Lupakan Kebun Amarillys, Eksis di 5 Tempat ini Takkan Membuatmu Dihujat

oleh Rizal
07:00 AM on Dec 2, 2015

Beberapa waktu lalu netizen dibikin berang dengan aksi para remaja salah gaul yang merusak taman bunga Amarillys milik seorang warga asal Yogyakarta. Dengan dalih membayar, mereka kemudian tanpa rasa bersalah menginjak-injak bunga indah yang mekarnya hanya setahun sekali itu. Entah untuk selfie atau sok keren dengan duduk di antara rerimbunan bunga. Yang bikin kesal, oknum yang melakukan perusakan justru tidak menunjukkan rasa penyesalan hingga akhirnya di-bully habis-habisan oleh netizen.

Dari banyaknya orang-orang yang mengunjungi tempat itu, banyak yang bilang jika berfoto di kebun Amarillys sensasinya seperti berada di luar negeri. Ya, meskipun cuma taman belakang rumah, namun deretan Amarillys itu tertata bagus sekali seperti di Amsterdam atau negara-negara bunga lainnya. Namun, tetap saja itu bukan alasan untuk sampai merusaknya. Perlu diketahui, bukan hanya kebun Amarillys itu saja yang mirip dengan luar negeri. Di Indonesia kamu bisa menemukan banyak tempat lain yang bisa dibilang foto copy beberapa tempat eksotis di luar negeri.

Baca Juga
Mengintip Keindahan Pantai ‘Perawan’ Sidoasri, Lokasi Alami yang Jarang Terjamah
Mengintip Kemakmuran Majasari di Indramayu, Desa dengan Predikat Terbaik di Indonesia

Tak percaya? Berikut adalah deretan tempat yang bakal bikin kamu berasa jauh dari Indonesia.

1. Ranu Kumbolo, Pesona Pegunungan Alpen di Jawa Timur

Tiap tahunnya orang-orang selalu mengunjungi negara-negara yang menyajikan pemandangan Alpen yang memukau. Misalnya dengan pergi ke Swiss atau Austria. Bagi kita orang Indonesia, sebenarnya tak perlu ke sana untuk mendapatkan pemandangan tersebut. Yup, cukup pergi ke Ranu Kumbolo dan kamu bakal dikejutkan dengan pemandangan eksotisnya.

Melihat danau dikombinasi gunung berkabut, serasa mampir di Alpen, Eropa [image Source]
Melihat danau dikombinasi gunung berkabut, serasa mampir di Alpen, Eropa [image Source]
Danau yang membentang luas itu dipadu dengan tingginya gunung-gunung yang diselimuti kabut tebal. Sangat mirip dengan pegunungan di Eropa ketika musim semi. Menuju tempat ini juga tak susah karena kamu bisa menyewa guide atau nebeng rombongan lain. Ranu Kumbolo sendiri ada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

2. Baluran Punya Sensasi Seperti Savana Afrika

Percayalah, liburan ke Afrika hanya bisa diwujudkan jika kamu punya banyak sekali uang. Padahal di sana, tidak terlalu banyak tempat yang bisa dikunjungi selain tentunya padang savana-nya yang legendaris itu. Jika tujuan ke Afrika hanya untuk itu, sepertinya tak perlu capek karena Jawa menyediakan tempat yang sama.

Jawa Timur punya tempat kerena ala Afrika di Baluran [Image Source]
Jawa Timur punya tempat kerena ala Afrika di Baluran [Image Source]
Baluran sebagai hutan cagar alam memang menawarkan pesona yang Afrika banget. Apalagi padang rumputnya yang seakan tak ada batasnya itu. Baluran sendiri ada di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi dan bisa ditempuh dari jalur utara lewat Surabaya atau jalur selatan lewat Malang, Blitar dan kota lain sekitarnya.

3. Cukang Taneuh, Grand Canyon Dengan Sentuhan Indonesia

Grand Canyon merupakan salah satu wisata andalan Amerika. Tempat ini berbentuk semacam lembah berbatu dengan formasi tebing unik bersusun seperti Lego beda warna. Kita bisa menikmati Grand Canyon lewat atas atau menyusuri sungainya yang tenang dan sejuk. Tapi, ada satu hal yang harus diperhatikan ketika ke sini. Tentu saja keharusan untuk memiliki uang yang banyak sekali.

Jawa Barat punya tempat yang mirip Grand Canyon namun lebih keren lagi [Image Source]
Jawa Barat punya tempat yang mirip Grand Canyon namun lebih keren lagi [Image Source]
Ada solusi bagi yang ngebet ingin ke Grand Canyon tapi terkendala biaya. Di Kabupaten Pangandaran ada sebuah tempat bernama Cukang Taneuh yang bisa dibilang identik dengan Grand Canyon di Amerika. Perbedaannya, jika di Amerika terlihat sangat kering, di sini justru segar karena tebing-tebingnya yang hijau dan juga sungainya yang berair jernih dan dingin. Menyusuri tempat ini memberikan sensasi yang sama dengan Grand Canyon. Hanya saja tempat ini lebih keren.

4. Raja Ampat Lebih Indah dari Phi Phi Island Thailand

Pulau Phi Phi di Thailand menawarkan hal unik yang beda. Sensasi bersnorkeling di antara pulau pulau kecilnya yang bertebing itu memang tak terbantahkan. Belum lagi jernihnya air laut membuat tempat ini sulit untuk dilupakan begitu saja. Namun, untuk urusan wisata alam seperti ini, tentu Indonesia takkan pernah kalah.

Raja Ampat sering disamakan dengan Pulau Phi Phi, Thailand. Namun di antara keduanya sudah jelas mana yang lebih keren [Image Source]
Raja Ampat sering disamakan dengan Pulau Phi Phi, Thailand. Namun di antara keduanya sudah jelas mana yang lebih keren [Image Source]
Pulau Phi Phi mungkin indah, namun Raja Ampat bisa dibilang lebih keren. Terlebih ini adalah warisan Indonesia. Raja Ampat memang tak tertandingi cantiknya. Berenang di antara pulaunya yang kecil dan banyak akan memberikan sensasi tersendiri. Atau mungkin sekedar nyantai di salah satu pantainya juga jadi hal yang sangat mengasyikkan.

5. Nikmati Eksotisme Sahara di Gumug Pasir Parangkusumo

Ada kalanya padang pasir adalah tempat yang asyik untuk berwisata dan menambah pengalaman kita akan tempat-tempat seru. Gurun Sahara jadi rekomendasi yang bagus untuk itu. Sayangnya, tentu saja Sahara tidak mudah dijangkau apalagi bagi yang tidak punya banyak waktu dan yang juga biaya.

Sahara di Indonesia? Cuma di Gumug Pasir Parangkusumo, Yogyakarta [Image Source]
Sahara di Indonesia? Cuma di Gumug Pasir Parangkusumo, Yogyakarta [Image Source]
Lagi-lagi tak perlu khawatir karena di Indonesia selalu ada banyak tempat yang mirip luar negeri bahkan dalam versi yang lebih keren. Tak perlu galau gara-gara hanya bisa membayangkan eksotisme Sahara yang tak kesampaian, karena Yogya punya tempat keren seperti itu. Ya, apalagi kalau bukan Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat ini mirip dengan Sahara. Baik desir angin yang membawa debu-debunya sampai longsoran pasirnya yang unik itu. Di sini kita bisa melakukan apa pun entah sekedar jalan-jalan, main papan pasir, atau foto-foto.

Indonesia punya banyak tempat keren yang bahkan tak kalah dari versi luar negerinya. Bahkan bisa dibilang sensasinya sama, meskipun punya Indonesia terkesan lebih homy karena kita tinggal tak jauh dari tempat tersebut. Setidaknya masih dalam satu negara. Nah, belajar dari tragedi kebun Amarillys, kita harus selalu ingat untuk menjaga tempat-tempat eksotis. Hindari aktivitas merusak hanya untuk kepentingan diri sendiri. Jika kita yang tak peduli lalu siapa lagi? Jangan sampai menyesal ketika tak ada lagi tempat keren tersisa di negara ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA