7 Eksperimen Gila Dari Percampuran ‘Cola & Mentos’

oleh titi
15:49 PM on Mar 30, 2015

Kita tahu jika reaksi antara minuman cola dengan permen mentos akan bereaksi menghasilkan gelembung-gelembung persis seperti ledakan busa. Dengan adanya zat Kalium benzoat, Aspartam dan gas Karbondioksida dalam cola yang bertemu dengan gelatin dan getah akasia dalam permen mentos maka akan membuat reaksi ledakan ini dalam cola.

Hal ini memang sudah biasa, tapi ternyata ada beberapa orang yang antusias membuat eksperimen lain dengan fakta ledakan reaksi ini. Nah, berikut 7 eksperimen gila dari cola dan mentos yang pernah dilakukan manusia.

Baca Juga
Bikin Haru, Seperti Inilah Potret Penduduk Daerah Terdepan Indonesia Ketika Merayakan Kemerdekaan
Inilah Asal-Usul Bambu Runcing yang Pernah Bikin Penjajah Bermimpi Buruk

1. Sepeda dengan 108 Cola dan 608 Mentos

Dengan reaksi ledakan antara cola dan mentos kedua orang ini mencoba untuk membuat kendaraan bertenaga ‘cola-mentos’. Fritz Grobe dan Stephen Volts mencoba membuat sebuah sepeda roket dengan memakai cola yang dihubungkan pada pipa yang berisi mentos. Ketika mentos ini jatuh ke botol cola maka akan terjadi ledakan yang mendorong badan motor untuk melaju.

Dalam percobaan ini Fritz dan Stephen memakai 108 botol cola dan 608 permen mentos. Dengan ledakan dari 108 botol cola secara bersamaan mendorong sepeda ini. Dorongan yang dihasilkan dari reaksi ledakan ini memang tidak terlalu kuat, tapi cukup untuk membuat sepeda ini berpindah sejauh 221 kaki. Sayangnya ledakan dari cola dan mentos ini hanya terjadi satu kali, sehingga dorongan yang dihasilkanpun hanya satu kali dorongan. Tapi sepertinya eksperimen ini perlu utuk dianalisis lebih lanjut, siapa tahu kekuatan dorongan cola dan mentos ini bisa menciptakan kendaraan roket yang canggih.

2. Mandi Cola dengan Mentos

Satu lagi eksperimen gila dari minuman cola dan permen mentos dari pemuda asal Jepang. Hajime, pemuda ini menguploud sebuah video dirinya yang sedang bereksperimen dengan cola dan mentos. Kali ini Hajime menggunakan 50 botol cola untuk mengisi bak mandinya, ia juga menempelkan permen mentos ke sekujur tubuhnya dengan menggunakan perekat.

Hajime yang telah melapisi tubuhnya dengan mentos langsung masuk ke dalam bak mandi. Dan seperti yang sudah kita duga, langsung terbentuk gelembung-gelembung dari reaksi pertemuan cola dan mentos ini. Namun karna ukuran bak mandi yang kurang besar, reaksi dari percobaan ini kurang begitu terlihat. Sepertinya Hajime perlu mengulangi percobaan ini dengan mentos yang lebih banyak di tubuhnya ya

3. Upgrade Percobaan Cola-Mentos dengan Nutella dan Durex

Pesulap dari Italia, atau kita sebut saja seorang komedian dari Italia memperkenalkan percobaan terbarunya dengan cola dan permen mentos. Meski dalam videonya ia menyebutkan ekrperimen ini sebagai rekor dunia, tapi sepertinya itu perlu diteliti ulang. Pria ini mengkombinasikan cola, mentos, nutella dan durex. Kita bisa faham dengan fungsi kondom yang dipakai, tapi tujuan penambahan nutella dari percobaan ini masih sepenuhnya belum terjawab.

Pria ini melapisi bibir botol cola dengan nutella, kemudian memasangkan kondom yang telah diisi mentos pada bibir botol. Kondom itu lalu direkatkan dengan selotip dan membiarkan mentos jatuh ke botol cola dan membuat reaksi gelembung seperti biasanya. Dengan munculnya ledakan dari mentos dan cola, maka pelepasan gas Karbon dioksida membuat kondom yang melekat menjadi membesar dan akhirnya pecah. Entah apa nilai yang ditawarkan dari video ini tapi kita bisa membayangkan jika mentos dan cola masuk keperutmu secara bersamaan mungkinkah reaksinya akan sama dengan apa yang terjadi pada kondom itu?

4. Jetpack Cola?

Sebuah video dari Vine filmmaker telah menunjukkan video palsu dari percobaan minuman cola dan permen mentos. Dalam video berdurasi 6 detik ini memperlihatkan David Braine seorang pemuda dengan helm dan perlengkapan jetpack dari cola memperlihatkan aksi terbang dengan jetpack buatannya. Video ini cukup membuatnya jadi sensasi media sosial untuk sesaat dengan jumlah viewer yang mencapai 18 juta penonton.

Hanya saja video ini memang menunjukkan keberhasilan jetpack cola-mentos ini begitu mustahil. Terlalu banyak editan dari video ini. Bagaimana mungkin 6 botol cola yang tertempel di kaki David mampu mengangkat berat badannya yang bisa mencapai 70 kg atau lebih. Sepertinya cukup mustahil ya.

5. Percobaan Membuat Air Mancur Tower yang Gagal

Dalam rangka perayaan awal musim paskah 2011 di Alton Tower Inggris sekelompok ilmuwan dari ‘Mad Science’ mencoba membuat kejutan dari ratusan botol berkarbonasi ini. Seperti percobaan-percobaan sebelumnya mereka membuat reaksi ledakan dengan menambahkan mentos pada minuman cola. Percobaan ini diharapkan menghasilkan air mancur berwarna-warni yang akan menyembur lama. Tapi sayangnya hanya 6 detik saja air mancur ini bisa bertahan.

Para ilmuwan ‘gila’ ini menambahkan pewarna makanan dalam minuman bersoda ini sehingga hasil dari ledakan cola dan mentos akan lebih berwarna. Dari seperkian detik reaksi ledakan memang membuat air mancur yang cukup indah hanya saja percobaan ini kurang lama untuk bisa mendapat apresiasi yang menggembirakan dari penonton.

6. Mandi dengan Gelembung Cola-Mentos

Hampir sama dengan percobaan Hajime dengan mentos dan cola. Tapi pemuda asal Kanada ini telah mengupgrade ‘selotip mentos’ dengan ‘gaun mentos’.  Dengan pakaian yang penuh dengan permen mentos ia menunggu untuk dijatuhkan ke sebuah bak besar besar berisi minuman cola.

Bak cola ini dilengkapi dengan ‘kursi jatuh’ yang akan roboh saat tuas disebelahnya terpukul oleh bola. Jadi saat pemuda Kanada ini bersiap di kursi jatuh dengan topeng menyelam, rekannya memukulkan bola hingga mengenai tuas pada kursi. Dan pemuda Kanada akhirnya bermandikan ledakan mentos di dalam bak penuh cola ini.

7. Rekor Dunia Bermain dengan Cola dan Mentos

Mexico City menjadi pemegang ‘Guinness World Record’ untuk jumlah terbesar meledakan mentos secara bersamaan. Percobaan ini memakai minuman cola ukuran 2 liter dengan jumlah mentos dari 5-6 buah yang dimasukkan dalam botol minuman bersoda ini.

Dalam percobaan yang masuk rekor dunia ini membutuhkan 2433 mentos dan berhasil menciptakan semburan cola setinggi 2 meter ke udara. Eksperimen cola dan mentos ini mengalahkan negara Cina yang pernh mengadakan percobaan serupa pada Juni 2010 dengan hanya memakai 2175 mentos. Meski euforia pemecahan rekor cola-mentos ini hanya sebentar tapi setidaknya bisa membuat pengalaman mandi cola yang tidak akan terlupakan bukan?!

Percobaan cola dengan mentos di atas memang terbilang gila tapi dijamin memberi sensasi menyenangkan bagi penciptanya. Mungkin dari kalian ada yang ingin mencoba bereksperimen dengan ledakan cola-mentos ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA