Inilah Fakta Berkibarnya Bendera Merah Putih Sejak 13 Abad yang Lalu

oleh Anas Anas
07:00 AM on Jul 17, 2016

Bendera Merah Putih merupakan salah satu lambang negara yang harus dihormati. Merah berarti berani, putih berarti suci. Secara etimologi, bendera merupakan secarik kain kibaran yang berwarna, kadang juga bergambar dan/atau bertulisan, yang dikibarkan sebagai lambang cita dan tanda kehormatan dari yang menggunakan. Kata bendera itu sendiri berasal dari Bahasa Portugis, yaitu Bandara yang berarti kibaran cita.

Baca Juga :5 Fakta Tentang Mematikannya Militer Turki yang Harus Kamu Tahu

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Nah, dibalik berkibarnya Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, ada banyak fakta yang menyimpulkan bahwa Bendera Merah Putih memang sudah pernah berkibar ratusan tahun lalu di tanah Indonesia. Jadi bukan barang baru lagi jika Bendera Merah Putih menyimpan segudang sejarah yang harus kita ketahui. Berikut kami bahas fakta-fakta berkibarnya merah putih sejak 13 abad yang lalu.

1. Kerajaan Majapahit, Merah Putih Berkibar Menjadi Bendera Kejayaan

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan besar yang pernah ada di Indonesia. Wilayahnya tak kurang dari luasnya Pulau Jawa, Pulau Sumatera, sebagian Pulau Kalimantan, Semenanjung Malaya, dan sebagian wilayah Indonesia Timur. Di masa jayanya, Kerajaan Majapahit sudah menggunakan warna merah dan putih sebagai bendera kerajaan. Hal ini diketahui dari umbul-umbul yang biasa mereka gunakan, yang disebut sebagai Umbul-umbul Abang Putih.

Bendera Majapahit [Image Source]
Bendera Majapahit [Image Source]
Warna merah dan putih itulah yang menjadi warna panji-panji prajurit Kerajaan Majapahit kala itu. Filosofi ini juga tampak pada penamaan pasukan Kerajaan Majapahit yang dinamakan Prajurit Gula Kelapa. Gula Kelapa itu berwarna merah dan terbuat dari sari buah kelapa yang berwarna putih. Selain itu, prajurit Majapahit ada juga yang menyebutnya sebagai Prajurit Getih-Getah yang bermakna Getih (darah) berwarna merah dan Getah berwarna putih.

2. Candi Borobudur, Merah Putih Berkibar 13 Abad yang Lalu

Candi Borobudur juga tak ketinggalan memberikan bukti lekatnya warna merah dan putih terhadap sejarah Bangsa Indonesia. Candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra pada abad ke-8 M ini memiliki bukti relief di salah satu dindingnya yang menggambarkan tiga orang hulubalang membawa umbul-umbul berwarna gelap dan terang, diduga melambangkan warna merah dan putih.

Merah Putih di Candi Borobudur [Image Source]
Merah Putih di Candi Borobudur [Image Source]
Keterangan untuk ukiran tersebut menyebutnya sebagai Pataka atau Bendera. Catatan-catatan lain di sekitar Borobudur juga sering menyebut Bunga Tunjung Mabang (Merah) dan Bunga Tunjung Maputeh (Putih). Ukiran yang sama juga tampak di dinding Candi Mendut, tidak jauh dari Candi Borobudur, yang kurang lebih bertarikh sama. Ini berarti, merah putih sudah dikibarkan 13 abad yang lalu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content