6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!

Jangan hanya karena tampilan fisik, kesehatan jadi kamu abaikan

oleh Aini Boom
19:00 PM on Aug 18, 2017

Tren era millennial saat ini, sebagian orang menganggap kaum adam terlihat keren jika memiliki tubuh kekar berotot. Karena itu, kebanyakan laki-laki hanya percaya diri minimal saat perutnya six pack. Namun tidak sedikit juga laki-laki yang mengidamkan bentuk tubuh layaknya binaragawan. Karenanya tak heran arena gym nampak tak pernah sepi. Juga, toko-toko yang menjual suplemen pemicu perbesaran otot pun ramai dikunjungi. Dan steroid, merupakan salah satu cara cepat untuk memperbesar otot yang menjadi pilihan banyak orang.

Steroid yang dimaksud adalah steroid anabolic yang sebenarnya dilarang penggunaannya tanpa resep dokter. Sebab ternyata, banyak bahaya yang mengancam kesehatan akibat obat ini. Bahkan untuk kasus serius, bisa sampai menyebabkan kehilangan nyawa. Nah, berikut ini beberapa bahaya yang wajib diketahui para cowok.

Baca Juga
Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Menyebabkan Ketidaksuburan

Ilustrasi kemandulan [image: source]
Terlalu sering menggunakan steroid anabolic memang membuat otot membesar dalam waktu relatif singkat. Sayangnya, kelebihan unsur ini akan membuat disfungsi ereksi, testis mengerut, produksi sel sperma turun, bahkan paling parah sampai pada tahap ketidaksuburan.

Gangguan Liver

Ilustrasi liver sehat dan tidak [image: source]
Perlu diketahui, konsumsi obat steroid melalui mulut akan diposes oleh liver sebagai organ penyaring. Proses selanjutnya, steroid akan diurai oleh liver dengan bantuan enzim yang kemudian diteruskan ke aliran darah. Akibatnya, liver mengalami kenaikan enzim selama mencerna steroids. Maka saat penggunaan steroid sampai di ambang batas normal, resiko gangguan liver akan dihadapi pemakainya.

Gangguan Ginjal

Ilustrasi gangguan ginjal [image: source]
Hampir sama dengan liver, ginjal juga organ yang dirugikan saat melakukan konsumsi steroids. Jika tidak diimbangi dengan minum air, peningkatan aktivitas pada organ ini karena steroid bisa berakibat fatal. Juga, pada pemakaian dosis terlalu tinggi, resiko gagal ginjal memiliki peluang yang cukup besar

Memiliki Pengaruh Pada Kolesterol

Kolesterol [image: source]
Pemakaian steroid mempengaruhi naik turunnya kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) merupakan kolesterol baik yang malah turun akibat steroid. Sebaliknya kolesterol LDL yang merupakan kandungan jahat justru menjadi naik. Turun dan naikknya kolesterol dilihat dari jenis steroid yang dikonsumsi masing-masing orang.

Pertumbuhan Payudara (Feminisasi) Pada Pria

Feminisasi [image: source]
Konsumsi steroid terus menerus menyebabkan terjadinya lonjakan kadar estrogen melalui proses aromatisasi. Pada kondisi seperti ini, estrogen mengikatkan dirinya dengan sel receptor yang terdapat pada jaringan puting susu pria. Akibatnya,  akumulasi lemak berlebih menumpuk pada payudara pria. Akibatnya, dada akan menyerupai bentuk kaum wanita. Kalau sudah begini, hanya ada satu jalan yaitu melakukan operasi pengecilan payudara.

Jerawat Akut

Jerawat [image: source]
Pemakaian beberapa jenis steroid dengan dosis tertentu memicu timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh peningkatan aktifitas kelenjar yang menimbulkan bertambahnya jumlah cairan minyak pada permukaan kulit. Minyak tersebut kemudian bereaksi dengan bakteri dan kulit mati yang berakhir dengan munculnya jerawat.

Perasaan Gelisah Hingga Insomnia Parah

Ilustrasi gelisah [image: source]
Zat kimia yang masuk secara berlebihan terhadap tubuh manusia akan menyebabkan perasaan gelisah. Perasaan semacam ini berimbas pada penurunan nafsu makan yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Imbasnya, banyak penyakit yang dengan mudah menembus pertahanan tubuh. Selain itu, perasaan gelisah kebanyakan berimbas pada gangguan insomnia atau kesulitan tidur.

Berbagai macam bahaya yang mengancam di atas harusnya menyadarkanmu bahwa keren bukan berarti mengabaikan kesehatan. Akan lebih baik jika menggunakan cara alami secara rutin seperti memperbanyak latihan otot serta mengonsumsi makanan sehat sumber protein untuk membuat otot lebih besar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA