Fakta Android Oreo, Sistem Operasi Terbaru Keluaran Google dengan 7 Fitur Super Canggih

Generasi Android terbaru dengan fitur yang bikin hidupmu semanis oreo nih

oleh Aini Boom
09:00 AM on Aug 23, 2017

Momen gerhana matahari agaknya dimanfaatkan dengan baik oleh raksasa teknologi Google. Berbarengan dengan momen langka itu Google mengumumkan peluncuran operating system (OS)  yang disebut Android Oreo 8.0. Nama unik mengusung brand makanan populer bukan pertama kalinya dilakukan Google. Sebab sebelumnya telah ada OS yang disebut dengan Android 4.4 KitKat.

Pengumuman nama unik Android Oreo di lakukan di pabrik Nabisco, tempat Oreo pertama ditemukan. Dalam acara tersebut, pihak Google mempertontonkan berbagai fitur canggih yang mendukung Android Oreo. Saat ini, sebagian fitur OS tersebut dalam tahapan developer preview. Dan dipastikan, tahun ini semua jajaran perangkat Android bisa melakukan pembaruan ke Android Oreo. Seperti apa fitur-fitur unggulan versi terbaru Android tersebut? Berikut ini uraiannya.

Baca Juga
Tak Ditanggung BPJS Kesehatan 100%, Penderita 8 Penyakit Ini Menangis Miris
4 Fakta Sebenarnya Tentang Joged Bumbung yang Sering Disebut “Goyang Syahwat”

Fitur Background Limits Memungkinkan Baterai Lebih Tahan Lama

ilustrasi baterai tahan lama [image: source]
Android Oreo memiliki fungsi khusus mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang berjalan pada background (latar belakang) namun tak berpengaruh pada apa yang sedang dilakukan pengguna. Maka proses apapun pada background, fitur Android otomatis mengubahnya ke cara kerja paling efisien. Hal ini membuat daya tahan baterai handphonemu lebih hemat dari sebelumnya.

Autofill API, Memungkinkan Penggunan Login Pada Aplikasi Tertentu

Fitur Autofill [image: source]
Umumnya, beberapa orang kerap kali lupa pada sandi atau password aplikasi yang mereka pakai. Hal ini kemudian diatasi dengan manager password yang terdapat pada versi Android sebelumnya. Sayangnya, beberapa cela membuat pemakaian manager password membuat pengguna tidak nyaman. Dengan kehadiran Android Oreo, pengguna disuguhi autofill yang mempermudah proses login. Memilih autofill pada pengaturan bahasa dan input akan menjadikan proses login lebih mudah kapan pun dibutuhkan. Selain itu, sistem tersebut dapat memverifikasi pemindai sidik jari yang aman.

Mode Picture in Picture

Ilustrasi PiP [image: source]
Android 8.0 memilii keunggulan multitasking yang cukup mempuni. Hal ini memungkinkan penggunanya bisa nonton video sembari melakukan aktivitas lain dengan perangkat yang sedang mereka pakai.  Dulu, perangkat yang didukung fitur ini hanya Android TV. Tapi kini, semua aplikasi yang mendukung video PiP seperti Chrome, Youtube, dan VLC sudah bisa menggunakannya.

Notification Dots

Notifikasi [image: source]
Fitur Notification Dots memungkinkan aplikasi untuk memunculkan titik kecil pada notifikasi yang belum dibaca. Hebatnya, kita tinggal menyentuh dan menahan titik ini, maka otomatis quick preview seperti speech bubbles akan muncul. Hebat bukan?

Android Install App

Ilustrasi [image: source]
Kecanggihan lain yang ditawarkan si manis Android Orea adalah penggunaan aplikasi tanpa perlu melakukan instalasi. Artinya, pengguna langsung bisa menggunakan aplikasi baru dari browser. Tentu hal ini efisien ketimbang harus terlebih dahulu mendownload dan menunggu proses instalasinya

Smart Text Selection

Smart Text Selection [image: source]
Fitur ini membuat proses copy paste lebih simple dengan mengaplikasikan on device machine learning. Contoh simple saat kita butuh melihat tulisan alamat dan ingin menyalinnya. Kalau dulu langkah yang harus dilakukan adalah memblok kata per kata, kini tak perlu lagi melakukan hal itu. Sebab Android Orea memungkinkan Google untuk mengenali frasa dan konteks tulisan dan otomatis memblok kata per kata tersebut sendiri. Fitur ini juga mampu menyarankan peta pada alamat, serta menyarankan akses call  saat melihat deretan nomor telepon.

Google Play Protect Dan Segudang Emoji Baru Kekinian

Google Play Protect [image: source]
Fitur Google Play Protect bertugas mengamankan perangkat dari aplikasi yang tidak sesuai. Caranya dengan memindai aplikasi-aplikasi yang ada. Selain itu, Android Oreo akan memberikan pengalaman chatting yang seru dengan adanya berbagai emoji baru.

Tak hanya memiliki nama menarik, Android Oreo juga memuat berbagai fitur andalan yang sayang untuk dilewatkan. Kemudahan-kemudahan dalam memakai gadget pun akan semakin memanjakan pengguna. Jadi, kamu siap memakai OS terbaru Android Oreo 8.0?

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA