in

Fakta Tentang Dinar Kuwait, Mata Uang Termahal Dunia yang Bikin Rupiah Tak Ada Apa-Apanya

Dinar Kuwait Diperkenalkan Tahun 1960 untuk Menggantikan Rupee Gulf [Image Source]

Meskipun kini sudah terbiasa, tapi kadang bikin nyesek juga ya ketika tahu kalau Rupiah itu ternyata nilainya cukup rendah. Di masa lalu, tepatnya tahun 50an, Rupiah kita pernah mencapai Rp 7,6 per $ 1, namun kini naiknya sudah tak karuan lagi. Belakangan rupiah masih kuat di angka 14 ribuan per dolarnya. Hal ini pun menjadikan Rupiah sebagai salah satu mata uang terendah di dunia.

Melawan dolar Rupiah kita tak ada apa-apanya. Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan mata uang lainnya? Jawabannya sudah jelas. Rupiah kita tetap rendah kalau dibandingkan dengan mata uang dari negara-negara tenar. Termasuk salah satunya adalah Kuwait dengan Dinarnya. Melawan mata uang satu ini, lebih baik kita menyerah saja karena nilanya terpaut sangat jauh. Bagaimana tidak, 1 dinar Kuwait nilainya setara dengan puluhan ribu uang kita.

Memang, dinar Kuwait adalah mata uang termahal dunia yang nilai tukarnya luar biasa besar. Jangankan melawan Rupiah, dibandingkan dengan dolar atau pounsterling saja uang ini masih menang telak. Benar-benar sangar. Dan masih soal dinar Kuwait, berikut beberapa fakta tentangnya yang mungkin belum pernah kamu dengar.

1 KWD Setara dengan Rp 43.697

Kenyataan ini sungguh bikin syok. Bayangkan saja untuk 1 dinar Kuwait, nilainya setara dengan Rp 43.696,6933 (per 28 Januari 2017). Kasarnya, kalau punya uang 50 ribu rupiah, sesungguhnya kamu hanya memegang 1 dinar Kuwait saja. Nilai tukar dinar Kuwait ini jauh lebih besar daripada dinar Bahrain, real Oman, Lats Latvia, bahkan Poundsterling Inggris.

1 KWD Setara dengan 43.697 Rupiah [Image Source]
Tingginya nilai mata uang ini secara tidak langsung membawa kemakmuran di Kuwait. Kita bicara logis saja, seumpama mereka punya duit setidaknya sejuta dinar saja, maka itu sudah setara dengan Rp 43.697.000.000. Dan rata-rata orang sana minimal punya puluhan juta dinar. Edan bukan?

Dinar Kuwait Diperkenalkan Tahun 1960 untuk Menggantikan Rupee Gulf

Mata uang yang digunakan di Kuwait ini diperkenalkan tahun 1960 untuk menggantikan rupee Gulf. Rupee Gulf ini setara dengan rupee India. Awalnya nilai tukarnya sama dengan 1 poundsterling. Sempat dinar Irak menggantikan dinar Kuwait. Hal tersebut terjadi pada tahun 1990 ketika Iraq menjajah Kuwait. Saat itu banyak uang kertas dinar Kuwait yang dicuri oleh pasukan penjajah.

Dinar Kuwait Diperkenalkan Tahun 1960 untuk Menggantikan Rupee Gulf [Image Source]
Setelah merdeka, barulah Kuwait menggunakan kembali dinar Kuwait dan seri uang kertas yang baru dikeluarkan. Sementara seri uang kertas yang lama termasuk yang dicuri ditarik dari peredaran.

Mata Uang Dinar Kuwait Dibagi Menjadi 1.000 Fil

Mata uang tertinggi di dunia ini dibagi menjadi 1.000 fil. Pecahannya dari yang terbesar hingga yang terkecil meliputi 20 dinar, 10 dinar, 5 dinar, 1 dinar, 1/2 dinar, dan koin 100 fil, 50 fil, 20 fil, 20 fil, dan 5 fil. Wah dengan pecahan 20 dinar, kalau dirupiahkan bisa mencapai sekitar Rp 873.940. Punya selembar pecahan 20 dinar Kuwait, bisa digunakan untuk nraktir teman-teman satu geng, ya.

Mata Uang Dinar Kuwait Dibagi Menjadi 1.000 Fil [Image Source]
Nilai 1 dinar itu sama dengan 1.000 fil. Jadi kalau 1/2 dinar nilainya sama dengan 500 fil. Untuk koin 1 fil dan 2 fil sudah tak lagi dikeluarkan. Nilai koin 10 fil, 20 fil, 50 fil, dan 100 fil pertama kali dikeluarkan pada tahun 1961. Mata uang dinar Kuwait dikeluarkan oleh Bank Sentral Kuwait (berkedudukan di Kota Kuwait), yang didirikan pada tahun 1969 dan menggantikan Dewan Mata Uang Kuwait.

Sudah Ada 6 Seri Uang Kertas Dinar Kuwait yang Dikeluarkan

Dalam perjalanannya, sudah ada enam seri uang kertas Dinar Kuwait yang dikeluarkan. Seri pertama dikeluarkan tahun 1960. Kemudian seri kedua untuk pecahan 1/4 dinar, 1/2 dinar, dan 10 dinar dikeluarkan tanggal 17 November 1970. Seri ketiga dikeluarkan tanggal 20 Februari 1980, diikuti tanggal 24 Maret 1991 untuk seri keempat.

Sudah Ada 6 Seri Uang Kertas Dinar Kuwait yang Dikeluarkan [Image Source]
Di seri kelima yang dikeluarkan tanggal 3 April 1994, sudah dibuat dengan resolusi dengan keamanan berteknologi tinggi. Seri terbarunya (seri keenam) yang diedarkan tanggal 29 Juni 2014, sebagian uang pecahannya memiliki tekstur khusus yang memudahkan para tuna netra untuk mengenali pecahan uang tersebut.

Terlepas dari sentimen soal Arab yang belakangan mencuat, Indonesia nampaknya harus berguru kepada Kuwait. Ya, kita harus cari tahu bagaimana cara mereka membuat mata uangnya sedemikian tinggi. Seumpama alasannya karena sumber daya alam, maka jelas Indonesia yang super kaya ini tentu juga bisa.

Written by Endah Boom

Leave a Reply

Ini Lho Alasan Kenapa Cowok Mantan Anak Kos Adalah Suami Idaman

5 Pahlawan Nasional yang Makamnya Masih Jadi Misteri Sampai Sekarang