7 Fakta dari Barrack Obama yang Wajib Diketahui Banyak Orang

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 5, 2015

Nama Barrack Obama begitu melejit saat ia mulai mencalonkan diri sebagai presiden Amerika kala itu. Tak hanya di negeri Paman Sam saja, Indonesia pun ikut menyambut presiden yang diharapkan akan membawa kebaikan bagi dunia. Barrack Obama dianggap mampu menjadi presiden yang lebih baik dari pendahulunya seperti George W. Bush.

Ngomong-ngomong soal Obama. Ada beberapa hal menarik yang wajib kita ketahui dari beliau. Ia tak tak hanya orang yang cerdas, tapi juga dikenal sebagai figur yang merakyat. Berikut beberapa fakta yang bisa kita simak bersama-sama.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Bukan Presiden Kulit Hitam Pertama Amerika

Banyak di antara kita menyakini jika Barrack Obama adalah presiden kulit hitam pertama Amerika. Jauh sebelum Obama, semua presiden adalah keturunan bangsa kulit putih yang dianggap superior. Namun berdasarkan penelitian, Obama adalah presiden kulit hitam ke-8 yang dimiliki oleh Amerika.

Bukan Presiden Kulit Hitam Pertama Amerika [image source]
Bukan Presiden Kulit Hitam Pertama Amerika [image source]
Sebelum Obama menjadi presiden, ada seseorang bernama John Hansoon, Thomas Jefferson, Andrew Jackson, Abraham Lincoln, Warren Harding, Calvin Coolidge, dan Dwight E. Eisenhower. Mereka semua pernah memerintah Amerika yang sebenarnya menganggap warga kulit hitam sebagai ras rendahan dan banyak dijadikan budak.

2. Pernah Menghabiskan Masa Kecilnya di Indonesia

Obama pernah tinggal dan menghabiskan masa kecil di Indonesia. Saat itu ia memiliki nama Barry Soetoro. Ia tinggal di daerah Menteng dan bersekolah di SD Asisi. Di Indonesia, ia tinggal dengan ibu, ayah tiri dan juga adik tirinya bernama Maya Soetoro.

Pernah Menghabiskan Masa Kecilnya di Indonesia [image source]
Pernah Menghabiskan Masa Kecilnya di Indonesia [image source]
Namun sayang, Obama kecil tak lama tinggal di Indonesia. Ia akhirnya kembali ke Amerika untuk tinggal dengan neneknya. Berita Obama menjadi presiden sontak membuat banyak rekannya kaget. Bagaimana mungkin anak kecil yang dulu hanya memakai celana pendek bisa menjadi presiden yang hebat.

3. Presiden Amerika yang Memiliki Tangan Kidal

Jika anda memperhatikan Obama saat menulis atau melakukan tanda tangan, ia selalu menggunakan tangan kirinya. Ya benar sekali, ia adalah seorang yang kidal. Lebih banyak menggunakan tangan kiri untuk aktivitas seperti menulis atau pun olahraga.

Presiden Amerika yang Memiliki Tangan Kidal [image source]
Presiden Amerika yang Memiliki Tangan Kidal [image source]
Ia merupakan presiden keenam pasca perang sipil Amerika yang memiliki tangan kidal. Orang-orang yang memiliki tangan kidal biasanya memiliki pengaruh yang kuat. Ia pandai sekali berbicara dan selalu tampak berwibawa.

4. Seorang Perokok Aktif dan Katanya Pernah Mencoba Narkoba

Saat kuliah Obama pernah menjadi anak yang sangat nakal. Ia suka sekali merokok hingga membuatnya kecanduan. Bahkan sampai sekarang pun ia tetap merasakan kecanduan rokok. Untuk mengatasinya ia menggunakan permen nikotin. Menjadi presiden membuatnya harus menahan hal-hal tak berguna seperti merokok.

Seorang Perokok Aktif dan Katanya Pernah Mencoba Narkoba [image source]
Seorang Perokok Aktif dan Katanya Pernah Mencoba Narkoba [image source]
Selain merokok, Obama juga pernah dikatakan mencoba-coba merokok marijuana dan menggunakan kokain. Tapi hal ini tak pernah dikonfirmasi oleh Obama. Tentu saja, hal memalukan seperti ini bisa mencoreng nama baiknya sebagai seorang presiden.

5. Obama Pernah Bekerja Paruh Waktu Sebagai Penjual Es Krim

Obama muda juga sama dengan remaja seusianya. Ia bekerja paruh waktu untuk mendapatkan uang jajan dan membayar kuliah. Ia bekerja di toko es krim Baskin-Robbins selama beberapa tahun hingga akhirnya memutuskan mencari pekerjaan.

Obama Pernah Bekerja Paruh Waktu Sebagai Penjual Eskrim [image source]
Obama Pernah Bekerja Paruh Waktu Sebagai Penjual Eskrim [image source]
Masa muda yang dihabiskan selama beberapa tahun di toko es krim membuatnya menggilai es krim. Dalam setiap kesempatan ia selalu ingin makan es krim. Well, kerja lama di toko es krim tak membuatnya bosan. Malah semakin doyan.

6. Sangat Maniak Dengan Harry Potter

Harry Potter ternyata tak hanya menjamah anak-anak di seluruh dunia. Seorang Obama pun juga menyukai novel yang dikarang oleh J.K Rowling. Ia selalu membaca setiap novel dan menonton setiap filmnya ketika di putar.

Obama dan Buku [image source]
Obama dan Buku [image source]
Kebiasaan membaca Obama ini sudah ada sejak kecil. Saat ini ia mencoba untuk menularkan kebiasaan baik ini kepada putri-putrinya. Enggak nyangka kan jika Obama juga menyukai dunia sihir yang telah membuat jutaan anak di seluruh dunia kagum.

7. Waktu Luang Dihabiskan Dengan Bermain Game

Barang kali waktu luang untuk seorang presiden sangatlah sedikit. Seperti yang dimiliki oleh Obama. Namun ia justru menghabiskan waktu senggangnya yang sangat berharga itu dengan bermain game. Ia menyukai permainan kata seperti scrabble. Ia akan sibuk dengan ponselnya hingga waktu senggangnya habis.

Waktu Luang Dihabiskan Dengan Bermain Game [image source]
Waktu Luang Dihabiskan Dengan Bermain Game [image source]
Jika waktu itu datang jauh lebih lama. Maka Obama akan bermain Poker. Ia akan mengajak istri atau siapa saja bermain kartu. Tentu tak menggunakan uang ya. Hanya untuk melepas penat saat mengurus negara yang sangat besar.

Well, itulah tujuh fakta dari Barrack Obama yang harus banyak diketahui orang. Kita melihat sosok presiden hebat Amerika ini dengan kacamata yang lain. Bukan sebagai presiden tapi manusia biasa. Anyway, Dari tujuh poin di atas kita bisa menyimpulkan jika sebenarnya Obama sama seperti kita semua. Menyukai sesuatu dan kadang suka coba-coba. Presiden hanyalah profesi, di luar itu ia tetaplah manusia biasa dengan istri dan dua orang putri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA