10 Video Dokumenter Nyata tentang Kehidupan Ini Bikin Merinding!

oleh Tetalogi
14:54 PM on Jul 7, 2015

Kisah-kisah dokumenter menceritakan suatu peristiwa dengan lebih mengena daripada sekedar sebuah buku. Lewat gambaran graphic dalam video dokumenter, kita memahami apa yang sebenarnya terjadi dan mampu membayangkan hal-hal yang sulit kita gambarkan sebelumnya.

Mulai dari akibat dari penganiayaan anak, konsekuensi dari perang nuklir, dan masih banyak lagi, semua tergambar dengan jelas lewat film-film dokumenter yang tidak bisa kamu bayangkan kengeriannya. Boombastis kali ini mengajakmu melihat beberapa video dokumenter yang membutmu terkejut dan merinding. Hati-hati melihat video berikut karena beberapa diantaranya mengandung konten yang mengganggu dan sangat grafik sesuai dengan temanya.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. High on Crack Street, 1995

Video dokumenter ini dibuat pada tahun 1995 yang mengisahkan tentang kehidupan kelam tiga orang pecandu kokain. ‘High on Crack Streets’ masuk jauh ke dalam kehidupan tiga orang ini untuk melihat kompleknya kehidupan sehari-hari mereka untuk mendapatkan suplai kokain mereka setiap harinya. Lewat video ini, kita melihat dengan jelas sisi kelam obat-obatan terlarang mulai dari prostitusi, kehamilan, hingga penyakit kelamin.

Dokumenter ini mengisahkan seberapa buruk kokain dapat merusak kehidupan seseorang, dan pada kenyataanya, tidak ada akhir bahagia untuk mereka. Enam bulan setelah pembuatan dokumenter ini, Boo Boo masih kecanduan dengan kokain yang menguras kantongnya hingga 200 dolar per hari, Dicky dipenjara, dan Brenda meninggal dunia. Keras dan kasar, begitulah yang bisa menggambarkan video dokumenter ini.

2. Aokigahara / Hutan Bunuh Diri, 2012

Di dasar gunung Fuji, terdapat sebuah hutan yang sangat terkenal yang disebut dengan hutan Aokigahara. Hutan ini memiliki reputasi yang cukup mengganggu yaitu sebagai tempat favorit untuk bunuh diri. Dokumen ini mengikuti perjalanan seorang geologis yang berjalan memasuki hutan mencari mereka yang mengalami depresi dan memilih jalan untuk bunuh diri di hutan.

Di awal, kamu akan di ajak melihat sebuah mobil yang telah lama ditinggalkan di tempat parkir, kemudian terus memasuki hutan dan melihat kemah dan perlengkapannya yang ditinggalkan. Video dokumenter ini sangat grafik karena juga memperlihatkan beberapa gambar orang-orang yang bunuh diri dengan menggantung diri di ranting-ranting pepohonan bahkan saat video masih berjalan beberapa menit. Dari sini seterusnya, video akan semakin mengerikan dengan cerita-cerita yang mengenaskan tentang usaha seseorang untuk bunuh diri. Jangan menonton video ini jika kamu bermasalah dengan konten grafik tentang bunuh diri dan sejenisnya.

3. The Iceman Tapes, 1992

Kejam, berdarah dingin, bengis, dan entah kata apa lagi yang patut menjelaskan Richard Kuklinski. Pria yang dikenal dengan nama Iceman ini adalah seorang pembunuh bayaran yang sangat kejam. Ia mengaku telah membunuh hampir 200 orang sebelum akhirnya ditangkap.

Video dokumenter ini mengajak penonton untuk melihat apa sebenarnya yang dipikirkan oleh pembunuh berdarah dingin, Richard Kuklinski lewat interview yang dilakukan oleh seorang psikiater, Michael Baden. Saat menceritakan apa alasan ia membunuh orang-orang yang menjadi korbannya, ia menceritakannya dengan tenang, dan terlihat tanpa emosi. Ia bahkan menyebutkan bahwa dirinya adalah mimpi buruk setiap orang.

4. Nuit et Brouillard, 1955

Dalam pelajaran sejarah, kita tahu betapa mengerikannya Holocaust. Telah ada begitu banyak dokumenter yang mengisahkan tentang Holocaust, namun Nuit et Brouillard adalah salah satu yang paling mengerikan.

Nuit et Brouillard [Image Source]
Nuit et Brouillard [Image Source]
Film tahun 1955 ini menceritakan tentang kamp di Auschwitz dan Majdanek dan kekejaman di dalamnya dan bagaimana nasib mengenaskan para penghuni di sana. Lewat berbagai konstruksi yang dibuat, Nuit et Brouillard menunjukkan gambarkan mengerikan tentang Holocaust yang akan sulit kamu lupakan.

5. Atomic Wounds, 2006

Kita tahu betapa mengerikannya peperangan yang terjadi pada perang dingin. Tapi, bisakah kamu membayangkan apa sebenarnya yang dialami oleh para korban bom atom tersebut? Banyak orang membayangkan bahwa bahwa bom atom akan merusak dan membunuh dengan cepat semua yang ada. Tapi ternyata tidak hanya ini saja, ada banyak hal lain yang lebih mengerikan yang menjadi akibat dari bom atom. Bom atom juga meracuni, membakar, dan merusak semua hal.

Mereka yang cukup beruntung untuk tetap hidup, akhirnya akan mengalami kematian yang sangat menyakitkan. Bisa memakan waktu bertahun-tahun, dan puluhan tahun, bukan hanya beberapa menit atau detik. ‘Atomic Wounds’ membawa penonton melihat lebih dekat para korban Nagasaki dan Hiroshima dan merekam efek mengerikan dari bom yang dijatuhkan di sana. Dokumenter ini juga akan membuka mata kita tentang mengerikannya peperangan.

6. Conspiracy of Silence

Conspiracy of Silence tidak pernah dirilis karena ada begitu banyak pihak yang mencegah dirilisnya film dokumenter ini. Kisah ini membuka penyalahgunaan kekuasaan yang muncul dan digunakan oleh orang-orang yang memiliki kedudukan tertinggi dalam masyarakat.

Conspiracy of Silence
Conspiracy of Silence

Dokumenter ini menunjukkan bagaimana pengaruh dan kekayaan bisa digunakan untuk kepentingan pribadi. ‘Conspiracy od Slience’ membawa para penontonnya untuk melihat dunia yang sebenarnya kita semua tahu bahwa itu ada, tapi disaat yang sama kita berharap hal tersebut tidak ada.

7. The Killing of America

Jangan melihat video ini jika kamu terganggu dengan gambaran gamblang tentang sebuah kejahatan. Film dokumenter The Killing of America menampilkan dengan gamblang tentang kisah-kisah kejahatan mulai dari kerusuhan hingga pembunuhan. ‘The Killing of Amerika’ mengajak penontonnya untuk lebih memahami mengapa suatu kejahatan bisa terjadi di Amerika dan untuk menunjukkan tentang masa lalu kelam Amerika.

The Killing of America [Image Source]
The Killing of America [Image Source]

8. Interview with a Cannibal, 2012

Manusia pada umumnya akan sulit memahami apa yang ada di pikiran seorang kanibal. Issei Sagawa adalah seorang pria Jepang yang membunuh seorang wanita dan memakannya. Pengadilan menyatakan bahwa dirinya mengalami masalah mental hingga ia dibebaskan tanpa tuntutan.

Issei Hasegawa [Image Source]
Issei Sagawa [Image Source]
Film dokumenter ini merekam kehidupan seorang pria yang tersesat dalam fantasinya sendiri dan mampu melakukan hal yang tak bisa dilakukan orang lainnya. Kamu akan diajak melihat apa yang ada di pikiran seorang kanibal di ruang tamunya sendiri! Yang lebih mengerikan lagi, video ini juga menunjukkan gambar yang sangat jelas dan tampilan tubuh korbannya setelah ia memotong-motongnya.

9. Bulgaria’s Abandoned Children, 2007

Kisah dokumenter BBC menceritakan masalah serius tentang penelantaran anak-anak yang mengalami keterbelakangan. Parahnya, pemerintah tidak bisa memberikan perawatan dan bantuan yang cukup untuk mereka. Film dokumenter ini merekam kisah anak-anak malang ini selama 9 bulan di panti asuhan di Bulgaria, tanpa pendidikan, tanpa terapi, tanpa bantuan.

Untungnya, setelah dokumenter ini disiarkan di United Kingdom, muncul desakan publik dan organisasi untuk membantu anak-anak tersebut. Negara-negara Uni Eropa lainnya juga menekan pemerintah Bulgaria untuk mereformasi sistem mereka untuk membantu anak-anak yang ditelantarkan ini.

10. Child of Rage, 1992

Film dokumenter yang dibuat tahun 1992 ini mengisahkan tentang akibat dari penganiayaan seksual yang terjadi pada seorang gadis kecil 6,5 tahun bernama Beth. Video ini menunjukkan klip-klip pendek interview pada Beth yang dilakukan oleh seorang psikiater dan riset yang dilakukan oleh kru televisi. Lewat investigasi yang dilakukan, barulah diketahui bahwa Beth mengalami penganiayaan seksual oleh ayahnya sendiri.

Kisah Child of Rage menunjukkan bagaimana Beth akhirnya mengalami masalah dan tidak bisa merasakan empati, serta tidak punya kemampuan untuk terkoneksi dengan orang lain. Ia menjadi sosok yang sadis, kejam, bahkan melukai adiknya secara seksual. Ia juga tidak mempedulikan hak orang lain dan tidak peduli dengan norma sosial. Ia bahkan menceritakan banyak kekejaman yang ia lakukan dengan wajah dan ekspresi lugu khas anak-anak. Film dokumenter ini menunjukkan bagaimana penganiaayaan pada seorang anak kecil yang polos dan lugu menjadi seorang individu yang brutal dan kejam.

Kisah dokumenter dibuat untuk membuka mata kita tentang apa yang terjadi di sisi lain muka bumi ini. Memang mengerikan, tapi hal tersebut nyata dan terkadang lepas dari sepengetahuan kita. Meski terkesan mengerikan, hal seperti ini bisa jadi pengetahuan akan fenomena kehidupan yang bukan hanya ada di film televisi, namun juga faktual di dunia nyata.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA