6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!

Jangan hanya karena tampilan fisik, kesehatan jadi kamu abaikan

oleh Aini Boom
19:00 PM on Aug 18, 2017

Tren era millennial saat ini, sebagian orang menganggap kaum adam terlihat keren jika memiliki tubuh kekar berotot. Karena itu, kebanyakan laki-laki hanya percaya diri minimal saat perutnya six pack. Namun tidak sedikit juga laki-laki yang mengidamkan bentuk tubuh layaknya binaragawan. Karenanya tak heran arena gym nampak tak pernah sepi. Juga, toko-toko yang menjual suplemen pemicu perbesaran otot pun ramai dikunjungi. Dan steroid, merupakan salah satu cara cepat untuk memperbesar otot yang menjadi pilihan banyak orang.

Steroid yang dimaksud adalah steroid anabolic yang sebenarnya dilarang penggunaannya tanpa resep dokter. Sebab ternyata, banyak bahaya yang mengancam kesehatan akibat obat ini. Bahkan untuk kasus serius, bisa sampai menyebabkan kehilangan nyawa. Nah, berikut ini beberapa bahaya yang wajib diketahui para cowok.

Baca Juga
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang
Mulai dari Disalahartikan Hingga Ditakuti, Inilah Arti Sebenarnya dari Lagu “Genjer-Genjer”

Menyebabkan Ketidaksuburan

Ilustrasi kemandulan [image: source]
Terlalu sering menggunakan steroid anabolic memang membuat otot membesar dalam waktu relatif singkat. Sayangnya, kelebihan unsur ini akan membuat disfungsi ereksi, testis mengerut, produksi sel sperma turun, bahkan paling parah sampai pada tahap ketidaksuburan.

Gangguan Liver

Ilustrasi liver sehat dan tidak [image: source]
Perlu diketahui, konsumsi obat steroid melalui mulut akan diposes oleh liver sebagai organ penyaring. Proses selanjutnya, steroid akan diurai oleh liver dengan bantuan enzim yang kemudian diteruskan ke aliran darah. Akibatnya, liver mengalami kenaikan enzim selama mencerna steroids. Maka saat penggunaan steroid sampai di ambang batas normal, resiko gangguan liver akan dihadapi pemakainya.

Gangguan Ginjal

Ilustrasi gangguan ginjal [image: source]
Hampir sama dengan liver, ginjal juga organ yang dirugikan saat melakukan konsumsi steroids. Jika tidak diimbangi dengan minum air, peningkatan aktivitas pada organ ini karena steroid bisa berakibat fatal. Juga, pada pemakaian dosis terlalu tinggi, resiko gagal ginjal memiliki peluang yang cukup besar

Memiliki Pengaruh Pada Kolesterol

Kolesterol [image: source]
Pemakaian steroid mempengaruhi naik turunnya kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) merupakan kolesterol baik yang malah turun akibat steroid. Sebaliknya kolesterol LDL yang merupakan kandungan jahat justru menjadi naik. Turun dan naikknya kolesterol dilihat dari jenis steroid yang dikonsumsi masing-masing orang.

Pertumbuhan Payudara (Feminisasi) Pada Pria

Feminisasi [image: source]
Konsumsi steroid terus menerus menyebabkan terjadinya lonjakan kadar estrogen melalui proses aromatisasi. Pada kondisi seperti ini, estrogen mengikatkan dirinya dengan sel receptor yang terdapat pada jaringan puting susu pria. Akibatnya,  akumulasi lemak berlebih menumpuk pada payudara pria. Akibatnya, dada akan menyerupai bentuk kaum wanita. Kalau sudah begini, hanya ada satu jalan yaitu melakukan operasi pengecilan payudara.

Jerawat Akut

Jerawat [image: source]
Pemakaian beberapa jenis steroid dengan dosis tertentu memicu timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh peningkatan aktifitas kelenjar yang menimbulkan bertambahnya jumlah cairan minyak pada permukaan kulit. Minyak tersebut kemudian bereaksi dengan bakteri dan kulit mati yang berakhir dengan munculnya jerawat.

Perasaan Gelisah Hingga Insomnia Parah

Ilustrasi gelisah [image: source]
Zat kimia yang masuk secara berlebihan terhadap tubuh manusia akan menyebabkan perasaan gelisah. Perasaan semacam ini berimbas pada penurunan nafsu makan yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Imbasnya, banyak penyakit yang dengan mudah menembus pertahanan tubuh. Selain itu, perasaan gelisah kebanyakan berimbas pada gangguan insomnia atau kesulitan tidur.

Berbagai macam bahaya yang mengancam di atas harusnya menyadarkanmu bahwa keren bukan berarti mengabaikan kesehatan. Akan lebih baik jika menggunakan cara alami secara rutin seperti memperbanyak latihan otot serta mengonsumsi makanan sehat sumber protein untuk membuat otot lebih besar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA