Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

oleh didi
10:09 AM on Oct 25, 2014

Umat muslim dari seluruh penjuru dunia saat ini sedang merayakan momen pergantian tahun baru 1436 Hijriah yang jatuh pada Sabtu, 25 Oktober 2014 penanggalan masehi. Sebagaimana tradisi agama Islam, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa awal tahun dan doa akhir tahun. Berikut ini doa akhir tahun dan awal tahun :

Doa Akhir Tahun

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Dalam agama Islam ditanamkan prinsip khusnul khatimah sehingga sangat dianjurkan untuk menutup segala sesuatu dengan sebaik-baiknya sesuatu. Salah satunya adalah momen akhir tahun.

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, puasa akhir tahun menjadi amalan sunnah yang dianjurkan oleh agama Islam. Bahkan, puasa akhir tahun merupakan puasa terbaik setelah puasa Ramadhan.

“Seutama-utama puasa sesudah puasa Ramadhan ialah puasa Muharam dan seutama-utama solat sesudah solat fardhu ialah solat malam.” (Sahih Muslim)

Selain puasa, ada juga doa yang harus dipanjatkan umat Islam sebelum datangnya waktu Maghrib di hari terakhir tahun itu. Berikut ini adalah teks doa akhir tahun :

Doa Akhir Tahun
Doa Akhir Tahun

Doa Awal Tahun

Setelah berpuasa di hari terakhir bulan Dzulhijjah, selanjutnya dianjurkan untuk berpuasa di hari pertama bulan Muharram maka Allah SWT akan menghapus dosa umat-Nya yang bersedia menjalani puasa di hari terakhir bulan Dzulhijjah dan awal Muharram sesuai dengan hadist berikut ini,

“Siapa yang berpuasa pada hari akhir Zulhijah dan awal Muharam, nescaya Allah ampunkan segala dosanya walau selama 50 tahun melakukannya.”  (Hadis riwayat Ibni Abbas r.a.)

Selain puasa, ada juga doa yang sebaiknya dipanjatkan pada waktu Maghrib di hari pertama awal tahun baru sebab ketika umat Islam membacanya maka akan ada dua malaikat yang akan membacanya sepanjang tahun.

“Siapa yang membaca doa ini pada 1 Muharam, Allah mewakilkan dua malikat memeliharanya pada tahun itu.”  (Hadis riwayat Ibni Abbas r.a.)

Berikut ini adalah teks doa awal tahun :

Doa Awal Tahun
Doa Awal Tahun
Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA