in

4 Fakta Gempa Dahsyat di Mexico yang Berpotensi Mendatangkan Gulungan Tsunami

Tidak ada yang menyangka, gempa skala luar biasa baru saja mengguncang Mexico. Hingga kini, masih belum bisa dipastikan berapa jumlah korban yang berjatuhan dari gempa yang satu ini. Namun demikian, kini keadaan kota jadi kacau balau, semua listrik mati dan banyak bangunan yang hancur jadi puing-puing. Yang jelas, Mexico sedang berduka saat ini.

Ternyata kekacauan akibat gempa tidak sampai di situ saja. Pasalnya ternyata gempa yang satu ini bakal membawa bencana yang lebih besar. Mulai dari tsunami hingga beberapa negara lain yang bakal juga merasakan imbas bencana tersebut. Lalu apa saja fakta mengenai gempa dahsyat yang satu ini? Simak ulasan berikut.

Gempa dengan magnitudo 8 mengguncang Mexico

Beberapa waktu yang lalu sempat heboh beberapa media internasional mengenai gempa dengan kekuatan 8,2 SR yang mengguncang beberapa daerah di Mexico. Ya, dengan skala sebesar itu, dipastikan sangat banyak kerugian baik nyawa ataupun materil.

korban gempa mexico [image source]
Hampir sebagian bangunan besar seperti rumah sakit, gedung pencakar langit hingga jembatan pun jadi tumbang karena gempa dadakan ini. Tidak ada sama sekali pertanda adanya gempa ini, akibatnya banyak warga yang jadi panik karenanya. Yang lebih mencengangkan, rupanya gempa ini akan mengakibatkan bencana susulan seperti tsunami dan lain-lain dalam waktu dekat.

Delapan negara yang ada di dekatnya akan terancam serangan Tsunami

Rupanya gempa yang terjadi di Mexico ini bukanlah hal yang biasa. Setelah diketahui guncangannya yang lumayan besar itu, dan dicari sumber gempa, diketahui kalau bakal ada serangan tsunami dalam hitungan tiga hari atau seminggu mendatang. Akibatnya, para korban yang baru saja selamat dari serangan gempa harus juga mempersiapkan diri atas serangan Tsunami yang akan menerjang dalam waktu dekat.

Ancaman Tsunami [image source]
Rupanya bukan hanya Mexico yang bakal menghadapi ancaman tsunami dalam waktu dekat, beberapa negara lainnya juga bakal diterjang ombak ganas ini. Ya, negara tersebut adalah Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nikaragua, Panama, Honduras, dan Ekuador. Kini mereka bersiap menyelamatkan diri dari ancaman yang akan datang.

Telah terjadi beberapa bencana beruntun

Dalam tahun ini, ternyata bukan pertama kalinya Mexico mengalami bencana luar biasa yang terjadi. Pasalnya sebelumnya sudah ada bencana yang tak kalah mengerikan dari gempa bumi dan tsunami yang sebentar lagi akan menerjang. Rupanya, Mexico beberapa bulan yang lalu harus berhadapan tiga badai serta sebuah tornado dahsyat yang menghadang negeri itu.

tornado ekor iblis [image source]
Ya, sudah sangat banyak kerugian baik korban jiwa atau materil akibat bencana tersebut. Dan yang paling mencengangkan adalah adanya tornado ekor iblis yang beberapa waktu lalu membuat heboh dunia karena bentuknya tak lazim. Dengan beberapa kejadian seperti itu, bisa dibilang kini Mexico sedang rawan akan bencana.

Ternyata gempa kali ini lebih besar dari gempa-gempa yang pernah terjadi

Gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu bisa dibilang rekor baru bagi Mexico. Pasalnya gempa serupa juga pernah terjadi pada tahun 1985 dengan rentang 8,1 SR yang mengakibatkan 10 ribu korban jiwa. Rupanya gempa saat ini pun juga tidak jauh rentangannya dari tahun 8o-an itu, yaitu sekitar 8 hingga 8,2 SR.

keadan mexico [image source]
Namun bedanya untuk gempa yang sekarang, bakal ada potensi besar datangnya tsunami yang melanda. Beruntung teknologi sudah sangat maju sehingga bisa dilakukan persiapan sebelum datangnya bencana.

Mungkin semenjak beberapa tahun, inilah gempa terbesar yang terjadi di Mexico. Apalagi mengingat bencana tsunami yang mungkin akan menyusul, tidak bisa dibayangkan kengeriannya. Kita berdoa semoga tidak terjadi hal buruk untuk saudara kita di Mexico sana.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Melihat dari Sudut Pandang Orang Myanmar, Inilah 4 Fakta Mengenai Rohingya Menurut Mereka

4 Keunggulan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat yang Khasiatnya Akan Membuatmu Takjub