5 Fakta dan Rahasia Freemason ini Belum Banyak Diketahui Orang

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 17, 2016

Dunia ini memiliki banyak sekali organisasi rahasia yang memiliki peran masing-masing. Ada organisasi yang bekerja untuk memengaruhi banyak orang untuk berbuat buruk. Ada juga sebuah organisasi yang terobsesi untuk menguasai dunia. Beberapa organisasi terkenal yang saat ini masih memiliki misteri dan rahasia adalah Iluminati dan Freemason.

Kali ini kita akan mengulik lebih dalam tentang organisasi yang penuh misteri ini. Tak banyak orang yang tahu seperti apa sebenarnya Freemason itu. Apakah sama saja dengan Illuminati yang terobsesi menguasai dunia? Mari kita bahas satu persatu-satu.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Freemason Bukanlah Organisasi Rahasia

Banyak dari kita meyakini jika Freemason adalah sebuah organisasi rahasia yang terobsesi menguasai dunia. Parahnya kita juga menyamakannya dengan Illuminati. Organisasi ini sebenarnya tidak menutupi kegiatannya. Bahkan seorang Mason (sebutan pengikut Freemason) bisa memberitahukan identitasnya kepada orang lain.

Freemason organisasi bebas [image source]
Freemason organisasi bebas [image source]
Yang dirahasiakan oleh Mason bukanlah identitasnya tapi apa yang diperintahkan padanya. Setiap anggota dari kelompok ini biasanya mendapatkan tugas tertentu. Tugas ini akan membuat mereka lebih diakui. Bahkan kelak akan naik tingkat ke kasta yang lebih tinggi.

2. Freemason Memiliki Tempat Pertemuan Rahasia

Meski bukan sebuah organisasi rahasia, para Mason tetap sembunyi-sembunyi dalam melakukan pertemuan. Biasanya setiap lokasi tertentu memiliki sebuah tempat yang sering dinamai dengan Lodge. Tempat ini adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk ritual sederhana. Pada Mason akan berkumpul untuk berdiskusi masalah-masalah tertentu.

Buzz Aldrin [image source]
Buzz Aldrin [image source]
Salah satu Logde paling terkenal adalah yang terletak di Bulan. Seorang pria bernama Buzz Aldrin yang pernah ke Bulan mengatakan jika ia menancapkan bendera untuk menandai Lodge miliki para Mason dari Texas Amerika. Mungkin kelak para Mason dari Amerika akan melakukan pertemuan bersama-sama di bulan.

3. Freemason Punya Tingkatan Kasta Tertentu

Untuk menjadi anggota dari Freemason seseorang harus memiliki umur minimal 18 tahun. Pun mereka bisa masuk ke sini karena mendapatkan ajakan dari temannya. Jika tidak ada ajakan dari orang yang terlebih dahulu jadi anggota Freemason, ia tak akan bisa secara resmi menjadi anggota yang kelak akan naik ke tingkatan yang lebih tinggi.

Freemason penerimaan anggota [image source]
Freemason penerimaan anggota [image source]
Secara global, Freemason memiliki tiga tingkatan dalam organisasi mereka. Tingkatan paling bawah adalah Entered Appreantice yang biasanya hanya diberi tugas-tugas sederhana. Jika mereka mengabdi dengan sungguh-sungguh maka kasta akan dinaikkan menjadi Fellow Craft. Pada tingkatan ini seorang Mason akan mulai diajari banyak sekali hal tentang organisasinya. Mereka akan jadi generasi yang mengembangkan Freemason menjadi lebih baik dari hari ke hari. Terakhir ada Master Mason, pada tingkatan ini seorang Mason sudah melakukan hal-hal vital yang ada hubungannya dengan ritual-ritual.

4. Jumlah Mason yang Terus Meningkat Setiap Tahun

Jumlah Mason saat ini ada sekitar 6 juta orang. Jumlah itu sebagian besar menyebar di Amerika dan Eropa. Di Amerika, seorang Mason haruslah pria, wanita dilarang untuk masuk ke organisasi ini. Sementara itu di Eropa, wanita masih diperbolehkan masuk ke organisasi ini dengan syarat yang sangat ketat. Wanita dalam Freemason dianggap akan menyusahkan dalam mengatur visi dan misi.

Freemason Malaysia [image source]
Freemason Malaysia [image source]
Jumlah Mason kali ini terus meningkat karena organisasi ini sedang ini melakukan perluasan daerah sebaran. Organisasi ini dikabarkan telah sampai di Asia, mungkin di Indonesia orang-orang Freemason sudah ada dan memulai misi-misi mereka. Para Mason di seluruh dunia suka sekali membicarakan ilmu pengetahuan dan melarang membicarakan politik.

5. Seorang Mason Tidak Boleh Menjadi Ateis

Banyak orang beranggapan jika seorang Mason adalah mereka yang tidak memiliki Tuhan. Hanya menyembah sesuatu yang aneh dengan ritual yang tak masuk akal juga. Namun, salah satu syarat untuk menjadi anggota Freemason adalah mempercayai Tuhan. Apa pun Tuhan yang dipercaya atau berasal dari kepercayaan apa saja tidak menjadi masalah.

Jabat tangan Mason [image source]
Jabat tangan Mason [image source]
Seorang Mason juga memiliki banyak ritual yang unik. Salah satu ritual yang kerap dilakukan oleh seorang Mason adalah berjabat tangan. Mereka memiliki ritual jabat tangan yang unik hingga seorang Mason akan saling mengetahui tanpa harus berbicara. Ritual ini akan membuat Mason lebih aman dan tidak mengalami diskriminasi dari kelompok yang sangat anti dengan mereka.

Inilah lima fakta dan rahasia dari Freemason yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Kira-kira ada enggak ya organisasi ini di Indonesia? Jika ada ciri-cirinya seperti apa ya sobat Boombastis?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA