David Karp, CEO Tumblr Sukses di Usia Muda Tapi Drop Out Saat SMA

oleh Endah Boom
16:34 PM on Feb 20, 2016

Saat ini sedang ramai kabar diblokirnnya Tumblr oleh Kemenkominfo. Pasalnya platform mikroblog dan situs jejaring sosial ini dituding menyebarkan pornografi. Hal ini pun menimbulkan pro kontra sendiri. Apalagi bagi para pengguna setia Tumblr yang telah menggunakan media ini untuk berkarya dan menghasilkan berbagai konten bermanfaat. Pemblokiran Tumblr seperti makin membatasi kreativitas mereka di dunia maya. Ya, semoga saja segera ada titik terang dan solusi yang lebih baik untuk masalah ini.

Ngomong-ngomong soal Tumblr, sudah tahukah siapa penciptanya? Namanya David Karp. Dan ternyata dia masih muda lho. Pria yang lahir pada 6 Juli 1986 ini sudah memiliki kekayaan bersih mencapai lebih dari 200 juta dolar. Sungguh angka yang sangat fantastis! Saat ini ia menjabat sebagai CEO Tumblr setelah Tumblr dibeli Yahoo seharga 1,1 miliar dolar. Ada banyak fakta menarik tentang David Karp ini, termasuk fakta bahwa ia dulu dropped out saat SMA. Seperti apa kisah lengkapnya? Langsung saja ikuti detail infonya di sini.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Awal Karier David Karp

Pria yang lahir dan besar di New York ini membangun kariernya sebagai seorang karyawan magang di perusahaan animasi milik Fred Seibert, Frederator Studios. Setelah itu ia bekerja di forum rumah tangga UrbanBaby sebelum akhirnya forum tersebut dibeli CNET tahun 2006. Kemudian ia mendirikan Davidville, perusahaan konsultasi perangkat lunaknya sendiri. Saat itulah ia kemudian bertemu dengan Marco Arment, seorang teknisi komputer yang mengerjakan sejumlah proyek pesanan klien.

Awal karier David Karp [image source]
Awal karier David Karp [image source]
Tahun 2006, David dan Marco mulai menciptakan sebuah situs web mikroblog. Lalu, bulan Februari 2007 situs web mikroblog yang diberi nama Tumblr itu pun lahir. Di usianya yang baru 21 tahun, David sudah berhasil membuat gebrakan baru. Bahkan ia berhasil membuat investasi pertamanya sejumlah 750 ribu dolar di Tumblr. Jumlah penggunanya pun terus bertambah dan makin populer. Pada 19 Mei 2013 saja, sudah ada 108 juta pengguna di Tumblr.

2. Drop Out Saat SMA

Kalau Mark Zuckerberg dan Bill Gates dropped out di bangku kuliah, Karp malah dropped out di bangku sekolah. Di usianya yang baru 15 tahun, David telah menguasai HTML dan memutuskan untuk keluar dari SMA, serta memilih homeschooling. Dia pun mendapatkan penghasilan dari jasa membuat halaman web untuk bisnis-bisnis lokal. Orang tua David sendiri memberi cukup support padanya. Bahkan orang tuanya mau memasukkan David ke sekolah musik kalau ia ingin jadi seorang musisi. Atau akan mengirimnya ke Boston untuk melihat kompetisi robot MIT kalau ia ingin membuat robot.

David dropped out dari bangku SMA [image source]
David dropped out dari bangku SMA [image source]
Sementara itu, David juga mengaku kalau alasannya keluar dari bangku SMA adalah karena ia menemukan minatnya yang besar pada dunia internet dan teknologi informasi. “Dan itulah alasanku keluar dari sekolah. Bukan karena kesal, bukan karena saya bosan, bukan karena teman-teman saya yang bodoh. Sebenarnya saya cukup menikmati sekolah,” ungkap David seperti yang dikutip Business Insider. Meski David berharap bisa bersekolah di MIT atau kampus di New York, dia tak pernah kembali ke bangku SMA.

3. Meski David Sendiri Drop Out, Ia Tak Menyarankan Anak Muda Lain Mengikuti Jejaknya

Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, David mengatakan kalau ia tak menyarankan anak-anak muda untuk meninggalkan bangku SMA seperti yang ia lakukan. Sekalipun kini ia bisa membuktikan dirinya bisa sukses, tapi keluar atau berhenti sekolah bukanlah panutan.

David menyarankan anak muda lain tak ikuti jejaknya [image source]
David menyarankan anak muda lain tak ikuti jejaknya [image source]
David mengaku kalau keputusannya itu karena dilatarbelakangi oleh posisinya yang berbeda dari orang kebanyakan. Ia sudah tahu minat dan apa yang ingin ia lakukan. Hanya saja, pendidikan ilmu komputer di sekolah-sekolah New York City saat itu belum cukup bagus, jadi ia putuskan untuk keluar dari SMA.

4. Berbagai Fakta Menarik tentang Tumblr

Ada berbagai fakta dan info menarik tentang Tumblr. Dalam sebulan, Tumblr bisa mendapat 17 miliar pages views. Mayoritas pengguna Tumblr 36 persen di antaranya berusia 18-34 tahun. 40 persen pengguna mengunjungi Tumblr 1 hingga 30 kali per bulan.

Fakta dibalik Tumblr [image source]
Fakta dibalik Tumblr [image source]
Nama Tumblr diambil dari Tumbleblogs. Tumbleblogs sendiri mempunyai arti, yaitu bentuk pendek dari blogging atau mengarah ke dalam bentuk miniblog. Sudah ada sedikitnya 44,6 miliar blog posts di Tumblr saat ini.

5. Ada 3 Hal yang Bisa Dipelajari dari David Karp

Ada tiga hal yang bisa dipelajari dari perjalanan dan pengalaman David Karp membangun Tumblr. Pertama, temukan “editor idemu”. Kedua, jangan melakukan semuanya seorang diri. Dan yang ketiga adalah miliki tim yang solid.

3 pelajaran dari David Karp [image source]
3 pelajaran dari David Karp [image source]
Seorang pebisnis atau pengusaha biasanya akan memiliki banyak sekali ide dan gagasan di pikirannya. Hanya saja untuk bisa menemukan sebuah ide yang bisa segera dieksekusi, perlu banyak pertimbangan dan pemikiran. Dan di sinilah pentingnya keberadaan seorang “editor ide” atau seseorang yang bisa membantu mengoreksi atau meluruskan sebuah ide. David sendiri banyak sekali dibantu oleh Marco Arment, seorang lead developer untuk saling bertukar pikiran.

David punya banyak sekali potensi dan kemampuan. Hanya saja ia belum sepenuhnya mampu mengatur segala hal yang berbau bisnis. Meski Tumblr sudah populer dan disukai para penggunanya, perusahaan ini sempat kesulitan meraup keuntungan dan mengatur keuangan. Sementara itu, sebuah bisnis tak akan berjalan baik kalau tak disokong dengan tim yang solid dan kuat. David selalu berusaha memastikan para anggota tim dan karyawan punya antusiasme yang sama dan bekerja keras bersama.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA