7 Evolusi Cerita Mengerikan Vampir yang Bisa Bikin Kamu Bergidik

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Oct 31, 2015

Zaman dahulu, sudah banyak orang mempercayai adanya makhluk yang suka menghisap darah. Mereka akan membunuh manusia dengan menempati mayat. Darah yang dihisap ini dipercaya akan membuat sebuah keabadian. Jauh sebelum karakter vampir diciptakan pertama kali, cerita-cerita mengenai makhluk penghisap darah sudah mulai banyak diperbincangkan.

Berikut ada tujuh evolusi cerita yang menjadi asal mula penciptaan vampir. Awalnya vampir digambarkan menjadi sesuatu yang ngeri. Namun lambat laun karakter ini bergeser menjadi individu yang kuat berparas cakep dan menarik hati banyak orang. Well, inilah evolusi cerita vampir yang pasti jauh lebih menyeramkan!

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. Children of The Night

Berdasarkan teks yang dimiliki bangsa Sumeria, dahulu kala tepatnya 4000 tahun lalu pernah hidup makhluk penghisap darah. Ia berupa gadis yang merupakan anak dari Lilith. Sebuah makhluk percampuran manusia dan ular. Dalam sebuah keyakinan, Lilith inilah yang menyebabkan Adam dan Hawa jadi diturunkan ke bumi.

Children of The Night [image source]
Children of The Night [image source]
Children of the Night yang diberi nama Lillu ini senang sekali dengan darah bayi. Jika tidak menghisap darah dalam kurun waktu tertentu ia akan mati. Zaman dahulu banyak yang percaya jika makhluk ini menebar teror yang mengerikan. Banyak wanita hamil dan baru melahirkan khawatir anaknya akan jadi korban selanjutnya.

2. Revenants

Revenant adalah makhluk yang berasal dari mayat orang yang telah dikubur. Ia bangkit karena merupakan orang yang kejam semasa hidup. Tabiatnya yang tak baik membawanya hidup kembali untuk membuat kekacauan dengan orang yang masih hidup. Revenants akan datang dan mengutuk orang-orang yang dilihatnya.

Revenants [image source]
Revenants [image source]
Orang-orang di Eropa percaya jika pada abad ke-12 makhluk ini sempat membuat kekacauan. Banyak orang mati akibat dikutuk oleh revenant, atau bahkan dihisap darahnya. Untuk membunuh makhluk yang harusnya sudah mati ini, cukup diambil jantungnya. Setelah itu tubuh dikubur kembali di dalam tanah.

3. Draugr

Draugr adalah makhluk sejenis dengan revenants namun lebih hebat. Ia mampu mengendalikan cuaca dan juga membuat banyak orang menderita. Mereka hidup di rumah-rumah tua dan tidur saat siang hari. Begitu malam datang mereka akan berkeliaran dan mencari orang untuk dimangsa.

Draugr [image source]
Draugr [image source]
Legenda mengenai Draugr banyak diceritakan di Norwegia. Mereka percaya jika di malam yang penuh kabut, biasanya draugr akan datang. Mereka suka sekali menyiksa manusia dan juga membunuh hewan. Ah ya satu lagi, draugr juga mampu masuk ke dalam mimpi dan mengganggu manusia dari dalam pikirannya.

4. The Vampyre

The Vampyre adalah cerita pertama terkait vampir modern yang terbit di tahun 1986 dalam bentuk novel. Kala itu publik sudah mulai tertarik dengan cerita makhluk yang tak bisa mati dan hobinya menghisap darah manusia. Orang yang menulis novel ini bernama John Polidori berdasarkan kisah Lord Byron.

The Vampyre [image source]
The Vampyre [image source]
Kisah yang diceritakan oleh Poliodori menjadi cikal bakal Drakula. Semakin banyaknya orang yang menyukai cerita ini, semakin banyak pula vampir ditulis. Beberapa penulis besar seperti Leo Tolstoy dan Alexandre Dumas juga membuat vampir dengan versi yang berbeda-beda.

5. Carmilla

Carmilla adalah sebuah judul novela yang ditulis Joseph Sheridan Le Fanu. Cerita dari novela ini berkisah tentang seorang putri raja yang tinggal di kastil dengan sang ayah saja. satu ketika saat ada kecelakaan kuda, ia bertemu dengan gadis bernama Carmilla. Gadis ini diketahui adalah seorang vampir yang menyebabkan sang putri jadi penasaran. Setiap malam Carmilla selalu berjalan dalam tidur. Esok paginya banyak gadis yang meninggal karena penyakit misterius.

Carmilla [image source]
Carmilla [image source]
Sebenarnya Carmilla adalah cerita vampir yang suka sesama jenis. Meski demikian, selama lebih dari 20 tahun, cerita ini dijadikan dasar pembuatan cerita drakula. Seorang penulis bernama Bram Stoker membuat novela ini sebagai dasar membuat ceritanya yang menjadi booming kala itu.

6. Nosferatu

Nosferatu adalah sebuah tokoh vampir yang merupakan kombinasi antara beberapa karakter termasuk Carmilla. Karakter ini diciptakan sekitar tahun 1922, atau 25 tahun lebih muda dari Drakula yang diciptakan dan menjadi masterpiece horror gothic. Nosferatu diciptakan tanpa meminta izin dari pewaris karakter drakula. Akibatnya film yang dibuat dihancurkan karena melanggar hak cipta.

https://www.youtube.com/watch?v=HBKI5Zb9v14

Meski semua dihancurkan, ketenaran film ini terlanjur melejit. Dalam beberapa tahun film ini diambil alih Universal Studio dan dibuat versi terbaru pada tahun 1931. Sejak saat itu vampir dan drakula menjadi film yang paling banyak diminati di dunia.

7. Zombie

Percaya atau tidak, zombie adalah sebuah makhluk fiksi yang diciptakan berdasarkan karakter vampir. Hal ini terjadi sekitar tahun 1954. Seorang penulis membuat novel berjudul I Am Legend yang akhirnya dibuat film. Diceritakan seorang tokoh bernama Robert Neviller menjadi orang terakhir yang hidup setelah bumi mengalami pandemi yang menyebabkan semua orang jadi vampir.

Tokoh itu mempelajari jika ternyata pandemi berasal dari bakteri yang tak tahan dengan sinar matahari. Seperti halnya kelemahan vampir. Lambat laun ide ini diadaptasi untuk menciptakan tokoh zombie yang kita kenal sekarang.

Itulah tujuh evolusi cerita vampir yang terjadi sejak puluhan tahun silam. Dari tujuh karakter di atas mana yang menurut anda paling mengerikan dan bisa membuat anda bergidik jika bertemu dengannya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA