in

Inilah Fakta Berkibarnya Bendera Merah Putih Sejak 13 Abad yang Lalu

3. Kerajaan Bone, Merah Putih Berkibar di Sisi Timur Indonesia

Kerajaan Bone didirikan tahun 1330 M dan setelahnya mengalami penaklukkan oleh Kerajaan Gowa yang berpusat di Makassar. Untuk memperoleh kemerdekaan, Kerajaan Bone harus menunggu sampai tahun 1669 di bawah pimpinan Arung Palakka. Saat itu Arung Palakka berhasil mengembangkan Bugis menjadi kekuatan maritim besar. Untuk memperoleh kemerdekaan Bone, Arung Palakka bersekutu dengan Belanda untuk mengalahkan Kerajaan Gowa.

Bendera Kerajaan Bone [Image Source]
Bendera Kerajaan Bone [Image Source]
Menariknya, bendera berwarna merah dan putih pernah berkibar dalam persekutuan Kerajaan Bone dan Belanda ini. Hal ini diketahui dari penemuan bendera dan lambang Kerajaan Bone oleh Perelaer di pertengahan abad ke-19. Sebelum era Arung Palakka, bendera Merah dan Putih menjadi lambang kekuasaan dan kebesaran Kerajaan Bone. Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang.

4. Sisingamangaraja XII, Merah Putih Berkibar di Tanah Batak

Sisingamangaraja merupakan nama besar dalam sejarah Batak. Dia adalah tokoh pemersatu. Dinasti Sisingamangaraja dimulai sejak pertengahan tahun 1500-an, saat Raja Sisingamangaraja I yang lahir tahun 1515 mulai memerintah. Kemudian ada 12 orang yang melanjutkan Dinasti Sisingamangaraja, dan yang paling dikenal adalah Sisingamangaraja XII yang ditampilkan dalam mata uang Rp. 1000,- oleh Bank Indonesia.

Bendera Sisingamangaraja [Image Source]
Bendera Sisingamangaraja [Image Source]
Dalam keterkaitan Sisingamangaraja dengan bendera merah putih, ternyata warna merah dan putih menjadi bendera perang mereka. Bendera perang tersebut bergambarkan pedang kembar berwarna putih dengan warna putih sebagai warna dasar beserta warna merah yang menyala. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar ini melambangkan Piso Gaja Dompak, pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII.

Written by Anas Anas

Leave a Reply

Tak Perlu Dicoba! 5 Jamur ini Bisa Membuatmu Pergi ke Akhirat Dengan Cepat

4 Alasan Kenapa Masyarakat Indonesia Masih Banyak yang Bermental Jongos