Dunia Seni Peran Berduka, Aktor Senior Alex Komang Meninggal Dunia

oleh venny
09:48 AM on Feb 14, 2015

Lagi- lagi duka menhinggapi ranah dunia hiburan di Indonesia, kali ini berita duka datang dari aktor senior Alex Komang. Lelaki yang berusia 53 tahun dengan segunung prestasi ini menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 13 Februari 2015 dikarenakan penyakit kanker hati yang dideritanya.

Lukman Sardi, sesama aktor kawakan menuturkan bahwa Alex telah lama menderita sakit. “Bang Alex sudah lama menderita sakit itu dan terakhir dirawat di Rumah Sakit Karyadi, Semarang, ” kata Lukman Sardi seperti dilansir oleh Tempo. Alex meninggal di RSUP Karyadi, Semarang sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Aktor senior Alex Komang meninggal dunia di Semarang (c)ANTARA
Aktor senior Alex Komang meninggal dunia di Semarang (c)ANTARA

Nama Alex Komang sebenarnya merupakan nama pena, pria bernama asli Saifin Nuha yang didaulat menjadi ketua Badan Perfilman Indonesia dengan masa jabatan dari tahun 2014-2017 ini menggunakan nama penanya dalam jagad dunia seni peran. Kemampuan dan totalitas Alex dalam dunia seni peran memang tak main-main, ia pun dianugerahi penghargaan sebagai aktor terbaik dalam FFI (Festival Film Indonesia) pada tahun 1987.

Pria kelahiran Jepara, Jawa Tengah pada 17 September 1961 ini telah membintangi banyak judul film populer, diantaranya Ca Bau Kan (2002), Laskar Pelangi (2008), Darah Garuda (2010), Surat Kecil untuk Tuhan (2011), 9 Summers 10 Autumns (2013), Sebelum Pagi Terulang Kembali (2014) dan Gunung Emas Almayer (2014).

Pria yang sering kali tampil brewok ini mengasaha bakat aktingnya di pentas teater. Ia bergabung bersama Teater Tetas, kemudian dia aktif di Teater Populer dimana ia bertemu dengan Teguh Karya yang merupakan seorang sutradara kawakan. Merekapun bekerja sama dalam film Secangkir Kopi Pahit dan Doea Tanda Mata.

Berbagai ucapan duka atas meninggalnya sang aktor kawakan ini terus membanjiri, begitupun di dunia media sosial. Para sutradara tanah air turut pula mengungkapkan rasa duka melalui media sosial, seperti sutradara Erwir Arnada, Joko Anwar dan Hanung Bramantyo. Bahkan Joko anwar mengungkapkan betapa rasa kehilangan menyelimutinya dan orang-orang yang mengenal sosok alex Komang.

“Mas Alex Komang telah berpulang. Selamat jalan, Mas Alex. Kami sangat kehilangan dan akan merindukanmu..” tulis sutradara Joko anwar di akun @jokoanwar twitternya.

Alex Komang yang pernah menjadi santri dan mondok ini sangat berkeinginan untuk sembuh dari sakit yang dideritanya, namun sayang takdir berkehendak lain. Alex pun sebenarnya memiliki keinginan untuk bisa ikut dalam kirab Festival Kartini pada 21 April depan di acara yang ia turut menjadi salah satu penggagasnya tersebut. Acara Festival Kartini ini sudah terealisasi sejak tiga tahun lalu.
Aktor yang cukup selektif dalam memilih peran yang ditawarkan padanya ini rencananya akan dimakamkan di Desa Pecangaan, Kulon Jepara, Jawa Tengah yang merupakan tanah kelahirannya pada hari ini Sabtu (14/2/2015) selepas dhuhur.

Selamat jalan wahai aktor senior alex Komang, semoga engkau tenang disisi-Nya..

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA