Akan Direnovasi Karena Miring, Inilah 4 Fakta Mengenai Gedung DPR yang Bikin Mata Terbelalak

Apa pun hasilnya, semoga saja juga berdampak baik untuk rakyat

oleh Arief Dian
14:00 PM on Aug 15, 2017

Beberapa waktu yang lalu, berita mengenai renovasi kembali gedung DPR nusantara I berhasil menarik perhatian para netizen. Ya, rupanya usulan itu dilatarbelakangi karena bangunan tersebut mengalami kemiringan mencapai  7 derajat. Namun demikian, ada pro dan kontra mengenai usulan tersebut dan pastinya masing-masing memiliki alasan yang logis.

Terlepas dari usulan renovasi, rupanya ada beberapa keunikan yang ada pada gedung DPR yang berdiri itu. Mulai dari kemegahan yang luar biasa hingga arsitektur yang super unik. Bisa dibilang hanya gedung DPR satu-satunya bangunan yang seperti itu. Penasaran dengan keunikannya, simak ulasan berikut.

Baca Juga
5 Tipe Kelakuan Super Nyeleneh Emak-Emak Saat Naik Ojek Online, Dijamin Bikin Ngakak
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang

Gedung DPR miring dan butuh direnovasi

Salah satu berita yang heboh akhir-akhir ini adalah tentang kemiringan yang ada pada gedung DPR Nusantara I. Ya, rupanya kemiringan pada gedung tersebut sudah mencapai  7 derajat, sehingga perlu diperbaiki. Namun beberapa pihak menolak usulan tersebut karena karena beberapa hal. Salah satunya, kemiringan pada gedung DPR tidak mungkin sebesar itu atau dengan kata lain, salah hitung.

Kontroversi Kemiringan [image source]
Pasalnya, jika kita melihat menara Pisa, dengan bangunan semiring itu, sudut kemiringannya hanya sebesar 4 derajat. Oleh sebab itu beberapa partai politik mengusulkan untuk melakukan pengukuran ulang. Hal ini ditengarai dalam usulan yang sudah diajukan, anggota dewan meminta anggaran sebesar  Rp 5,7 T untuk renovasi nusantara I. Akan sayang kalau ternyata pengukuran kemiringannya salah. Widih, kalau dipikir-pikir, dengan uang sebanyak itu, kira-kira bisa dibuat beli kerupuk berapa biji ya?

Pesona megah banggar anggota dewan

Sedangkan di gedung nusantara II, terdapat sebuah banggar mewah sebagai tempat rapat para anggota dewan. Namun ternyata bangunan ini punya keistimewaan sendiri loh. Ya, semua barang yang ada di raungan banggar rupanya impor semua. Mulai dari kursi dari Jerman, lampu dari Belanda, TV dari Korea hingga karpet pun sengaja dibeli dari Amerika.

Banggar DPR [image source]
Dari data pengungkapan proyek pembangunan banggar tahun 2013 lalu, pemerintah rencananya mengucurkan dana sebesar Rp 20 M untuk membangun tempat tersebut. Namun atas perintah pimpinan DPR, dilakukanlah penghematan hingga memangkas anggaran sampai Rp 5 Miliar. Yang jelas dengan dana sebesar itu, bangunan DPR ini tidak akan kalah dengan hotel bintang lima, jadi pingin main ke sana ya.

Struktur bangunan gedung DPR yang sangat unik

Salah satu ikon bangunan populer di Jakarta selain monas ya gedung DPR ini. Ya, jika dilihat dari bentuknya, memang terlihat sangat unik. Bentuk atap yang seolah sayap, membuat bangunan ini sangat berbeda dengan gedung pemerintahan lainnya. Usut punya usut, bentuk unik dari atap gedung DPR ini sebenarnya merupakan ide dari seorang arsitek bernama Soejoedi dan Nurpontjo.

Gedung DPR [image source]
Ternyata dulu sebelum menemukan ide bangunan itu, mereka mengusulkan untuk bentuk kubah biasa seperti masjid. Namun ketika bangunan kubah itu dipotong dan dipisahkan, mereka malah menemukan bentuk yang unik. Dan saat itulah awal mula kelahiran desain dari gedung DPR yang sampai sekarang masih digunakan. Bisa dibilang kalau gedung DPR ini didesain secara kebetulan.

Pemandangan Indah saat rapat tahunan

Ada yang berbeda jika kita datang ke gedung DPR saat adanya rapat tahunan. Ya, di pintu, kursi, bahkan hingga lantai pun dihiasi oleh bunga-bunga indah. Ya, semua itu sengaja dilakukan untuk menyambut kedatangan para DPR, MPR dan DPD yang akan melakukan rapat bersama untuk membahas kebijkan di Indonesia setiap satu tahun sekali.

Hiasan gedung DPR [image source]
Namun bukan hanya itu, ternyata dekorasi serupa juga sering dilihat saat ada orang penting yang berkunjung ke gedung DPR, seperti Raja Salman beberapa bulan yang lalu atau tokoh penting lain di dunia.

Terlepas dari jadi atau tidaknya mengenai renovasi gedung DPR, kita selalu berharap yang terbaik. Namun demikian, mesti perlu dilakukan peninjauan yang mendetail, pasalnya ada uang rakyat dalam perenovasian gedung tersebut. Ketimbang nantinya salah hitung.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA