Inilah 5 Fakta Mengerikan Boko Haram, Teroris yang Menguasai Afrika

oleh Adi Nugroho
08:39 AM on Mar 22, 2016

Pada awal tahun 2015, semua mata dunia tertuju pada Prancis karena ada aksi penembakan Charlie Hebdo. Tak berselang lama setelah kejadian itu ada sebuah ledakan maha dahsyat di negara Nigeria. Diperkirakan korban yang meninggal dalam kejadian teroris terburuk dalam sejarah ini mencapai 2.000 orang. Lebih banyak dari korban meninggal di mana “je suis Charlie” dikumandangkan hebat-hebat.

Pelaku aksi mengerikan yang membuat puluhan ribu hingga jutaan orang semakin takut ini adalah Boko Haram. Mereka ada teroris yang mengaku jihadis Islam yang senang sekali melakukan aksi pembunuhan secara massal. Inilah fakta mengerikan dari Boko Haram, teroris penguasa Afrika.

Baca Juga
Blunder! 7 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Memperlakukan Wanita Seperti Binatang

Satu hal paling mengerikan yang bisa dilakukan oleh Boko Haram adalah memperlakukan wanita seperti binatang. Bagi mereka wanita tak ubahnya benda yang bisa memuaskan hasrat badaniah mereka hingga tuntas. Setelah itu mereka berhak memperlakukan mereka dengan sangat mengerikan. Biasanya mereka menangkap gadis-gadis untuk dijual sebagai budak yang tugasnya melayani tindakan bejat.

Wanita korban Boko Haram [image source]
Wanita korban Boko Haram [image source]
Tindakan mengerikan ini bahkan juga berlaku untuk istri dan anak perempuan mereka. Yang penting dari kelompok ini adalah bagaimana bertarung, menguasai wilayah lalu bersenang-senang. Selebihnya wanita tidak dianggap sebagai seseorang yang penting. Jika butuh pelampiasan mereka bisa mencarinya saat melakukan penyerangan.

2. Penerus ISIS Paling Hebat di Afrika

Disadari atau pun tidak, Boko Haram mulai mengikuti jejak dari ISIS. Mereka mulai melakukan pelebaran sayap, mencari anggota sebanyak-banyaknya dan juga mencari aliran dana. Awalnya Boko Haram mengaku memiliki afiliasi dengan Al-Qaeda, namun lambat laun mereka berpindah ke lain hati dan mengikuti jejak ISIS yang saat ini sudah mulai membuat dunia jadi gempar.

Boko Haram yang kejam [image source]
Boko Haram yang kejam [image source]
Saat ini perkembangan dari Boko Haram sudah semakin hebat. Aksi-aksi yang dilakukan pun juga semakin masif. Mereka mulai menguasai beberapa wilayah di Nigeria dan berperang untuk meruntuhkan militer negara ini. Keberadaan Boko Haram di Nigeria menjadi duri tajam yang terus membuat Nigeria menuju lembah kehancuran.

3. Memiliki Wilayah yang Sangat Luas

Ibarat virus, Boko Haram mulai menginveksi banyak orang dengan sangat cepat. Setelah berdiri di tahun 2002-2003 mereka telah menguasai banyak sekali wilayah di Nigeria. Setidaknya mereka telah mengontrol tanah di Nigeria dengan luas mencapai 52.000 km persegi. Dengan luas sebesar ini Boko Haram sudah seperti menguasai satu negara kecil.

wilayah Nigeria [image source]
wilayah Nigeria [image source]
Saat ini Boko Haram mengambil alih 11 provinsi milik Nigeria. Di wilayah ini 1,7 juta penduduk terperangkap dan tak bisa melakukan apa-apa. Boko Haram kerap melakukan sweeping dan mengambil banyak wanita untuk dijual dan dijadikan budak. Lalu 850.000 orang telah merasakan kekerasan entah berupa tembakan atau guncangan dari bom.

4. Suka Sekali Menyerang Sekolah-Sekolah Pemerintah

Boko Haram adalah kelompok teroris yang tidak tahu apa itu belas kasihan. Setiap aksi yang dilancarkan selalu menyasar kawasan padat penduduk, bahkan sekolah. Pada tahun 2014 saja, mereka telah melakukan penyerangan dan peledakan di 50 sekolah di Nigeria. Setidaknya 100 siswa dan 70 guru meninggal dunia karena terkena ledakan dan juga tertimpa reruntuhan bangunan.

para ibu protes saat anaknya diculik [image source]
para ibu protes saat anaknya diculik [image source]
Boko Haram akan masuk dan melakukan kekerasan kepada anak-anak. Mereka tak segan menembak di tempat atau bahkan melakukan tindakan asusila kepada para remaja wanita. Salah satu aksi paling dikutuk dari Boko Haram adalah penculikan 200 siswi dari sekolah. Kasus ini sempat membuat gembar dunia. Banyak lembaga internasional meminta Boko Haram melepaskan gadis itu. Namun protes ini tak ditanggapi, gadis itu mungkin sudah menderita sebagai budak atau bahkan mati ditembak.

5. Menggunakan Anak-Anak Untuk Bom Bunuh Diri

Salah satu keburukan yang layak dikutuki dari Boko Haram adalah mereka menggunakan anak-anak untuk bom bunuh diri. Seperti yang terjadi pada 10 Januari 2015 silam. Seorang gadis berkeliaran di dekat Borno lalu mengaktifkan sabuk bomnya. Seketika tubuhnya pecah menjadi dua dan menyebabkan 20 orang lainnya meninggal dunia. Gadis yang melakukan aksi ini masih berusia 10 tahun dan merupakan korban penculikan.

ledakan bom bunuh diri [image source]
ledakan bom bunuh diri [image source]
Tak berselang lama, dua gadis juga digunakan sebagai eksekutor bom. Mereka melakukan aksi mengerikan ini di Maiduguri. Pada kasus ini 46 orang langsung meninggal di tempat dan ratusan lainnya mengalami luka yang cukup parah. Oh ya, gadis yang digunakan dalam aksi ini lagi-lagi masih berusia sekitar 10 tahun. Dari dua contoh ini saja kita sudah bisa menyimpulkan jika Boko Haram itu mengerikan.

Inilah lima fakta mengerikan dari Boko Haram, teroris terkejam di Afrika. Mereka terus melakukan teror dengan sangat membabi buta hingga ribuan nyawa jadi korbannya. Menurut sobat Boombatis semuanya,penanganan apa yang harus dilakukan agar kelompok ini tak terus melakukan aksi mengerikannya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA