in

4 Fakta Mengagumkan Yang Tersembunyi di Balik Dinginnya Antartika

Lapisan es di Antartika [Image Source]

Antartika adalah benua yang berada di bagian paling selatan bumi yang terletak di kutub. Sejauh ini, Anda tentu sudah membayangkan banyak hal tentang Antartika, mulai dari tempat yang penuh salju, dingin, banyak pinguin dan beruang, dan lain sebagainya.

Di tempat paling selatan bumi ini, ternyata memiliki banyak fakta tertentu yang belum Anda ketahui sebelumnya. Meski dingin, banyak makhluk di bumi yang masih mendiami dan mengandalkan hidupnya di benua tersebut. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Antartika Adalah Tempat Paling Kering di Muka Bumi

Tempat paling kering di dunia terletak di Antartika yang diberi nama Dry Valleys. Tempat seluas 48 ribu kilometer ini tidak pernah mengalami hujan selama lebih dari 2 juta tahun dan tidak tampak adanya air, es atau salju di daerah ini. Seperti apa bentuknya? Coba lihat penampakannya berikut ini.

Tempat paling kering di dunia ada di Antartika
Tempat paling kering di dunia ada di Antartika [Image Source]
Angin Katabatic merupakan penyebab mengapa tempat ini menjadi begitu kering, hingga tidak tampak adanya air di tempat tersebut. Angin ini berhembus dari gunung dengan kelembaban yang begitu berat sehingga gravitasi menariknya ke bawah menjauh dari lembah.

2. Antartika Ternyata Juga Pernah Begitu Hangat

Antartika terkenal dengan lapisan saljunya yang sangat tebal dan merupakan tempat paling dingin di muka bumi. Tapi kondisi ini ternyata sangat jauh berbeda dengan 53 juta tahun yang lalu.

Pinguin [Image Source]
Pinguin [Image Source]
Saat itu, Antartika ternyata begitu hangat dengan suhu saat musim panas mencapai 25 derajat celcius. Saking hangatnya, tanaman tropis seperti pohon palem banyak tumbuh di benua yang paling selatan bumi ini. Lain halnya dengan kini yang lebih banyak didominasi es.

3. 1150 Spesies Berbeda Bertahan Hidup di Antartika

Antartika merupakan tempat paling dingin di bumi dengan suhu paling dingin tercatat mencapai minus 89,2 derajat celcius. Meski mencapai suhu yang sangat rendah, ternyata ada 1150 jenis tanaman jamur yang mampu bertahan di Antartika.

Tanaman lumut [Image Source]
Tanaman lumut [Image Source]
Jamur mampu beradaptasi dengan suhu yang sangat rendah. Mereka memiliki kemampuan untuk bertahan dengan siklus membeku dan meleleh yang terus berulang. Hal inilah yang membuatnya mampu bertahan hidup di lingkungan ekstrim.

4. Dilapisi Es Tebal

99 persen dari Antartika adalah lapisan tebal es yang meliputi hampir keseluruhan benua paling selatan bumi ini. Lapisan es ini seringkali disebut sebagai Ice Sheet atau lembaran es. Ketebalan es dari Antartika ini bisa mencapai 1 mil atau sekitar 1,6 kilometer.

Lapisan es di Antartika [Image Source]
Lapisan es di Antartika [Image Source]
Dengan lapisan es yang begitu tebal, Antartika menyimpan 70 persen air di bumi! Bisa Anda bayangkan bagaimana jadinya jika lapisan es ini meleleh? Oleh sebab itu, banyak pecinta lingkungan mengingatkan kita akan isu pemanasan global.

Nah, itulah salah satu fakta dari sudut dingin di muka bumi, Antartika. Meski sepi dan jauh dari kehidupan yang riuh dan modern, tempat ini menjadi salah satu pilar keseimbangan alam di muka bumi.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Mengenal Kelompok Samin, Kaum Bercelana Pendek Yang Pantang Berpoligami

5 Film Action Indonesia Yang Tak Kalah Dengan Film Hollywood