in

Menguak Fakta Tentang Azhdarchid, Burung Purba Raksasa Menakutkan yang Jarang Diketahui

Penemuan Thunderbird alias si burung raksasa di berbagai belahan dunia sukses bikin banyak orang terperanjat. Bagaimana tidak, ukurannya itu lho benar-benar luar biasa. Ia memiliki tinggi tubuh melebihi manusia serta bentang sayap yang begitu panjang. Tak hanya tentang fisik, rumor soal eksistensi burung ini yang katanya masih ada sampai sekarang, juga makin membuat orang terkesima.

Thunderbird mungkin burung yang luar biasa, tapi ia bukanlah yang terhebat. Ya, masih ada beberapa jenis lainnya yang lebih gereget Terutama dari sisi fisik. Salah satunya adalah si Azhdarchid. Ya, burung yang tak banyak dikenal ini begitu luar biasa. Bahkan ia disebut sebagai predator terbang paling besar yang pernah melayang di udara.  Burung satu ini sangat besar, bahkan ketika berdiri ia bisa sejajar bahkan lebih tinggi dari T-Rex.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sayangnya tak banyak yang tahu tentang sosok satu ini. Padahal kalau memandang dari hal-hal luar biasa yang dimilikinya, ia layak dikenal lebih dari Raptor bahkan T-Rex sekalipun. Masih soal Azhdarchid, berikut adalah fakta-fakta dari si burung raksasa.

Ukuran Azhdarchid yang Sungguh Luar Biasa

Jika di darat kita mengenal Amphicoelias Fragillimus sebagai hewan terbesarnya, serta paus biru untuk lautnya, maka di udara ada Azhdarchid. Ya, hewan prasejarah satu ini memang luar biasa soal ukuran. Kalau dibandingkan dengan burung-burung zaman modern seperti elang misalnya, mungkin si predator cepat itu tak lebih dari ukuran telapak kaki Azhdarchid.

Ukuran Azhdarchid [Image Source]
Menurut data, Azhdarchid ini memiliki tinggi tubuh sekitar 12-15 meter. Ukuran ini sangat panjang lho, bahkan ketika berdiri tegak si burung besar ini bisa setinggi T-Rex. Ukuran tubuh yang besar ini juga didukung oleh sayap yang luar biasa dengan bentangan lebih dari 10 meter. Seumpama ia terbang bergerombol, mungkin langit akan gelap gulita untuk sejenak. Benar-benar luar biasa, ya?

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Fakta Miris Militer Mongol, Dulu Ditakuti Kini Bukan Siapa-Siapa

Ini Dia Tiga Jenderal yang Berani ‘Melawan’ Bekas Atasannya