15 Nama Domain Paling Mahal yang Harganya Bisa Jadi Tabungan Anak Cucu 7 Turunan

Kamu tak akan menyangka kalau sebuah nama domain saja harganya bisa setinggi ini.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
11:00 AM on Jul 19, 2017

Apabila kamu memiliki sebuah situs, domain berfungsi sebagai alamatnya di dunia maya. Apabila orang ingin berkunjung ke situs kamu, tentu mereka mesti mengetikan huruf yang tepat untuk menuju ke sana. Semakin besar bisnis kamu, semakin kamu sadar bahwa nama domain punya kedudukan yang sangat penting. Memiliki nama domain yang menarik lagi mudah diingat adalah suatu keuntungan untuk mendongkrak bisnis kamu di dunia maya.

Tren jual beli nama domain premium kian hari kian meningkat, seiring dengan kemajuan umat manusia di bidang informasi dan teknologi. Mengingat satu nama domain hanya berlaku bagi satu alamat saja, hal ini membuat harga domain tersebut melonjak ke titik yang mencengangkan. Tapi, hal itu tak mencegah orang-orang berduit untuk membelinya. Di bawah ini ada 15 domain dengan nilai yang paling tinggi hingga sejauh ini.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

15. Porn.com – Rp123,5 miliar

[Image Source].
Seperti yang kamu tahu, domain ini ditujukan untuk layanan situs yang berkaitan dengan industri pornografi alias konten-konten dewasa. Situs ini dibeli oleh MXN pada tahun 2007 dengan nominal $9,5 juta.

14. Fund.com – Rp 130 miliar

[Image Source].
Kendati saat ini statusnya sedang dijual, pada saat pertama kali dibeli tahun 2008, nama domain ini menjadi nama domain kedua termahal di dunia. Pihak yang membelinya adalah Jason Galanis dengan nominal $9.999.950.

13. Cardratings.com – Rp132,6 miliar

[Image Source].
Perusahaan pembelinya, QuinStreet, menambahkan nama domain yang satu ini ke portofolio situs mereka sejak tahun 2008 dengan mahar sekitar $10 juta.

12. Hotels.com – Rp143 miliar

[Image Source].
“Hotel” menjadi salah satu kata kunci yang paling umum digunakan oleh orang-orang yang tengah merencanakan liburan. Memiliki nama domain ini, tentu dapat mendongkrak nilai bisnis pemiliknya, GP LLC, yang membelinya pada tahun 2001.

11. IRS.com – Rp162 miliar

[Image Source].
Mengusung nama layanan perpajakan di Amerika, tentunya hal ini dapat sangat mendorong trafik dan ranking organik. Nama domain ini dibeli pada tahun 2007 oleh bank.com.

10. Sex.com – Rp169 miliar

[Image Source].
Percaya atau tidak, website ini mendapat kunjungan sebanyak 125 ribu pengunjung per harinya hanya dari tiga negara saja, Amerika, Jerman, dan India. Nama domain ini dibeli oleh Clover Holdings pada tahun 2010.

9. Bankholic.com – Rp195 miliar

[Image Source].
BankRate membeli nama domain ini pada tahun 2008 dengan uang sebanyak $15 juta.

8. Insure.com – Rp208 miliar

[Image Source].
Insure.com punya cakupan pasar yang mirip dengan insurance.com atau carinsurance.com sehingga QuinStreet memutuskan untuk membelinya pada tahun 2009 di angka $16 juta.

7. 360.com – Rp221 miliar

[Image Source].
Setelah sebelumnya dimiliki oleh Vodafone, kemudian pada tahun 2015 nama domain ini dibeli oleh Qihoo 360 dalam rangka memperkokoh profil global mereka.

6. Internet.com – Rp234 miliar

[Image Source].
Lagi-lagi QuinStreet. Perusahaan ini membeli domain internet.com pada tahun 2009 dengan nominal $18 juta untuk menciptakan jaringan layanan periklanan terbesar di seluruh dunia.

5. PrivateJet.com – Rp392 miliar

[Image Source].
Pada tahun 2012, Nations Luxury Transportasion mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan platform paling efisien pemesanan jet privat secara online.

4. VacationRentals.com – Rp455 miliar

[Image Source].
Perusahaan Brian Shraples membeli nama domain ini pada tahun 2007.

3. Insurance.com – Rp462 miliar

[Image Source].
Untuk memperkaya postofolio situs mereka, QuinStreet memutuskan untuk membeli nama domain yang mirip, insurance.com pada tahun 2010.

2. Carinsurance.com – Rp646 miliar

[Image Source].
QuinStreet, sebagai perusahaan penyedia layanan marketing internet terbesar di dunia, menyempurnakan pembelian nama domainnya dengan menyabet carinsurance.com pada tahun 2010. Situs ini terjual tanpa memiliki konten apapun, hanya namanya saja.

1. LasVegas.com – Rp1,17 triliun

[Image Source].
LasVegas.com saat ini menyandang predikat sebagai nama domain paling mahal di dunia yang terjual di angka $90 juta pada tahun 2005. Situs ini berfungsi total dengan menyediakan akomodasi, layanan touring, hingga booking hotel di pusat perjudian terbesar di dunia, Las Vegas.

Nilai-nilainya luar biasa besar bukan? Kamu mungkin akan kaget bahwa tak semua situs di atas berfungsi atau setidaknya menampilkan konten yang matang untuk dipertontonkan. Karena selain mampu menempatkan sang pemilik di posisi yang strategis, nama domain ini juga bisa dijadikan sebagai sebuah investasi yang tentunya di masa depan nanti bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi lagi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA