Fakta Mengejutkan Tentang Angkor Wat

oleh Admin
08:58 AM on Dec 16, 2014

Angkor Wat dibangun pada awal abad 12 oleh Raja Suryavarman II sebagai persembahan untuk Dewa Wisnu (Hindu). Pada saat itu, selain digunakan sebagai tempat peribadatan, kuil ini sekaligus ibu kota Kerajaan Khmer. Kuil Angkor Wat berbentuk gunungan kecil dan memiliki teras seperti kuil-kuil Hindu pada umumnya, seperti Candi Prambanan atau Candi Kalasan di Indonesia.

Pemakaian bentuk gunungan sendiri memiliki makna tersendiri, yaitu untuk melambangkan Gunung Meru yang merupakam tempat bersemayam para dewa. Bagian terluarnya dikelilingi tembok sepanjang 3,6 km. Kuil ini memiliki 3 lapis kompleks; dan di setiap lapis candi di dalamnya dibangun semakin tinggi.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Berikut fakta-fakta mengejutkan tentang Angkor Wat yang belum banyak diketahui:

1. Angkor Wat Artinya Berarti Kota Kuil (city of temples)

Angkor Wat berasal dari bahasa Sansekerta, Ankor yang berarti Negara atau kota dan Wat yang berarti kuil. Jadi sebenarnya dataran Angkor dipenuhi oleh banyak kuil, namun Angkor Wat merupakan kuil terbesar dan paling terkenal dengan panjang 1500 meter dan lebar 1300 meter.

Angkor Wat
Angkor Wat

Reruntuhan kuil-kuil di sekitar Angkor mencapi radius sekitar 400 kilometer persegi. Kuil-kuil lain yang ditemukan di sekitar Angkor Wat kurang lebih ada 100 buah, diantaranya Ta Phrom, Banteay Srei, Bayon, Angkor Thom, dan Ta Keo.

2. Angkor Wat Dinobatkan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO pada tahun 1992

Boleh dibilang, Angkor Wat merupakan tujuan utama pariwisata Kamboja. Lebih dari 50 persen turis ke Kamboja bertujuan untuk ke kompleks kuil ini. Selain dinobatkan sebagai World Heritage Site, UNESCO juga memasukkan Angkor Wat dalam List of World Heritage in Danger. Apa alasannya?

 

Angkor Wat Dari Kejauhan
Angkor Wat Dari Kejauhan

Ternyata kawasan ini memang dalam kondisi yang membahayakan akibat banyaknya penggalian illegal dan masih ditemukannya beberapa ranjau darat di sekitar kawasan kuil-kuil yang masih banyak yang belum direstorasi. Pada tahun 1993 UNESCO meluncurkan kampanya besar-besaran untuk menjaga sekaligus merestorasi kawasan Angkor dan kuil-kuil di dalamnya.

3. Wah, Ada relief dinosaurus di Dindingnya!

Di kuil yang berumur sekitar 800 tahun ini, banyak tergambar relief yang berhubungan dengan dewa Hindu. Namun ada relief unik di sana, yaitu relief dinosaurus. Ada beberapa dugaan yang yang menjelaskan kenapa relief ini bisa hadir di kuil tersebut. Yang pertama mengatakan bahwa hal tersebut merupakan peninggalan Khmer Kuno. Mungkin ada orang dari jaman tersebut yang pernah melihat keberadaan dinosaurus.

Lorong Angkor Wat
Lorong Angkor Wat

Dugaan lain yang lebih masuk akal menyebutkan bahwa relief itu bukanlah relief dinosaurus, melainkan relief badak dengan berlatar pohon-pohon palem. Dugaan manakah yang benar? Sampai sekarang belum diketahui jawabannya.

4. Sekarang Berfungsi Sebagai Stasiun Pengamatan Langit

Robert Stancel, seorang astronom Amerika pernah meneliti dan mengamati dimensi Angkor Wat. Hasilnya dia menyimpulkan bahwa kuil ini memiliki alignment dengan matahari dan bulan. Pada saat matahari tepat melintasi garus khatulistiwa, jika diamati dari bangunan perpustakaan yang berada di bagian gerbang kuil, maka matahari akan terlihat terbit tepat di atas menara kuil yang tengah.

Gerbang Angkor Wat
Gerbang Angkor Wat

Peristiwa inilah yang digunakan sebagai tanda dari bangsa Khmer untuk menghitung posisi matahari, yang selanjutnya digunakan untuk menyusun kalender mereka. Di beberapa lokasi juga ditemukan posisi yang kemungkinan digunakan sebagai patokan pengamatan bulan.

5. Dulu Beredar Gosip, Dibangun Oleh Raksasa!

Selama kurang lebih 300 tahun, kota ini sempat ‘menghilang’ akibat ditinggalkan oleh penduduknya. Akibatnya, kota dan kuil-kuilnya ‘mati’ di kedalaman hutan dan tertutup oleh pepohonan besar yang tumbuh di sekitarnya. Para kolonialis Perancis adalah barat pertama yang terkena Angkor. Mereka mendengar desas-desus dari penduduk setempat tentang “candi yang dibangun oleh dewa atau raksasa.”

Bagian Angkor Wat
Bagian Angkor Wat

Sebagian besar menganggap bahwa rumor ini adalah sekedar cerita-cerita rakyat, tetapi beberapa percaya bahwa benar-benar ada adalah “kota yang hilang dari sebuah kerajaan Kamboja”, yang dulu kuat dan kaya. dan akhirnya pada tahun 1860, seorang misionaris Prancis pertama kali menemukan kuil di kawasan hutan lebat Angkor.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA