in

5 Fakta Kebaikan Air Liur yang Membuat Anda Bersyukur

WOMAN CHEWING GUM
Gigi sehat

Saliva, begitu bahasa latin dari air liur atau ludah yang ada di mulut kita. Ludah ini merupakan cairan kental yang sangat berguna bagi tubuh, namun seringkali kita remehkan. Apalagi bagi mereka yang sering buang ludah sembarangan. Nah lho, kenapa ludah dibuang-buang sembarangan? Mungkin ada penyakit dalam tubuh Anda, seperti batuk berdahak.

 

Faktanya, kalau kita mau lebih memanfaatkan air ludah dalam mulut, kita bisa memulai banyak sekali kehidupan yang lebih sehat. Ya, air liur bukan hanya menjadi pembasah mulut atau pembentuk ‘pulau-pulau’ di bantal Anda saat tidur. Ternyata, ada berbagai manfaat super dari air liur bagi kesehatan kita. Kalau kita mau jeli, hidup sehat bisa dimulai dari mengunyah dengan baik.

 

Bagi Anda yang masih menyepelekan keberadaan cairan ludah ini, penting sempatkan waktu sejenak mengetahui fakta berikut ini. Nah, kita ulas yuk apa saja kebaikan air liur yang akan membuat Anda lebih bersyukur.

 

1. Mencegah Karang Gigi

 

Kenapa bisa ada karang gigi di dalam mulut? Rupanya, salah satu faktor penyebabnya, bisa jadi karena kita tidak mengunyah dengan baik. Misalnya hanya mengunyah makanan di satu sisi mulut, atau mengunyah terlalu sebentar. Ini akan membuat karang gigi mudah terbentuk.

Karang Gigi
Karang Gigi

 

Karang gigi bisa menyebabkan gusi mudah luka, atau masalah gigi lainnya. Membersihkannya pun tidak murah di dokter gigi. Padahal kalau kita mau mengunyah dengan baik dan merata, ternyata bisa membantu mencegah munculnya plak atau karang gigi ini.

 

2. Mengunyah Lebih Lama, Pencernaan Sehat

 

Masih soal mengunyah, ternyata melumatkan makanan bukan hanya tugas dari gigi kita. Tanpa adanya air liur, makanan yang dihancurkan, tidak akan bisa disentuh oleh asam lambung. Nah, makanan jadi tidak dicerna dengan baik dan malah menyebabkan penyakit seperti asam lambung meningkat, sakit perut dan sebagainya. Makanan seperti buah atau sayur segar, bila dikunyah selama 30-40 kali akan bisa diliputi air liur yang membuat zat makanan lebih bisa dicerna dan diserap oleh tubuh Anda.

Mengunyah lebih lama
Mengunyah lebih lama

Inilah yang membuat rasa kenyang pada perut jauh lebih nyaman dan tidak menyiksa atau bikin ngantuk. Selain itu, gizinya terserap maksimal sehingga bisa dirasakan oleh tubuh.  Nah, sekarang kalau makan pelan-pelan saja asal dikunyah dengan baik. Asal mengunyah dan langsung telan malah kurang baik hasilnya bagi kesehatan Anda.

 

3. Memelihara Gigi Gerigi

 

Seperti yang sudah disampaikan di awal, air liur bisa mencegah munculnya karang gigi. Nah, selain itu, saliva juga bisa merawat gigi Anda. Seperti menjaga enamel gigi agar tetap baik, melakukan remineralisasi pada gigi, serta membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi secara alami.

WOMAN CHEWING GUM
Gigi sehat

 

Selain itu, air liur mengandung Histatin, sebuah senyawa protein yang memiliki dampak menyembuhkan pada luka. Misalnya pada luka sehabis cabut gigi, gusi berdarah atau bahkan sariawan. Bila Anda menekuni makan buah dan sayur segar dengan metode yang tepat, bisa membantu penyembuhan sariawan secara lebih cepat lho.

 

4. Menelan Lebih Mudah

Makanan yang kering biasanya akan membuat Anda susah menelan bukan, sehingga rasanya butuh air atau kuah makanan. Padahal kalau kita mengonsumsi makanan kering seperti kerupuk, lalapan dan sejenisnya, mana ada kuah atau airnya? Untung tubuh kita didesain secanggih mungkin oleh Sang Pencipta dengan adanya air liur.

5 Fakta Kebaikan Air Liur Yang Membuat Anda Bersyukur 4 DRBCSHAH
Kesulitan menelan

Itulah sebabnya mengunyah lama cukup disarankan, karena membuat makanan terikat pada air liur dan mudah ditelan. Kenapa tidak minum saja? Kan sama-sama memudahkan menelan? Terlalu banyak minum di sela waktu makan akan mengganggu proses cerna. Lagi-lagi, jangan malas mengunyah ya.

5. Wow! Bisa Mengatasi Jerawat

Fakta yang satu ini mungkin agak mengagetkan di masa kini. Akan tetapi, ternyata ini sudah menjadi rahasia sejak jaman nenek moyang. Air liur bisa membantu menyembuhkan jerawat bila dicolek sedikit dan dipulaskan pada wajah yang berjerawat. Metode ini sendiri tidak banyak dilakukan orang jaman sekarang, karena mungkin agak menjijikkan.

5a-Fakta-Kebaikan-Air-Liur-
Air liur menyembuhkan jerawat

Kemampuan menyembuhkan jerawat ini bisa jadi karena air liur mengandung zat anti bakteri yang bisa mematikan jamur dan kuman seperti di dalam mulut, Hanya saja, karena ini metode yang alami, maka perlu bersabar untuk penyembuhan yang mungkin akan makan waktu 3-5 hari.

Kata orang hal sederhana itu seringkali lebih dalam maknanya. Seperti air liur yang kelihatan biasa, tapi manfaatnya luar biasa. Nah, semoga pengetahuan di atas bisa membuat Anda ikutan sehat ya.

Written by Orchid

Leave a Reply

Misteri Biksu Yang Terpendam Dalam Patung Buddha Berusia 1.000 Tahun 3 DAILYMAIL

Misteri Biksu yang Terpendam Dalam Patung Buddha Berusia 1.000 Tahun

5 Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Reinkarnasi 1 LISTVERSE

5 Kisah Nyata Pengakuan Mereka Yang Mengalami Reinkarnasi