukan serangkaian eksperimen. Kita di umur yang sama mungkin masih main kelereng atau mulai naksir gadis.

2. Edison Mengidap Pendengaran Lemah, tapi Ia Menyukainya

Edison dikatakan mulai lemah pendengaran di umur yang masih sangat muda. Ada banyak versi yang mengatakan bagaimana ilmuwan satu ini bisa mengalaminya. Ada yang bilang faktor keturunan, ada juga yang mengatakan ini adalah akibat dari hasil eksperimennya. Apa pun itu, yang jelas Edison justru bersyukur dengan keadaan ini.

Edison mengalami masalah pendengaran [Image Source]
Edison mengalami masalah pendengaran [Image Source]
Alasan kenapa ia suka dengan pendengarannya yang lemah adalah agar ia bisa makin konsentrasi dengan eksperimennya. Menurut Edison, hening akan membuatnya bisa melakukan banyak hal hebat. Hasilnya ya seperti yang bisa kita lihat sekarang. Deretan penemuan penting yang fundamental. Seandainya Edison tidak mengalami kekurangan ini, boleh jadi tak banyak penemuan gila yang berhasil diciptakannya.

3. Edison Pernah Menyelamatkan Nyawa Seorang Bocah

Mungkin selama ini kita menganggap Edison adalah sosok yang anti sosial dengan menghabiskan hari-harinya di lab. Nyatanya tidak demikian, Edison ternyata sosok yang punya kepribadian sosial yang bagus dan begitu peduli terhadap semua orang. Salah satu buktinya adalah bagaimana Edison menyelamatkan bocah 3 tahun dari kematian.

Edison menyelematkan bocah dari kereta [Image Source]
Edison menyelematkan bocah dari kereta [Image Source]
Jimmie MacKenzie, bocah kecil ini pernah diselamatkan Edison dari hantaman kereta api. Atas jasanya itu, sang ilmuwan mendapatkan jasa berupa pelajaran penting tentang cara mengoperasikan telegraph oleh ayah MacKenzie. Ilmu ini pun akhirnya memengaruhi inovasi-inovasi Edison selanjutnya.

4. Cuma Edison yang Melamar Istrinya Pakai Sandi Morse

Seperti pria pada umumnya, Edison juga pernah jatuh cinta. Bahkan ia punya dua orang istri. Bukan poligami, istri pertamanya bernama Mary meninggal lalu kemudian Edison menikahi gadis manis bernama Mina Miller. Uniknya, untuk istri kedua ini Edison melakukan hal unik yang mungkin hanya dialami Miller Seorang.

Mina Miller [Image Source]
Mina Miller [Image Source]
Edison menceritakan kalau proses melamar Miller untuk diajak nikah sangat unik. Ia menggunakan morse yang disusun berupa titik dan garis lurus itu. Tapi, sebelum mengajukan lamaran menikah, Edison mengajari Miller terlebih dahulu. Hingga pada suatu ketika Edison mengirimkan untaian kata indah yang isinya undangan nikah lewat morse. Miller pun hanya bisa tersenyum sambil membalas -.– . … yang artinya adalah aku mau.

5. Edison Punya Tato Misterius yang Belum Terpecahkan Artinya

Edison mungkin dianggap seorang nerd yang menghabiskan waktunya di lab. Namun, siapa sangka ia juga punya sisi nakal. Salah satunya dengan memiliki sebuah tato unik yang ada di lengan kirinya. Uniknya, tato ini bergambar sebuah simbol misterius yang mungkin hanya Edison dan Tuhan yang tahu. Gambarnya bukan sesuatu yang heboh kok, hanya 5 buah titik.

Mesin tato Edison [Image Source]
Mesin tato Edison [Image Source]
Fakta unik lainnya, mesin tato yang digunakannya ini tercatat sebagai yang pertama di dunia. Kemudian dari penemuan ini dilanjutkan oleh Samuel O’Reilly untuk membuat mesin tato yang lebih kompleks.

Edison, sosok satu ini ternyata menyimpan banyak rahasia unik. Ia bukan melulu ilmuwan yang bergelut dengan eksperimen saja, melainkan pria biasa dengan segudang kejutan. Mulai dari menyelamatkan bocah dari kematian, sampai melamar istri pakai sandi morse. Terlepas dari itu, kegigihannya untuk mendapatkan kesuksesan sangat layak untuk dijadikan teladan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA