6 Fakta Unik dan Menarik Aleksander Agung Si Penakluk yang Namanya Mendunia

oleh Rizal
07:00 AM on Oct 2, 2015

Membicarakan sejarah penaklukkan maka nama Alexander The Great atau Aleksander Agung adalah yang paling terkenal di antara lainnya. Ya, kiprahnya di dunia peperangan sangat fenomenal bahkan hampir tidak ada seorang pun yang bisa menyamai prestasinya hingga hari ini. Aleksander lahir di Makedonia sebagai pangeran karena ayahnya adalah raja yang bernama Filipus II.

Singkat cerita, kemudian sang ayah meninggal karena dibunuh, Aleksander pun naik tahta menggantikannya. Nah, ketika menjadi raja ini ia melakukan torehan mencengangkan berupa penaklukkan banyak sekali wilayah. Mulai Yunani, Eropa, Persia, bahkan sebagian Asia. Meskipun begitu hebat, namun penakluk yang berhasil menjadi yang paling hebat sepanjang sejarah ini hanya memerintah selama 13 tahun saja. Si hebat yang taktiknya dipelajari militer seluruh dunia tersebut juga meninggal dalam usia yang cukup muda yakni 32 tahun.

Baca Juga
Dari Cobek Hingga Obat Kuat, Inilah 6 Barang Aneh yang Ada Dalam Koper Jamaah Haji Indonesia

Sangat hebat dan luar biasa, tentunya banyak hal-hal detail yang ingin diketahui lebih lanjut dari sosok satu ini. Nah, kali ini kita akan membahas hal-hal unik dari Aleksander Sang Penakluk ini. Berikut ulasannya.

1. Aleksander Sama Sekali Belum Pernah Kalah

Menaklukkan banyak sekali wilayah, sudah barang tentu jika Aleksander melakoni berbagai perang. Uniknya, hampir tidak pernah sekalipun ia menderita kekalahan. Hal tersebut terhitung sejak pertama kali ia perang hingga meninggal, kurang lebih hampir selama 15 tahun.

15 berperang, belum sekali pun Aleksander kalah [Image Source]
15 berperang, belum sekali pun Aleksander kalah [Image Source]
15 tahun adalah rentang waktu yang sangat panjang dan jadi bukti jika Aleksander memang penakluk sejati. Selama 15 tahun penaklukan itu, tercatat sudah banyak sekali daerah yang jatuh ke tangannya. Namun dari semuanya, salah satu yang paling penting adalah penaklukkan Persia. Hal yang unik lagi dari penaklukkan selama satu dekade lebih itu, tanah Arab sama sekali tak terjangkau olehnya. Padahal dilihat dari peta, negeri Arab justru terletak berdekatan dengan Persia dan juga India pernah akan ditaklukkan Aleksander.

2. Aleksander Merupakan Murid dari Aristoteles

Aleksander bukanlah anak kemarin sore yang menang perang gara-gara beruntung. Faktanya memang demikian, pria satu itu dikenal dengan strateginya yang luar biasa serta perhitungan matematis dan analisa mendalam setiap kali melakukan invasi. Ya, tentu saja Aleksander belajar hal-hal keren ini tidak otodidak melainkan ada seorang guru di belakangnya. Yup, ia adalah Aristoteles.

Tidak ada orang yang lebih berjasa kepada Aleksander selain Aristoteles yang mengejarkannya apa pun [Image Source]
Tidak ada orang yang lebih berjasa kepada Aleksander selain Aristoteles yang mengejarkannya apa pun [Image Source]
Murid Plato ini memang dikenal luar biasa dalam khasanah keilmuan. Tidak hanya tentang ilmu logika, tapi juga filosofi. Aleksander banyak menimba ilmu pada sosok ini, bahkan di umur 16 tahun ayahnya, Filipus II, mengirimkan anaknya tersebut untuk belajar di salah satu orang paling berpengaruh di dunia itu. Bahkan Raja Filipus sampai harus merayu Aristoteles dengan iming-iming membangun lagi tempat tinggalnya di Stagira dan membebaskan penduduk di sana.

3. Aleksander Melakukan Perawatan Rambut Paling Mahal Sepanjang Sejarah

Sebagai orang paling terpandang kala itu, maka penampilan juga jadi hal yang dipikirkan Aleksander. Namanya juga raja dan orang hebat, maka ia juga melakukan perawatan ekstrim yang mungkin tidak pernah bakal bisa ditiru oleh siapa pun. Bahkan oleh Cleopatra sekalipun. Menurut sejarah, Aleksander rajin merawat rambutnya dengan menggunakan Saffron.

Harga sekilo tumbuhan ini cukup untuk beli motor baru dan Aleksander sering menggunakan ini untuk merawat rambutnya [Image Source]
Harga sekilo tumbuhan ini cukup untuk beli motor baru dan Aleksander sering menggunakan ini untuk merawat rambutnya [Image Source]
Saffron sendiri merupakan salah satu jenis rempah langka harganya tak karuan mahalnya. Kalau saat ini sih mungkin sekitar Rp 11 jutaan lebih per kilonya. Aleksander menggunakan bahan mahal ini karena terbukti berkhasiat membuat rambutnya berkilauan dan nampak sangat orange. Ya, si penakluk ini rupanya suka rambut yang ‘ngejreng’.

4. Aleksander Punya Fobia yang Bikin Malu

Sehebat-hebatnya Aleksander, ternyata ia punya kelemahan juga. Namun, uniknya hal yang ditakutinya bukan sesuatu yang fantastis atau fenomenal. Seperti yang dikatakan di buku sejarah, Aleksander mengidap Ailurophobia. Bagi yang punya ketakutan yang sama pasti sudah paham nih apa maksudnya. Yup, siapa sangka jika pria gagah berani ini taku sekali dengan kucing.

Gagah luar biasa, ternyata Aleksander takut sekali dengan kucing [Image Source]
Gagah luar biasa, ternyata Aleksander takut sekali dengan kucing [Image Source]
Hal yang sangat ironis sebenarnya ketika mengetahui fakta ini. Pasalnya, dulu ketika muda Aleksander pernah bergulat dan membunuh seekor singa dewasa. Kenyataan ini juga sekaligus melengkapi daftar para pembesar dan orang berpengaruh di dunia yang punya phobia yang sama. Diketahui, Hitler, Mussolini dan Napoleon Bonaparte juga takut dengan imut satu ini.

5. Ciri Fisik Aleksander Sangat Unik

Diceritakan jika Aleksander punya rambut klimis berwarna orange, kira-kira apa lagi keunikan fisik yang dimiliki tokoh satu ini? Konon katanya, si penakluk Persia ini mengidap kondisi bernama Heterochromia Iridum. Yakni sebuah kondisi dimana masing-masing bola matanya punya warna yang berbeda. Satunya berwarna biru dan yang lainnya berwarna Cokelat.

Selain rambunya yang orange, ciri fisik unik Aleksander yang lainnya adalah kedua matanya yang berlainan warna [Image Source]
Selain rambunya yang orange, ciri fisik unik Aleksander yang lainnya adalah kedua matanya yang berlainan warna [Image Source]
Heterochromia Iridum sendiri adalah kondisi yang sangat jarang terjadi alias langka. Penyebabnya sendiri dipastikan karena gen dan juga keturunan. Tidak begitu diketahui apakah Filipus juga mengalami kondisi yang serupa, namun hal ini seolah makin menegaskan jika sosok Aleksander memang spesial. Kondisi ini juga bisa dialami oleh hewan, salah satunya adalah seekor kuncing bernama Venus yang tak hanya punya warna mata yang berbeda tapi juga separuh bulu di mukanya.

6. Aleksander Si Agung = Iskandar Dzul Qarnain?

Sempat ada bahasan unik tentang ini, yakni apakah Aleksander adalah Iskandar Dzul Qarnain yang namanya ada dalam Al-Qur’an dan Hadist itu? Bisa dipastikan jika keduanya ternyata berlainan. Para ulama sepakat jika Dzul Qarnain adalah tokoh muslim yang hidup se-zaman dengan Nabi Ibrahim. Bahkan ada pula yang mengatakan jika tokoh yang tak kalah penting ini adalah seorang Nabi walaupun namanya tidak masuk dalam daftar 25 Nabi yang wajib diketahui.

Pernah ada sangkaan jika Aleksander adalah Iskandar Dzul Qarnain [Image Source]
Pernah ada sangkaan jika Aleksander adalah Iskandar Dzul Qarnain [Image Source]
Seperti yang kamu tahu Dzul Qarnain adalah sosok yang membuat kita selamat dari Ya’juj Ma’juj (Gog dan Magog). Dua makhluk ini katanya adalah bangsa bar bar yang suka menghancurkan apa pun dan nantinya akan keluar ketika kiamat sudah dekat. Dzul Qarnain sendiri yang mengurung dua bangsa tersebut. Kisahnya bisa kamu lihat dalam Surat Al Kahfi 83-101.

Kisah hidup orang hebat memang asyik sekali untuk diketahui. Tak hanya tentang prestasi yang mengguncang dunia, tapi juga fakta-fakta unik yang kadang sama sekali berkebalikan dengan penggambaran sosok yang sempurna. Seperti Aleksander Agung yang kita mengenalnya sebagai sosok penakluk paling sukses di dunia yang ternyata takut sekali dengan kucing. Pelajaran yang bisa diambil dari tokoh satu ini adalah semangat juang tinggi namun penuh dengan strategi dan perhitungan matang. Semoga kita bisa meneladani hal-hal baik dari tokoh satu ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA