in

5 Dosa Malaysia yang Ternyata Bikin Geram Negara Lain Selain Indonesia

5. Bela Palestina Tapi Bersahabat Dengan Israel

Sama seperti Indonesia dan 138 negara lainnya, Malaysia sangat pro terhadap Palestina dan mengatakan jika negara itu harus bebas dari kependudukan Israel. Bahkan aksi ini direalisasikan negara berlambang macan itu dengan tidak membangun kedutaan besar Israel di negaranya alias tak memiliki hubungan diplomatik.

Malaysia sangat tidak menyukai Israel namun keduanya bersahabat soal ekonomi [Image Source]
Malaysia sangat tidak menyukai Israel namun keduanya bersahabat soal ekonomi [Image Source]
Meskipun sangat pro dan membela Palestina, diketahui jika hubungan ekonomi antara Malaysia dan Israel ternyata sangat harmonis. Hal tersebut dibuktikan lewat perdagangan antara keduanya pada tahun 2013 kemarin yang mencapai $ 1,52 miliar. Data ini berdasarkan badan pusat statistika Israel.

Tentu saja kenyataan ini sangat timpang. Ditambah lagi para pejabat Malaysia memang menunjukkan ketidaksukaan kepada Israel dengan tertuliskannya sebuah pernyataan berbunyi, “paspor ini berlaku untuk semua negara kecuali Israel.” Ya, memang sulit untuk menghidari produk-produk Israel di era sekarang ini lantaran negara itu memang jadi basis teknologi.

Baca Juga : 5 Fakta Tentang Malaysia, Negara Tetangga Yang Sering Rebutan Hak Paten Dengan Indonesia

Ya, tiap negara punya masalahnya sendiri-sendiri. Termasuk Malaysia yang punya berbagai konfliknya sendiri. Namun kita sebagai negara tetangga, hendaknya harus turut mendukung perdamaian tanpa jalan militer dan perang. Misalnya dengan memediasi rundingan dan sebagainya. Namun ketika memang mengusik hal yang sifatnya tetap dan prinsip, jangan ragu pula untuk mempertahankan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Hal yang Dimiliki Orang Pinggiran Kota yang Akan Membuatmu Memilih Mereka Sebagai Pasangan

7 Fakta Unik dari Katana, Senjata Pembunuh dari Jepang