in

5 Dosa Malaysia yang Ternyata Bikin Geram Negara Lain Selain Indonesia

2. Malaysia Dianggap Klaim Sabah Dari Filipina

Kesultanan Sulu yang ada di Filipinia dianggap sebagai pemilik Sabah yang sah. Hal tersebut berdasarkan perjanjian antara Kesultanan Brunei dan Sulu yang memberikan daerah ini untuk Sultan Sulu sebagai balas jasa ketika mampu meredam perang sipil di Brunei. Namun ketika datang bangsa asing dari Portugis dan Inggris, Sabah berkali-kali pindah kepemilikan. Namun sifatnya hanya sewa saja.

Wilayah Kesultanan Sulu Filipina di era dulu [Image Source]
Wilayah Kesultanan Sulu Filipina di era dulu [Image Source]
Ketika masa Perang Dunia II berakhir, penduduk Sabah pun diberi pilihan untuk ikut Federasi Malaysia atau memilih kembali ke Kesultanan Sulu. Mereka pun menyatakan ingin bergabung dengan Malaysia. Sebenarnya hak kepemilikan Kesultanan Sulu atas Sabah tidak hanya perjanjian dengan Brunei saja, tapi juga berdasarkan keputusan pengadilan tinggi North Borneo di tahun 1939. Dan perjanjian ini lebih dulu dilakukan sebelum Federasi Malaysia terbentuk.

Konflik ini pernah memanas 2013 lalu sampai kedua belah pihak terlibat konfrontasi secara militer. Sayangnya, hingga kini belum diketahui secara pasti bagaimana kelanjutan konflik ini.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Hal yang Dimiliki Orang Pinggiran Kota yang Akan Membuatmu Memilih Mereka Sebagai Pasangan

7 Fakta Unik dari Katana, Senjata Pembunuh dari Jepang