5 Fakta Gila NASA, Badan Antariksa AS yang Berjasa Besar Bagi Umat Manusia

oleh Rizal
08:00 AM on Jun 3, 2016

Betapa pun bencinya orang-orang terhadap Amerika, mereka selayaknya tetap berterimakasih kepada negara Paman Sam. Pasalnya, diakui atau tidak, negara satu ini menyumbang banyak sekali kemajuan bagi dunia. Salah satunya di bidang astronomi lewat badan keantariksaan kebanggaan mereka bernama NASA.

Berdiri pada sejak tahun 1958, NASA sudah melakukan banyak pencapaian gila yang sebelumnya belum pernah dilakukan oleh badan keantariksaan lainnya. Mulai dari mendaratkan manusia ke bulan sampai proyek prestisius Mars yang masih tengah disempurnakan hingga saat ini.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Masih tentang NASA, berikut adalah fakta-fakta sangar dari organisasi tersebut yang bakal bikin kamu makin terbelalak.

1. NASA Tengah Membangun Proyek Masa Depan yang GILA!

Meskipun sudah melakukan banyak pencapaian hebat, bukan berarti NASA berhenti berinovasi. Mereka adalah organisasi sains dan teknologi di mana perkembangan adalah hal yang wajib dilakukan. Saat ini mereka tengah bergelut dengan sebuah proyek super sangar bernama Warp Drive.

Warp Drive NASA [Image Source]
Warp Drive NASA [Image Source]
Jadi, alat ini jika selesai nantinya akan mampu membawa manusia menjumpai Alpha Centauri yang jaraknya 4.367 tahun cahaya. Kalau dihitung secara biasa, butuh ratusan tahun untuk mencapai bintang tetangga matahari itu. Tapi, nantinya Warp Drive ini mampu membawa manusia ke sana hanya dalam dua minggu saja.

2. Koneksi Internet di NASA Benar-Benar Bikin Ngiler

NASA memang seperti sebuah tempat di mana hal-hal gila dijadikan satu. Tak hanya proyek-proyek dan alat-alat gila, hal sesimple internet ternyata juga tak karuan. Coba tebak, berapa kecepatan internet di sana? Tak usah takjub, NASA punya koneksi internet dengan kecepatan 91 gigabit per detik!

Internet di NASA [Image Source]
Internet di NASA [Image Source]
Tak ada satu tempat di bumi bagian mana pun yang kecepatan internetnya macam begini. Bayangkan dengan kecepatan itu apa yang bisa kita lakukan? Dowload file ratusan giga hanya perlu menunggu beberapa menit saja. Entah kenapa internet begitu cepat di sini, tapi kalau dilihat dari tujuannya itu jelas untuk membuat NASA agar bisa lebih baik.

3. Kerja di NASA Gaji Melimpah Ruah

Bisa masuk dan bekerja di NASA adalah hal yang sangat susah, bahkan bisa dibilang mustahil. Butuh melewati proses rekruitmen yang panjangnya tak karuan. Hal ini cukup masuk akal karena para karyawan akan menghadapi sesuatu yang besar. Ya, masa depan!

Bekerja di NASA [Image Source]
Bekerja di NASA [Image Source]
Tak hanya masuknya yang susah, kerjanya pun rumit luar biasa. Makanya, hanya para expert alias ahli saja yang diterima. Tapi, yang namanya usaha takkan membohongi hasil. Termasuk salah satunya adalah gaji yang melimpah ruah. Tak pernah dijelaskan berapa banyak uang yang diterima para pegawai NASA, tapi yang jelas hal tersebut bisa membuat para karyawan hidup tenang sampai tua.

4. NASA Menggaji Tukang Tidur Dengan Sangat Mahal

Memang benar kalau hanya ahli saja yang bisa masuk di NASA, tapi bukan berarti tak ada kesempatan sama sekali bagi orang-orang biasa. Ya, konon NASA membuka lowongan kerja yang mungkin akan menarik bagi setiap orang, khususnya para tukang tidur.

Tidur dibayar ratusan juta rupiah [Image Source]
Tidur dibayar ratusan juta rupiah [Image Source]
Ya, NASA merekrut orang-orang untuk tidur selama hampir 24 jam penuh. Tujuannya adalah untuk diteliti bagaimana dampak gravitasi 0 kepada tubuh manusia. Nah, meskipun cuma tidur, tapi NASA bakal membayarkan gaji yang super duper mahal. Sekitar $15 ribu atau Rp 204 juta. Tidur saja bisa jadi jutawan!

5. Pekerjaan Nyleneh Lain di NASA

Tak hanya membayar tukang tidur, di NASA juga ada satu pekerjaan nyleneh lain. Punya daya penciuman yang tajam? Sini, NASA benar-benar membutuhkanmu!

Bekerja sebagai ahli penciuman di NASA [Image Source]
Bekerja sebagai ahli penciuman di NASA [Image Source]
NASA memang sangat butuh orang yang punya daya cium tinggi dan bisa membedakan benda apa pun hanya dari penciuman saja. Tujuan direkrutnya orang-orang ini adalah agar bisa memastikan tak ada bau-bau aneh di ISS atau pun pesawat antariksa lain. Yang satu ini konon bayarannya juga lumayan tinggi.

6. NASA Tak Selamanya Seketat itu

Memang segalanya serba teratur dan terorganisir ketat di NASA. Meskipun begitu bukan berarti tak ada celah untuk melakukan hal-hal curang. Bukti paling nyatanya adalah apa yang dilakukan oleh Neil Amstrong, pria pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

Neil Amstrong [Image Source]
Neil Amstrong [Image Source]
Jadi ceritanya, surat lamaran Neil telat seminggu dari tenggat waktu yang diberikan NASA. Tapi, kemudian ia menghubungi orang dalam yang dengan liciknya menyelipkan berkas lamaran Neil ke antrian. Ajaib, gara-gara ini Neil pun diterima dan pada akhirnya dikenal sepanjang masa. Di NASA hal-hal seperti ini ternyata bisa terjadi, ya?

Inilah NASA, badan antariksa terbaik dunia yang kiprahnya benar-benar membuat dunia berubah drastis. Ngomong-ngomong, kapan ya LAPAN bisa begitu? Indonesia sebenarnya sangat mampu kok, ada begitu banyak ilmuwan sangar asli Nusantara meskipun beberapa tak pernah diapresiasi oleh negara.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA