Fakta Unik Tentang “Cinta” ala Vietnam Ini Dijamin Bikin Kamu Geleng Kepala

Kalau begini caranya, bakal doyan pergi ke Vietnam

oleh Arief Dian
11:00 AM on Jun 25, 2017

Mungkin jarang orang mengetahui, namun ternyata banyak hal yang unik di Vietnam. Negara yang beraliran komunis itu memang menyimpan banyak daya tarik tersendiri. Misalnya saja nama orang-orangnya yang ternyata 80% hampir sama semua atau tentang wanita-wanita di sana yang cantik luar biasa. Dan nggak hanya itu, mereka bahkan sangat ramah.

Tak cuma sampai situ, ada satu lagi fakta unik yang jarang orang tahu tentang Vietnam. Ya, hal tersebut adalah soal cinta di sana yang bisa dibilang unik dan beda dari yang lainnya. Entah itu cara mengungkapkan cinta sampai tradisi-tradisi unik yang berkenaan dengan itu. Penasaran mengetahui hal tersebut lebih dalam? Sepertinya kamu harus banget simak ulasan berikut ini.

Baca Juga
Kesh Angel, Geng Motor Perempuan Berhijab Ratu di Jalanan Maroko
Seperti Langit Dan Bumi, 10 Potret Kehidupan Korea Utara dan Korea Selatan Ini Berbeda Banget

Mustahil mendengar aku cinta kamu di Vietnam

Adalah hal yang cukup mudah untuk mengungkapkan cinta. Cukup bilang saya cinta kamu, maka seseorang pasti tahu. Namun, di Vietnam tidak semudah ini ternyata. Ada cara-cara unik tertentu yang dipakai orang sana untuk mengatakan cinta kepada sosok yang disukai..

Pasangan Vietnam [image source]
Jadi, lazimnya di sana orang-orang tidak mengenal kata aku dan kamu, yang ada malah penyebutan kakak dan adik. Oleh sebab itu jika mengatakan aku cinta kamu di Vietnam, yang ada terjemahannya adalah kakak suka dengan adik. Kalau ini agak aneh, ada sekitar 40 variasi ungkapan yang berbeda untuk menyatakan cinta. Sulit juga ya mau nembak di Vietnam ini.

Bulan Mei adalah masa cari jodoh

Seperti di Indonesia ternyata ada musim-musim khusus juga di negara Vietnam ini. Dan salah satu yang menarik adalah bulan cari pasangan atau kalau kita lebih akrab dengan sebutan musim kawin. Di bulan Mei, semua orang yang masih menyandang status single akan berbodong-bondong mencari pasangannya.

Bulan mei [image source]
Sebenarnya di bulan lain juga bisa saja sih cari pasangan, namun kalau dilakukan Mei, kesempatan mendapatkan jodoh bisa semakin mudah. Entah sejak kapan tradisi ini ada di negara itu, namun sampai saat ini ternyata hal tersebut masih berlangsung di sana.

Ada pula pasar jodoh buat jomblo akut

Sama kayak di Indonesia, Vietnam juga dihuni para jomblo. Tapi, bedanya kalau di sana para single lebih terjamin soal pasangan. Salah satunya karena adanya sebuah pasar jodoh bernama Khau Vai Love market. Jadi, di sini siapa pun bisa mendapatkan pasangan. Bahkan kalau mau ketemu mantan pun bisa jika sama-sama jomblonya.

Pasar cinta [image source]
Setiap tahun pada pertengahan bulan Mei, pasar cinta ini selalu diadakan. Selain menjadi ajang bertemu dengan pasangan, pasar ini juga menjadi penarik minat para wisatawan asing. Kabar baiknya, sepertinya nggak ada semacam aturan kalau peserta harus dari Vietnam. Jadi, kamu yang tertarik sepertinya bisa mencoba.

Membakar barang orang yang dicintai

Satu lagi mengenai tradisi unik tentang cinta yang ada di Vietnam. Bagi mereka yang kehilangan orang yang dicintainya karena meninggal, ada hal unik yang dilakukan untuk mendiang kekasihnya itu. Semua barang yang dulu pernah sangat dicintai oleh mendiang orang yang dicintai itu harus dibakar sampai hangus. Entah itu smartphone, TV, atau pun mobil.

Tradisi unik [image source]
Semua itu dilakukan sebagai bukti cinta sekaligus pengantar barang ke alam lain. Pasalnya orang Vietnam meyakini kalau hal tersebut dilakukan, barang yang dicintai tersebut akan sampai pada kekasihnya itu sehingga dapat menemaninya di alam sana. Seberapa banyak pun kenangan pada barang itu, tetap harus dibakar sampai jadi abu.

Memang sih tampak aneh ketimbang di Indonesia, tapi namanya juga adat dan kebudayaan. Namun di sisi lain hal tersebut justru membuat Vietnam jadi memiliki daya tarik. Oh iya, tentang Vietnam ada satu hal yang perlu kamu tahu. Ya, apalagi kalau bukan fakta soal wanita di sana yang cantiknya luar biasa. Mereka juga terkenal akan kehangatan dan keramahannya termasuk kepada orang asing.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content