5 Alasan Kenapa Drama India Selalu Bikin Masyarakat Indonesia Tergila-gila

Biar kata episodenya ribuan, tetep dijabanin tiap harinya

oleh Nikmatus Solikha
16:00 PM on Jun 18, 2017

Seperti kita ketahui, saat ini drama India begitu menguasai jagad hiburan tanah air. Beberapa televisi nasional menayangkan drama negeri asal Shakhrukh Khan itu dari pagi hingga malam hari dan hasilnya luar biasa. Nggak hanya mendapatkan rating melejit, deretan tayangan India di sini sukses membuat para penonton Indonesia terpukau.

Tak hanya itu, bahkan saking suksesnya drama India, begitu banyak artis yang didatangkan langsung dari negerinya demi menyapa para penggemar di Indonesia. Terlepas dari banyaknya masyarakat Indonesia yang tergila-gila pada drama India, kira-kira kamu tau nggak sih alasannya? Yuk, kita kupas bersama.

Baca Juga
Pernah Bikin Remaja 2000-an Tergila-gila, Begini Kabar Para Pemain Meteor Garden Sekarang
6 Alasan Ini Membuat Masyarakat Tetap Setia Nonton Sinetron Meski Jumlah Episodenya Ribuan

Pemerannya cakep-cakep pastinya

Seperti pada umumnya serial tv, aktor dan aktris dengan paras rupawan itu bak umpan paling menggiurkan untuk memancing penonton. Bahkan, banyak yang kurang peduli dengan isi cerita dan lebih menikmati tampang mas-mas brewokan yang jadi lakon dalam drama India.

Pemeran Arnav Singh Raizada [image source]
Salah satu contohnya nih Barun Sobti, pemeran Arnav dalam serial drama Khushi yang beberapa saat lalu sempet datang ke Indonesia. Wajahnya yang ganteng lengkap dengan brewoknya yang tipis-tipis itu sukses bikin para ibu-ibu gemes dan lupa kalau ada suami yang cemberut di belakang.

Konfliknya dekat dengan kehidupan nyata

Ya memang, drama India terkenal memiliki episode yang begitu panjang, bahkan tak jarang yang sampai ribuan. Tapi nyatanya, episode yang begitu panjang itu tidak serta merta bikin penonton boring.

Drama Gopi [image source]
Yang ada justru bikin penasaran untuk terus mengikuti episode selanjutnya. Hal itu tentu karena konflik yang diangkat oleh drama India mirip dengan kehidupan sehari-hari kita. Contohnya saja, tentang mertua yang galak—uhuk.

Isinya lebih mengandung pesan moral

Ketika sinetron Indonesia sibuk dengan cinta-cintaan dan balap-balapan, kita melihat drama India sudah go Internasional, menguasai pasar Indonesia dan negara lainnya. Kok bisa? Hmm… kita amati saja, drama India meski memiliki episode panjang, tapi selalu memberikan pesan-pesan moral, dengan kata lain kontennya lebih bermutu.

Drama Khushi [image source]
Dari bobot konten sendiri juga berhasil menarik minat para penontonnya. Nonton drama India juga dinilai lebih ‘aman’ karena nggak ada unsur kekerasan dan pergaulan bebas. Jeniusnya lagi, India seolah ‘membidik’ ibu-ibu rumah tangga sebagai pemirsa utama. Yah, tau sendirilah kalau remot tv di rumah itu selalu dikuasi si emak.

Selalu mengangkat adat istiadat India

Hingga saat ini, India sukses besar dalam hal mengenalkan budaya dan adat istiadat dari negaranya melalui drama. Ya, tentu para penggemar drama India sudah nggak asing dengan pernikahan India yang mengelilingi api suci, perayaan hari Holi dan lain sebagainya.

Pernikahan India [image source]

Bisa jadi pertanyaan nih buat sinetron Indonesia, kenapa kok nggak pernah ngangkat adat istiadat negeri dalam sebuah sinetron? Mungkin kedepannya bisa terinspirasi dari India yang selalu mengagungkan adat istiadat ya. Bukti cinta pada negeri juga tuh.

Penampilan mereka juga orisinil, anti kebarat-baratan

Selain selalu mengangkat adat istiadat, drama India juga memiliki penampilan yang khas. Para perempuannya juga mengenakan pakaian yang biasa disebut sari. Hayo, pernah nggak lihat drama India yang penampilannya mirip orang barat? Nggak ada ya?

Ranveer dan Ishani [image source]
Ya memang, India begitu tradisional dan hebatnya bertahan hingga zaman modern. Dan keunikan tersebut kayaknya nggak bakal bisa ditemui di negara lain. Baik drama Korea, Jepang dan sinetron Indonesia nggak ada yang menggunakan pakaian tradisional kecuali tema-tema kolosal.

Itulah lima alasan kenapa drama India selalu sukses bikin pemirsa Indonesia tergila-gila. Bukti kalau episode panjang itu nggak masalah, asal selalu konsisten dengan kualitas konten yang disuguhkan. Semoga menginspirasi dunia sinetron Indonesia dan bisa nyusul go Internasional.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA