8 Fakta yang Pasti Kamu Belum Tahu Tentang Harry Houdini, Pesulap dan Ilusionis Terhebat Sepanjang Masa

Houdini adalah “Einstein-nya” Dunia Sulap.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
11:00 AM on Jun 8, 2017

Berbicara soal sesosok pesulap, tak afdol rasanya jika melewatkan nama termahsyur yang satu ini. Harry Houdini. Pria ini lahir di Budapest, Hungaria, pada tahun 1874 dan meninggal secara misterius pada tahun 1926. Selama kariernya, ia berhasil memukau para penonton dengan mempertunjukkan aksi spektakuler macam “Milk can Escape” atau “Chinese Water Torture Cell.”

Tak ada yang berani menampik dan menyangkal bahwa Houdini adalah salah satu pesulap hebat di abad ke-20. Sehebat apa? Kamu bisa menganalogikan Houdini sebagai “Einstein-nya” dunia sulap. Ngomong-ngomong, sejauh mana sih pemahaman dan pengetahuan kamu soal ilusionis hebat yang satu ini? Kalau kamu belum banyak tahu, kami akan paparkan delapan fakta menariknya di sini.

Baca Juga
Meski Anaknya Seorang Polisi, Kakek Ini Memilih Tetap Bekerja Gotong 5 Bale untuk Dijual Setiap Hari
Mengenang Bastian Tito, ‘Dalang’ di Balik Wiro Sableng yang Melegenda

1. Harry Houdini bukan nama asli

Harry Houdini. [Image Source].
Layaknya seniman pada umumnya, ia menggunakan nama panggung untuk meningkatkan daya jual ke hadapan publik. Harry Houdini bernama asli Ehrich Weiss. Nama Harry mungkin sedikit terinspirasi dari nama depannya yang asli. Namun, ada juga yang berspekulasi bahwa itu adalah sebentuk tribut terhadap pesulap kesohor, Harry Kellar. Sedangkan, nama Houdini jelas merupakan tribut terhadap ilusionis Perancis, Jean Eugene Robert Houdin.

2. Lahir dari keluarga pesulap

Harry Houdini. [Image Source].
Meniti karier sebagai pesulap bukanlah hal mudah. Meniti karier sebagai pesulap yang lahir di lingkungan pesulap? Itu mungkin dapat sedikit mempermudah. Ia punya saudara sesama pesulap, Theo namanya. Pernah suatu ketika Houdini mempertontonkan aksi solo yang rutin dibawakan oleh adiknya, aksi tersebut bernama “Hardeen.” Usai kematian sang kakak, Theo kemudian mewarisi seluruh peralatan sang ilusionis ternama.

3. Rajanya borgol tangan

Harry Houdini. [Image Source].
Houdini nyaris pernah mau berhenti dari dunia yang melambungkan namanya ini. Namun, ia urungkan dan memutuskan untuk mendirikan sekolah pesulap. Barulah, setelah berusaha sekian lama, ia akhirnya mulai dikenal secara luas pada tahun 1899 dalam aksinya lewat tur yang diadakan di beberapa wilayah Amrik dan Eropa. Kemampuannya untuk melepaskan diri dalam jeratan borgol, banyak membuat orang terkesima. Dari situlah ia kemudian dikenal sebagai “King of Handcuffs.”

4. Cinta mati terhadap Amerika

Harry Houdini. [Image Source].
Houdini dikenal sangat patriotik terhadap negeri Paman Sam. Sampai-sampai ia memalsukan identitasnya dengan mengatakan bahwa ia lahir di Wisconsin, Amrik. Padahal, ia sesungguhnya merupakan pria kelahiran Hungaria. Pada tahun 1917, ia bahkan secara sukarela mengajukan diri untuk ikut bergabung membela Amrik pada Perang Dunia I, namun ditolah karena faktor usia. Dan bukti paling sahih, ketika ia melancarkan atraksi bernama “money for nothing” di mana ia seolah mampu menghasilkan kepingan uang koin tak terbatas untuk diberikan kepada prajurit AS. Padahal, itu memang uangnya, dan jumlahnya mencapai USD 7.000, jumlah yang sangat banyak saat itu.

5. Monster laut

Harry Houdini. [Image Source].
Salah satu aksi paling brutalnya terjadi pada September 1911. Saat itu Houdini berhasil melarikan diri dari perut “Monster Laut” seberat 680 kg. Sesosok hewan besar dengan bentuk yang janggal ditemukan di pelabuhan. Entah hewan macam apa itu, ada yang bilang itu paus, ada pula yang mengatakan itu sejenis kura-kura raksasa. Kakinya dikekang dan tubuhnya dimasukkan ke dalam bangkai, lalu kemudian ditenggelamkan sembari disaksikan ribuan orang. Sekitar 15 menit kemudian, Houdini berhasil muncul ke permukaan dan disambut tepuk riuh para penontonnya.

6. Pesulap yang menentang hal mistis

Harry Houdini. [Image Source].
Kendati ia adalah seorang pesulap dan ilusionis, namun Houdini kerap menentang segala hal yang berbau supernatural. Fakta yang unik. Pada tahun 1920, Houdini mulai membongkar segala sihir, untuk membongkar segala bualan dari para dukun spiritualis atau cenayang yang mengaku punya kekuatan gaib. Pada 1926, ia bahkan bersaksi di hadapan kongres untuk mendukung undang-undang yang melarang praktik gaib semacam itu.

7. Rumor kematian

Harry Houdini. [Image Source].
Ada selentingan yang mengatakan bahwa Houdini tewas ditinju seorang mahasiswa. Kejadian ini bermula di sebuah ruang ganti pakaian, ketika seorang mahsiswa mendekatinya dan menanyakan apakah pesulap punya kekuatan fisik dahsyat. Houdini mengangguk, dan mahasiswa tersebut, tanpa aba-aba, langsung meninju Houdini dengan keras di bagian perut. Hal ini diduga menyebabkan radang usus buntu yang kemudian dianggap sebagai penyebab kematiannya. Hanya saja, layaknya manusia terkenal lainnya, rumor ini masih simpang siur hingga sekarang.

8. Aksi Demian Aditya dinilai mirip dengan aksi Houdini

Harry Houdini. [Image Source].
Usai performa mengesankan Demian, ilusionis kenamaan tanah air, di acara AGT silam, banyak yang mengatakan bahwa aksinya tersebut mirip dengan sang maestro pelarian diri, Harry Houdini, di mana Demi membelenggu dirinya sendiri dalam sebuah ruangan sempit dan disaksikan oleh jutaan pasang mata sembari berusaha melepaskan diri dan menghindari maut yang sewaktu-waktu bisa menghampirinya.

Itulah sederet fakta unik Harry Houdini, pesulap, ilusionis, escapologist, terhebat sepanjang masa. Saking hebatnya kepiawaian si Houdini, namanya sampai tercantum di dalam sejumlah kamus sebagai sinonim atau persamaan arti kata untuk menjelaskan sebuah trik pelarian yang cerdas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA